Bagaimana cara melukis dengan cat minyak?

Anda ingin melukis lukisan yang indah dan ekspresif dengan cat minyak? Inilah beberapa hal dasar untuk menuntun Anda ke dalam indahnya dunia lukisan. Setelah Anda menguasai teknik dasarnya, dunia adalah kanvas Anda!

Cara Melukis di Kanvas Menggunakan Cat Minyak

image

Cara melukis di atas kanvas tidaklah rumit, namun butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi agar hasil yang didapatkan nantinya dapat optimal. Berikut ara-caranya:

  1. Siapkan peralatan melukis anda, contoh : kanvas, cat minyak, kuas, palet, pensil, penghapus, minyak untuk cat minyak dll.
  2. Pertama-tama, sketsalah gambar yang ingin anda lukis, jangan terlalu tebal. jika terlalu tebal nantinya akan tembus apabila anda menggunakan warna yang cerah.
  3. Gunakan cat air yang bagus , yang mudah teratur ( sebaiknya gunakan Marie’s oil colour).
  4. Setelah itu, mulailah mencampur warna yang akan anda gunakan. Usahakan gunakan beberapa palet agar mudah nantinya mencampur warna, dan warna yang telah tercampur tidak terhapus atau terbuang. Pisahkan juga warna yang cerah dengan warna yang gelap di palet yang berbeda.
  5. Gunakan kuas yang banyak agar tidak tercampur-campur. Pilihlah kuas yang ujungnya runcing untuk gambar yang mendetail, dan pinggiran. Kuas dengan ujung kotak untuk mengeblock. pilihlah ukuran kuas yang sesuai gambar anda. ( sebaiknya gunakan kuas dengan serat nylon/kualitas yg baik)
  6. Letakkan kanvas ditempat yang membuat anda nyaman untuk melukisnya. Dan ditempat yang cukup cahayanya.
  7. Jangan takut untuk melukis atau menaruh warna (bagi pemula), karena cat minyak apabila sudah kering, bisa ditumpuk dengan warna lainnya.
  8. Jangan segan-segan menggunakan benda-benda yang ujungnya kecil untuk gambar yang sangat mendetail. contoh misalnya : cotton buds, tusuk gigi dll
  9. Untuk pemandangan alam seperti pohon, agar lukisan anda menjadi hidup, gunakan gradasi warna agar pohon tersebut menjadi hidup. pertama gunakan warna hijau muda, lalu tumpuk dengan hijau tua, lalu setelah kering tumpuk dengan warna kuning, lalu warna hitam untuk bayangannya.
  10. Apabila kuas telah terpakai semua, maka segeralah mencuci kuas tersebut dengan air+sabun, agar tidak tercampur warna lain.