Bagaimana cara melestarikan hutan?

pelestarian hutan
Cara menjaga kelestarian hutan yang harus dilakukan untuk menjaga dari rusaknya lingkungan yang akan memberikan dampak negatif. Bagaimana cara melestarikan hutan?

  1. Melakukan reboisasi.
    Reboisasi adalah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Kita dapat menanam kembali hutan – hutan yang sudah rusak, sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya.

  2. Menerapkan sistem tebang pilih.
    Pemerintah harus menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. Hal ini dapat mengurangi penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar – besaran. Selain itu sistem ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.

  3. Menerapkan sistem tebang – tanam.
    Sistem ini sangat berguna bagi pelestarian hutan. Sistem penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam hutan yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya.

  4. Melakuakan penebangan secara konservatif.
    Penebangan secara konservatif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudah tidak berproduktif lagi. Jangan sampai pohon yang masih muda dan produktif di tebang.

  5. Menerapkan larangan penebangan hutan secara sewenang – wenang dan memberikan sanksi yang berat bagi pelakunya.
    Selain masyarakat yang harus menjaga kelestarian hutan, pemerintah juga harus ikut terlibat dalam pelestarian hutan. Pemerintah harus ikut turun tangan dalam pelestarian hutan ini. Sebaiknya, pemerintah juga memberikan sanksi yang berat bagi para pelakunya, yang bisa membuat mereka jera dan tidak melakukan kesalahan mereka lagi.

Ringkasan

http://miraclekidx.blogspot.co.id/2012/09/5-upaya-melestarikan-hutan.html

Hutan merupakan tanaman yang sangat familiar di muka bumi ini. Dengan adanya hutan, dapat mencegah hal-hal atau bencana yang tidak diinginkan oleh makhluk hidup, seperti longsor dan penyebab banjir. Dengan adanya hutan pula, dapat di gunakan sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup dan sumber daya alam yang sangat berguna. Selain itu hutan juga merupakan paru-paru dunia yang dapat menyerap karbondioksida dan menyediakan oksigen bagi kehidupan dimuka bumi ini.

Hutan sendiri memiliiki beberapa macam yang ada di bumi ini. Contohnya hutan heterogen yang merupakan hutan yang terdiri ata berbagai jenis tumbuhan seperti hutan hujan tropis yang terdapat di pulau sumatera, kalimantan, sulawesi dan papua. Selain hutan heterogen adapula hutan homogen, yakni hutan yang terdiri atas satu jenis pohon saja, seperti hutan jati, hutan bambu, hutan karet, dan hutan pohon pinus.

Dengan itu, maka diperlukannya cara melestarikan hutan tersebut. berikut beberapa cara melestarikan hutan :

  1. Melakukan reboisasi
    Reboisasi adalah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Reboisasi itu sendiri adalah menanam kembali hutan-hutan yang sudah rusak yang merupakan cara mencegah hutan gundul, yang di kira tidak layak lagi untuk di tempati dan digunakan oleh makhluk hidup, sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya dan tetap bisa di gunakan oleh manusia dalam ruang publik kehidupan. Dengan adanya reboisasi tersebut, hutan akan semakin tetap hidup. Selain itu, dengan adnaya reboisasi, hutan akan kembali menghijau dan terus menghijau dan akan menjadi lestari dan bersih.

  2. Menerapkan sistem tebang pilih
    Seperti yang sudah di jelaskan, bahwasanya salah satu manfaat hutan bagi manusia adalah sumber ekonomi yakni dari pohon-pohon hutan tersebut. namun, meskipun begitu, banyak manusia yang sembarangan menebang demi faktor ekonomi mereka, sehingga tidak adanya sistem tebang pilih. Dengan adanya sistem tebang pilih ini, akan dapat mengurangi dampak penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar-besaran. Selain itu system ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.

  3. Menerapkan sistem tebang-tanam
    Sistem ini sangatlah berguna bagi pelestarian hutan yang harus dijalankan. Sistem penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam hutan yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya. Seperti halnya sebuah tanggungjawab di mana setelah dilakukannya penebangan hutan, di tanamnya lagi pohon-pohon agar ada ganti dari proses penebangan tersebut. dengan menanam kembali pula atas apa yang sudah di tebang, maka hutan akan tidak menjadi gundul dan hutan akan tetap terjaga kelestariannya dan akan terhindar dari penyebab pemanasan global.

  4. Melakukan penebangan secara konservatif
    Melakukan Penebangan secara konservatif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudah tidak berproduktif lagi di hutan tersebut, sehingga tidak terjadinya kesalahan penebangan di mana ada pohon yang masih muda atau pohon yang masih bias berproduktif dan di gunakan di potong secara sembarangan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi manusia itu sendiri. Menebang pohon yang suda tidak berproduktif lagi juga akan memberikan lahan untuk menanam kembali pohon-pohon dalam proses penghijauan serta dapat melestarikan hutan tersebut dan dapat memungkinkan pengolahan hutan yang masih buruk disebabkan kaena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan

menurut saya utk kita yang tidak berkecimpung didalam pembangunan dan pelestarian hutan ada 2 untuk melestarikan hutan, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan kertas berlebih.

Untuk yang tinggal dekat hutan bisa dihilangkan kebiasaan membuang sampah ke hutan apalagi sampah plastik, karena sulit diurainya. Apalagi jika sudah banyak sampah plastik yang masuk ke tanah, itu dapat membuat pohon jadi sulit mendapatkan resapan air. Untuk yang tinggal jauh dari hutan juga bukan hal yang benar membuang sampah sembarang, karena dapat membuat aliran sungai macet dan membuat lingkungan tidak enak dipandang dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Lalu hal yang kedua kita bisa mengurangi pemakaian kertas, untuk hal-hal yang pentig saja. Jika tidak terlalu penting kita bisa pakai aplikasi-aplikasi penyedia dokumen digital, ada banyak sekali. Karena hal ini dapat menekan perusahaan produksi kertas karena permintaan menurun, sehingga penebangan hutan juga akan dikurangi.

Summary

profio.co.id. (2015). 5 Cara Melestarikan Hutan. Diakses pada 3 Agustus 2021, dari https://profio.co.id/5-cara-melestarikan-hutan/

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang sangat penting bagi kehidupan, salah satunya adalah hutan. Hutan Indonesia memiliki peranan penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia. Selain itu, hutan merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai karena didalamnya terkandung keanekaragaman hayati sebagai sumber hasil hutan kayu dan non kayu dan memiliki fungsi lain, yakni sebagai pengatur tata air, penanggulangan bencana, serta sebagai pelindung flora dan fauna dan merupakan paru-paru dunia yang dapat menyerap karbondioksida dan menyediakan oksigen bagi kehidupan dimuka bumi ini. Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumber daya alam yang berupa kayu atau buah tetapi masih banyak potensi lain yang dapat diambil manfaatnya oleh manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.Maka dari itu kita perlu melestarikan hutan dengan cara berikut ini

  1. Melakukan penghijauan atau reboisasi
  2. Melindungi dan menjaga habitat di hutan
  3. Menerapkan sistem tebang pilih
  4. Menerapkan sistem tebang-tanam
  5. Melakukan penebangan secara konservatif
  6. Mencegah kebakaran hutan
  7. Tidak mencoret-coret pohon di hutan
  8. Tidak membuang sampah di hutan
  9. Menghemat penggunaan kertas
  10. Melakukan daur ulang kertas
  11. Melakukan seminar pelestarian hutan.