Bagaimana Cara Melatih Otak Kita untuk Lebih Kreatif ?

kreativitas

Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Otak sebelah kanan adalah otak yang cenderung mengacu kepada kreativitas. Menjadi lebih kreatif bukan hanya sebuah keharusan yang dimiliki seseorang yang bekerja dalam industri kreatif, tetapi juga penting untuk dipelajari serta dikembangkan oleh setiap orang. Lalu bagaimanakah cara melatih otak kita untuk lebih kreatif?

Terkadang, sesuatu yang mudah berarti sulit :thinking:

Pernahkah Anda diberikan tugas yang mudah, namun bagi Anda hal itu sangat sulit untuk dikerjakan dan mungkin bagi orang lain? dan saat itulah Anda mengalami frustasi.
Sebagai contoh, saat seseorang mulai belajar menyanyi dan seorang guru mengajarkannya untuk bernafas dengan diafragma. Itu mudah, itu adalah pernafasan alami kita, tetapi sebenernya sangat sulit melakukannya dan ini adalah sebuah rahasia dari penyanyi yang hebat. Dan hal ini juga sama disaat seorang boss datang di pertemuan dan mengatakan kepada Anda untuk berpikir di luar kotak, layaknya berkata “ayo berikan ide kreatif kalian, berpikirlah di luar kotak, saya ingin mendengarnya.Aku membutuhkan inovasi”. Mudah, sederhana, tapi sebenarnya sangat sulit dilakukan.

Maka dari itu Anda butuh latihan. Anda harus tahu, bagaimana mendapatkan pemikiran di luar kotak? kemana perginya? dan bagaimana cara kembali ke dalam kotak? karena disanalah kita tinggal dimana sebenarnya kita tinggal di dalam kotak kita.
Berikut ini adalah beberapa cara melatih otak kita untuk lebih kreatif:

1) Untuk menjadi kreatif, Anda harus berpikir di luar kotak

Kenapa kita perlu berpikir di luar kotak?

Karena berpikir di dalam kotak membuat kita merasa aman. Kita setuju dengan orang lain. Dan saat kita beripikir di luar kotak, beresiko terhadap reputasi kita. Kita sudah bekerja keras seumur hidup untuk membangunnya, lalu kenapa kita perlu mengambil resiko? Maka dari itu, untuk berpikir kreatif, untuk berpikir di luar kotak, bukanlah sebuah kemewahan, tetapi adalah sebuah kebutuhan untuk kita, dan untuk martabat kita sebagai manusia.

2) Sadar asumsi anda saat berpikiran di luar kotak

Kemana tujuan Anda sekalinya berpikir di luar kotak?

Anda tidak punya arah dari tujuan Anda dan ini sangat berpotensi sekali bagi Anda segera kembali lagi untuk berpikir di dalam kotak (mencari aman). Hal ini tentu menghambat Anda untuk menemukan ide baru di luar kotak.Ingatlah bahwa Anda sedang mencari ide baru. Itulah cobaan yang harus Anda lawan.

3) Berpikiran panjang

Apa maksud dari berpikiran panjang?

Berpikiran panjang adalah suatu pemikiran yang membawa jauh diri kita. Ini seperti jika Anda membaca puisi atau mendengarkan lagu. Anda tidak menilai dari satu nada saja, Anda tidak menilai dari satu kata saja, tetapi keseluruhannya yang memberikan anda sebuah perasaan dan membawa jauh diri Anda untuk menjelajah pikiran Anda.

4) Terapkan teori dan konsep ke area yang sebelumnya tidak pernah diterapkan.

Bagaimana menerapkan konsep baru?

Pikiran kita harus terbuka dan kita harus fasih. Kita harus melakukan hal sama dengan konsep kita. Kita harus pergi menjauh. Dan kita bisa menggunakan dari beberapa ide, menggabungkan beberapa ide, mengekstraksi beberapa prinsip, dan aplikasikan ide itu ke area yang sebelumnya tidak pernah diterapkan.

5) Berpikiran terbuka

Bagaimana cara berpikiran terbuka?

Berpikiran kreatif itu adalah tentang mencari beberapa alternatif dan memilih jawaban yang terbaik, bukan mencari jawaban yang tepat. Karena disaat Anda berpikir kreatif, tidak ada satu pun jawaban yang tepat, sangat banyak kemungkinan alternatif lain.

Saat kita menjelajah pikiran kita di luar kotak, yang menjadi masalah bagaimana mengambil ide baru itu karena belum ada sebelumnya, satu orang pun belum mengetahuinya. Yang menjadi masalah, kita merasa tidak berhak menjadi penemu, ini semua adalah mekanisme alami yang dimana kita membunuh ide kita sendiri. Kita harus melawannya. Kita hanya perlu mata yang dapat melihat perbedaan ide-ide itu untuk mengathui perbedaannya.

6) Ubah lingkungan Anda menjadi sesuatu yang memicu untuk kreatif

Apa saja yang harus dilakukan untuk menciptakan suasana yang kreatif?

Jika Anda ingin mengubah suasana menjadi kreatif, Anda harus memperkenankan adanya informasi yang berbeda, Anda harus menerima informasi yang tidak relevan. Anda harus menggabungkan dan mencocokan beberapa ide dasar yang berbeda untuk menciptakan ide baru. Hanya dengan begitu, Anda akan menerima suasana yang cenderung membentuk suatu ide yang baru

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=bEusrD8g-dM :clapper:
“Creative thinking - how to get out of the box and generate ideas: Giovanni Corazza at TEDxRoma”

Otak kita sebenarnya sudah cukup bagus menjalani fungsinya terutama intelektualitas dan kreatifitas merupakan sebuah kemampuan lain yang kebanyakan orang sebenarnya bisa dilatih, berikut beberapa cara melatih otak agar lebih segar dan siap memberikan inspirasi baru setiap harinya sehingga kita tetap kreatif dan produktif sepanjang hari.

  1. Tidur Siang
    Keheningan memang sulit ditemukan di tengah tengah kesibukan dan segala aktifitas di siang hari, tapi dengan menyempatkan tidur siang walaupun hanya beberapa menit, hasilnya bisa signifikan.

  2. Jangan membebani diri sendiri
    Seringkali kita terlalu membebani dan terallu berfikir keras bagaimana caranya bisa kreatif. Biarkan dirimu rileks di saat mencari inspirasi.

  3. Fokus dengan perasaan
    Alam bawah sadar kita bekerja di level terdalam melebihi kata kata. Ia memenuhi otak kita dengan gambar, suara, aroma, rasa, dan perasaan, yang diterjemahkan oleh otak sadar menjadi kata kata.

  4. Berolahraga
    Berolahraga merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk otak, dengan berolahraga aliran darah kita akan semakin lancar dan tubuh terasa sangat segar. Perasaan segar dan bugar inilah yang mengalirkan inspirasi ke dalam otak kita.

  5. Mood yang tepat
    Di saat kita bahagia dan senang, disitulah daya karya cipta kita berada dalam posisi puncaknya. Namun berdasarkan penelitian baru ini, kreatifitas meningkat di saat mood positif dan negatif sedang tinggi. Implikasi nya terlihat emosi negatif dapat membunuh kreatifitas. Jadi jika kita ingin membuat sesuatu, ingin mencari ide ide baru, dan inspirasi, di saat mood yang tepat.

Kreatifitas bisa dikatakan merupakan sebuah usaha, bukan sesuatu yang abstrak, itu yang terjadi ketika kita mencoba memecahkan masalah. Masalah tersebut bisa menulis puisi, membuat lagu, mendesain website, apapun.

Reference :
https://www.quora.com/How-can-I-become-creative

Kreativitas adalah suatu kemampuan yang tidak bisa didapat hanya dengan belajar tetapi juga perlu pengalaman agar kreativitas yang dimiliki bisa lebih berkembang. dalam hal ini Albert Einstein pernah berkata bahwa kreativitas lebih penting daripada pengetahuan. Berikut beberapa cara untuk mengasah kreativitas kita.

1. Jangan Memikirkan Hasil
Pikiran kreatif yang terbaik lebih memperhatikan proses yang akan dilakukan daripada hasil yang didapat karena hasilnya belum tentu seperti yang kita harapkan. Dengan memusatkan pikiran pada proses yang dijalani, kita akan lebih puas dengan hasil yang telah didapat karena kita akan lebih menghargai prosesnya.

2. Kosongkan Pikiran Kritis
Saat pikiran kita kritis, kita akan susah untuk berpikir sehingga tidak bisa berpikir secara luas. Dengan berpikir lebih santai dan menjauhkan diri dari keyakinan yang kita paksakan sendiri, gagasan yang didapat akan lebih luas dan mulai mengalir.

3. Bersantai
Saat kita stress kreativitas akan terhambat sehingga membuat kita susah berpikir jernih dan gagasan yang terbaik tidak akan bisa muncul saat pikiran tegang. Dengan melakukan beberapa hal yang membuat pikiran santai seperti bermain game atau bahkan tidur kita bisa membuat pikiran lebih rileks dan dapat berpikir lebih jernih.

4. Tulis Gagasan
Dengan menuliskan gagasan yang telah didapat kita bisa dengan leluasa memikirkan gagasan lain tanpa perlu takut untuk lupa dengan gagasan sebelumnya, jadi ketika lupa dengan gagasan yang telah terpikir kita bisa melihat kembali apa yang telah kita tulis. Jadi selalu siapkan buku dan pena saat anda sedang berpikir.

5. Membaca
Ketika membaca secara konsisten, koneksi safar baru terbentuk di otak dengan proses yang bernama neuroplastisitas. Dengan membaca kita bisa mendapat kosakata baru yang berguna dalam mengeluarkan gagasan. Kita juga bisa mendapat imajinasi dari penulis buku tersebut yang bisa kita contoh.

6. Meditasi
Menurut University Of Southern California, rata-rata orang memiliki 60 sampai 70 ribu pikiran per hari. Dengan meditasi kita bisa menenangkan pikiran sehingga apapun yang telah dipikir seharian penuh bisa diganti dengan pikiran yang masih jernih yang membuat kita mudah untuk berpikir dan lebih kreatif.

7. Tinggalkan Hal Buruk
Hal buruk yang dimaksud disini adalah alkohol, rokok, dan lainnya yang semuanya kontraproduktif terhadap pemikiran kreatif yang berkelanjutan. Hal buruk ini dengan cepat menghabiskan energi termasuk sumber energi dalam otak sehingga saat hal buruk ini ditinggalkan kita tidak akan terkena pengaruh buruk dari hal itu dan sumber energi didalam otak yang berpengaruh dengan kreativitas tidak akan berkurang.

8. Latih Tubuh dan Otak
Aktivitas fisik adalah komponen vital dalam menjaga tingkat energi dan kesehatan yang merupakan indikator kuat dari pemikiran orisinil. Melatih otak juga sama pentingnya, dengan melatih otak kita juga akan bisa berpikir lebih luas dan kreatif, beberapa caranya adalah dengan bermain puzzle atau menyelesaikan teka-teki.

9. Meminta Bantuan
Jangan pernah malu untuk meminta bantuan pendapat dari seseorang karena masukan dari orang tersebut mungkin saja bisa membantu otak anda untuk berpikir lebih luas dan bisa cukup membantu untuk memulai serangkaian ide dan kreativitas baru.

10. Cari Pengalaman Baru
Pengalaman baru dapat membuat otak kita mendapatkan pemikiran yang baru dan meningkatkan kreativitas. pengalaman baru ini bisa didapatkan dengan melakukan apa yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.

11. Berlatih
Ada pepatah yang berkata “Practice Makes Perfect” yang benar adanya karena dengan berlatih secara terus menerus kita bisa mengasah kemampuan kita dalam bidang itu. Termasuk juga kreativitas, kreativitas kita akan semakin baik jika terus dilatih dengan rutin.

Sumber: