Bagaimana cara melatih kemampuan memori yang baik?

Seringkali kita merasa pelupa, meski tidak jarang yang mengalaminya orang berusia muda. Kira-kira adakah cara tertentu agar kita bisa melatih otak kita untuk memiliki kemampuan memori lebih baik?

2 Likes
  1. Sering menggunakan otak untuk berpikir
    Beberapa aktivitas yang dapat melatih kemampuan otak termasuk membaca buku, mengikuti seminar atau kuliah, mendengarkan radio, bermain game, mengunjungi museum dan mempelajari bahasa baru.

  2. Melatih lima panca indra dan melakukan hal-hal baru
    Cobalah melewati jalan baru saat pergi ke tempat yang rutin dikunjungi, atau mencoba menggunakan tangan kiri pada saat-saat tertentu bila anda bukan kidal.

  3. Olahraga
    Olahraga seperti berjalan dan berenang dapat meningkatkan suplai darah ke otak, sehingga otak lebih mudah bekerja.

  4. Atur pola makan sehat
    Orang yang obesitas, tinggi kolesterol, dan/atau hipertensi pada usia muda dapat meningkatkan risiko terkena demensia (pikun).
    Beberapa makanan yang baik dikonsumsi adalah seperti makanan yang dipanggang, kacang-kacangan, buah dan sayur, juga ikan.

  5. Kurang atau jangan mengonsumsi alkohol
    Alkohol dapat mengganggu fungsi otak seperti berbicara, bergerak, dan memori. Mengonsumsi alcohol jangka panjang juga dapat mengecilkan lobus otak bagian frontal (depan).

  6. Bermain video game
    Ada beberapa penelitian yang menyatakan bermain video game dapat melatih kemampuan otak untuk mengatur pergerakan, memori, berencana, dan gerakan motoris halus (seperti pada jari).

  7. Bermain musik
    Memainkan alat music seperti piano, dapat melatih kemampuan memori, berencana, dan gerakan tangan.

  8. Bersosialisasi
    Bertemu orang baru atau meningkatkan hubungan dengan teman dan keluarga dapat memberi dampak baik pada orang.

  9. Tidak stress
    Stress dapat merusak sel kelabu di otak—sel yang dapat menyimpan dan memproses informasi. Menarik napas panjang, mendengarkan lagu, meditasi atau yoga, dan berbicara pada orang dapat menangani stress.

  10. Tidur dengan cukup
    Kurang tidur dapat menyebabkan otak lelah saat menerima informasi, dan tidur setelah menerima informasi dapat memudahkan otak untuk menyimpan informasi di otak, sehingga seseorang dapat mengingat dengan baik.

  11. Mencatat
    Menggunakan buku atau aplikasi di ponsel dapat membantu seseorang untuk mengingat apa yang perlu dikerjakan. Cobalah untuk fokus dan menjalani segalanya dengan bertahap.

  12. Membuat jembatan keledai
    Buatlah kalimat yang unik dan dapat dihafal dengan mudah.

Sumber: WebMD

1 Like

Cara dalam melatih otak agar anda dapat melakukan kebiasaan yang baik dan sehat, adalah mengerti bagaimana cara anda berpikir atau menempatkan diri anda pada setiap situasi. Anda mungkin dihadapkan pada situasi yang tidak sesuai, namun, dengan rutinitas yang seing anda lakukan, mungkin anda dapat mengatasi hal tersebut.

Perlu diingat bahwa setiap kebiasaan manusia memiliki tiga komponen, yakni: tanda (sebab), rutinitas, dan hasil. Sebagai contoh adalah ketika manusia menggigit kuku jari tangan. Tandanya (sebab) adalah ketika manusia menggigit kuku, mungkin mereka sedang dalam kondisi bosan. Kedua, rutinitas yang dilakukan adalah menggigit kuku tersebut.

Lalu apa hasilnya? Hasilnya, meski manusia menggigit kuku dengan menggunakan tenaga yang kuat, mereka cenderung tidak akan merasakan sakit karena gigitan mereka. Hal ini terjadi karena tempat otak memberikan rasa sakit pada tubuh manusia, berada di ‘ruang’ yang sama dengan rasa bosan dan seringkali, rasa sakit itu tidak terasa karena terbendung oleh kebosanan seseorang yang lebih dominan dirasakan oleh otak manusia. Hasilnya, otak menjadi terbiasa merasakan sakit karena kebiasaan menggigit kuku sudah menjadi rutinitas manusia itu sendiri.

Sebagai contoh lainnya adalah ketika anda memiliki kebiasaan buruk atau semacamnya. Misalnya anda sering mengkonsumsi makanan yang manis tanpa disadari ketika anda bekerja. Mungkin tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun makanan manis yang terlalu sering dikonsumsi oleh manusia, dapat menyebabkan berat badan menjadi naik bahkan menyebabkan diabetes. Mungkin anda mencoba untuk berhenti dari rutinitas yang tidak baik tersebut. Namun ketika anda datang ke kantor dan bekerja, anda mungkin lupa dengan niat awal anda untuk berhenti mengkonsumsi makanan manis tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyadari apa rutinitas anda ketika berada di kantor. Dengan begitu, akan nampak apakah anda sering membeli makanan manis atau tidak. Apapun yang nampak, itu adalah rutinitas anda selama di kantor. Jika memang rutinitas anda adalah membeli dan mengkonsumsi makanan manis, maka untuk mendapatkan hasil, anda perlu merubah rutinitas anda. Sebagai contoh, ketika anda bekerja, anda cenderung mengkonsumsi makanan manis, cobalah untuk merubah rutinitas ini dengan membawa air putih sebagai ganti dari makanan manis tersebut. Lalu langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan memahami tanda-tanda (sebab) tentang rutinitas anda. Kebiasaan anda memakan makanan yang manis ini bisa saja terjadi karena hal tersebut adalah hal yang membuat anda nyaman saat bekerja, atau bisa saja anda adalah tipe orang yang mudah lapar atau suka dengan makanan ringan. Maka dengan begitu, anda dapat mensiasati rutinitas anda.

‘Hasil’ yang dihasilkan oleh otak manusia terkadang menjadi sangat rumit. Karena sering terjadi tanpa adanya kesadaran manusia. Dan seringkali, ‘hasil’ yang diperoleh, memberikan dampak yang berbeda - beda.

Untuk melatih diri anda, maka anda diharuskan untuk mengerti pola dari rutinitas anda sendir. Juga, anda perlu membatasi, mana rutinitas yang perlu dan tidak, agar hasil dari rutinitas tersebut, memiliki dampak yang baik bagi diri anda.

Referensi:

1 Like

Beberapa orang pasti ingin menjadi pintar dengan waktu yang cepat. Namun manusia diciptakan dengan kemampuan otak yang berbeda-beda. Tidak semua orang dapat mempelajari sesuatu dengan waktu yang singkat, begitu pula sebaliknya, ada orang-orang tertentu yang dapat mempelajari sesuatu dengan waktu yang sangat singkat. Lalu bagaimana caranya ketika orang yang tidak terbiasa belajar dengan cepat dapat menjadi pintar? Beberapa tips dibawah ini dapat membantu anda dalam proses belajar sehingga membantu otak anda untuk mengingat sesuatu dengan mudah dan cepat.

  • Tidur dengan cukup setiap hari.

  • Minum air 2 hingga 3 liter setiap hari. Hal ini dapat membantu metabolisme dan mengurangi racun di tubuh anda. Oleh karenanya, dampak yang dapat anda rasakan adalah, anda terlihat fresh, segar di setiap waktu.

  • Belajarlah setiap saat walau sebentar. Jangan terlalu memaksakan diri anda untuk belajar secara terus menerus. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cobalah untuk mencari waktu luang yang paling santai untuk belajar.

  • Bagi ilmu pengetahuan anda kepada orang disekitar anda. Teman anda mungkin adalah sasaran yang paling tepat. Cobalah untuk meminta saran atas pemahaman anda terhadap materi yang anda pelajari.

  • Jangan hanya terpaku dengan satu sumber. Carilah sumber-sumber lain yang dapat membantu proses belajar anda.

  • Jadilah seseorang yang opportunist. Cobalah untuk membantu teman anda ketika ia sedang mengalami kesulitan seperti, menyelesaikan projek atau permasalahan lainnya. Setiap kesempatan adalah momen berharga untuk dipelajari.

  • Bergabunglah dengan sebuah komunitas. Dalam sebuah komunitas, anda dapat membagikan pengetahuan anda kepada orang lain dan anda akan mendapatkan timbal balik / saran-saran atas apa yang telah anda bagi. Jangan pernah takut untuk bertanya.

  • Jadilah seseorang yang selalu penasaran akan sesuatu.

Mungkin tidak semua metode diatas cocok dengan anda karena setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing. Jika semua cara diatas tidak membuat anda nyaman, cobalah untuk menemukan cara yang paling nyaman saat anda belajar. Dengan begitu, belajar akan menjadi efektif dan menyenangkan.

Referensi:

7 Dasar Gaya Hidup yang Dapat Meningkatkan Memori Anda

1. Makan dengan benar.

Makanan yang Anda makan memainkan peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan kinerja memori yang berada pada otak Anda. sayuran segar sangat penting, seperti lemak sehat dan sedikit gula dan karbohidrat.

Sebagai contoh, kari, seledri, brokoli, kembang kol, dan kenari mengandung antioksidan dan senyawa lainnya yang melindungi kesehatan otak Anda dan bahkan dapat merangsang produksi sel-sel otak baru.
Meningkatkan asupan omega-3 yang biasa ditemukan pada lemak hewani dan mengurangi konsumsi omega-6 yang berupa lemak jenuh (yang tedapat pada minyak sayur olahan) untuk menyeimbangkan kadar omega-3 dan omega-6, juga penting.

Minyak kelapa adalah satu lagi lemak sehat bagi fungsi otak. Menurut penelitian oleh Dr Mary Newport, lebih dari dua sendok makan minyak kelapa (sekitar 35 ml atau 7 sendok teh tingkat) akan menyediakan asupan gizi bagi anda dengan setara dengan 20 gram trigliserida rantai menengah (MCT), yang ditandai baik sebagai pencegahan penyakit saraf degeneratif, atau sebagai pengobatan untuk kasus yang lanjut atau lebih serius.

2. Latihan.

Latihan mendorong otak Anda untuk bekerja pada kapasitas optimal dengan merangsang sel-sel saraf untuk berkembang biak, memperkuat interkoneksi mereka dan melindungi mereka dari kerusakan.
Selama latihan, sel saraf melepaskan protein yang dikenal sebagai faktor neurotropik. Orang tertentu, yang disebut diturunkan dari otak faktor neurotropik (BDNF), memicu berbagai bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan saraf, memanfaatkan fungsi kognitif, termasuk belajar.

Sebuah studi 2010 pada primata diterbitkan dalam Neuroscience juga mengungkapkan bahwa olahraga teratur tidak hanya meningkatkan aliran darah ke otak, tetapi juga membantu monyet mempelajari tugas baru dua kali secepat monyet yang tidak berolahraga.

Ini adalah keuntungan para peneliti percaya akan berlaku untuk orang-orang yang baik. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama satu tahun, individu yang terlibat dalam latihan benar-benar tumbuh dan berkembang fungsi pusat memori otaknya 1-2 persen per tahun, di mana biasanya fungsi pusat memori otak akan terus menerus menurun fungsinya per tahun.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda, saya merekomendasikan program yang luas yaitu mencakup intensitas tinggi pelatihan interval, latihan kekuatan, peregangan, dan pekerjaan utama, bersama dengan gerakan berselang yang dilakukan secara rutin.

3. Berhenti Mengerjakan tugas yang banyak dalam waktu bersamaan(multitasking).

Digunakan selama beberapa dekade untuk menggambarkan kemampuan pemrosesan paralel dari komputer, multitasking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seluruh upaya manusia untuk melakukan seluruh pekerjaan secara bersamaan sebanyak hal mungkin yang dapat dikerjakan, secepat mungkin. Pada akhirnya, multitasking sebenarnya memperlambat Anda, membuat Anda rentan terhadap kesalahan serta membuat Anda pelupa.

Penelitian menunjukkan Anda benar-benar membutuhkan sekitar delapan detik untuk melakukan pengiriman sepotong informasi ke memori Anda, jadi jika Anda sedang berbicara di telepon Anda dan membawa bahan makanan ketika Anda meletakkan kunci mobil Anda, Anda tidak mungkin untuk mengingat di mana Anda meninggalkan mereka.

Kebalikan dari multitasking yaitu kesadaran, yang dapat membantu Anda mencapai fokus tanpa gangguan. Siswa yang mengambil kelas secara sadar dapat meningkatkan kemampuan membaca serta meningkatkan pemahaman dan memperbesar kapasitas memori.

4. Dapatkan Tidur malam yang baik.

Penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa 33 persen orang lebih mampu untuk menyimpulkan hubungan antara ide-ide jauh terkait setelah tidur, tetapi hanya sedikit yang menyadari bahwa kinerja mereka telah benar-benar membaik. Tidur malam yang baik juga dikenal untuk meningkatkan memori Anda dan juga membantu Anda dalam meningkatkan kinerja keterampilan anda. Bahkan, satu malam tidur hanya empat sampai enam jam dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir lebih jernih pada hari berikutnya.

Proses pertumbuhan otak, atau neuroplastisitas, diyakini mendasari kemampuan otak Anda untuk mengontrol perilaku, termasuk belajar dan memori. Hal itu terlihat terjadi ketika neuron dirangsang oleh peristiwa, atau informasi, dari lingkungan.

5. Memainkan permainan asah otak.

Jika Anda kurang menantang otak Anda dengan yang hal-hal baru, maka pada akhirnya fungsi otak Anda mulai memburuk. Pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap otak menunjukkan bahwa dengan memberikan otak Anda dengan stimulus atau rangsangan yang tepat, Anda dapat menangkal degenerasi ini.

Salah satu cara untuk menantang otak Anda adalah melalui ‘permainan asah otak,’ yang dapat Anda dapat lakukan secara online melalui situs Web seperti Lumosity.com. Dr Michael Merzenich, profesor emeritus di University of California, yang saya wawancarai dua tahun lalu, telah mempelopori penelitian selama lebih dari 30 tahun, juga telah mengembangkan program otak pelatihan yang berbasis komputer yang dapat membantu Anda mengasah berbagai keterampilan, dari membaca dan pemahaman untuk meningkatkan kemampuan dalam menghafal dan banyak lagi.

Program ini disebut Brain HQ yang memiliki banyak latihan yang berbeda yang dirancang untuk meningkatkan fungsi otak dan juga memungkinkan Anda untuk melacak dan memonitor kemajuan Anda dari waktu ke waktu. Meskipun ada banyak situs serupa di Web, HQ Otak adalah salah satu yang tertua dan paling banyak digunakan.
Jika Anda memutuskan untuk mencoba permainan asah otak, idealnya anda akan menjadi lebih bijaksana untuk berinvestasi setidaknya 20 menit sehari untuk melatih otak anda dengan memainkan permainan asah otak.

6. Mempelajari Keterampilan Baru.

Terlibat dalam kegiatan terarah dan bermakna dengan kata lain melatih diri dengan mempelajari berbagai keterampilan baru dapat merangsang sistem saraf Anda, dapat dijadikan sebagai perlawanan balik efek penyakit yang berhubungan dengan stres, mengurangi risiko kepikunan dan meningkatkan kesehatan serta menjadi Faktor kunci yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

7. Mencoba menggunakan perangkat yang dapat membantu ingatan..

Perangkat pengingat adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu memori Anda dalam mengingat kata-kata, informasi atau konsep. Mereka membantu Anda untuk mengatur informasi ke dalam format yang lebih mudah diingat.

Referensi : http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2014/04/24/memory-improvement-tricks.aspx

7 TIPS TRIK UNTUK MENINGKATKAN MEMORI DAN KONSENTRASI

1. Aktivitas fisik
Melakukan aktivitas fisiik, walau hanya sebentar itu dapat berimbas kepada otak. Latihan meningkatkan kemampuan kognitif otak, meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, dan mampu meningkatkan memori jangka panjang. Yang ringan saja asalkan konsisten.

2. Nutrisi
Awali harimu dengan sarapan yang seimbang, misal kombinasi buah, protein, dan lemak sehat (seperti oatmeal, yogurt, buah segar, walnut, dan almond). Makan telor, telor merupakan kombinasi sempurna yang mengandung vitamin B yang sangat bermanfaat untuk otak.

3. Kurangi kebiasaan mengecek gadget yang berlebihan
Kebiasaan ini bukan hanya mengalihkan perhatian, berdasarkan Harvard Business Review dapat menurunkan nilai IQ hingga 10 poin. Biarkan otak beristirahat jika sedang tidak melakukan apapun yang membutuhkan konsentrasi.

4. Menulis
Kebiasaan menulis mempunyai efek kimiawi bagi daerah otak yang bertanggung jawab terhadap memori.

5. Musik
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik mampu meningkatkan memori jangka panjang.

6. Menjadi Guru
Salah satu teknik ingatan yang paling sering diabaikan orang untuk mengingat informasi yaitu dengan mengajarkannya kepada orang lain, dengan memori yang kuat maka konsentrasi kita terhadap suatu subjek akan lebih terfokus.

7.Tidur yang cukup
Kurang tidur yang kronis dapat mengurangi kemampuan kognitif anda, berdampak negatif pada konsentrasi , bahkan dapat mengurangi IQ.

Referensi : https://www.quora.com/How-does-one-improve-memory-and-concentration