Bagaimana cara melatih kelinci agar datang saat dipanggil?

Kelinci

Apakah kelinci bisa seperti anjing atau kucing yang bisa datang ketika dipanggil pemiliknya? Lalu bagaimana cara melatihnya ?

Kelinci dapat dijadikan hewan peliharaan yang hebat, tetapi kelinci sangatlah berbeda dari kucing ataupun anjing. Kelinci tidak bisa menurut secara alamiah seperti anjing.

Kelinci sangat cerdas dan mandiri, dan karena itu perlu diberi hadiah saat melakukan sesuatu sesuai keinginan Anda. Untuk melatih kelinci agar datang ke arah Anda, Anda perlu mengetahui apa yang akan memotivasinya lalu gunakan pengulangan dan kebaikan untuk menjadikan perbuatan tersebut menarik untuk dilakukan.

1. Berikan kebutuhan-kebutuhan dasar untuk kelinci Anda.

Beri makanan dan tempat berlindung yang memadai kepada kelinci Anda. Anda perlu memastikan agar kelinci sehat dan senang sebelum berusaha melatihnya. Jika seekor kelinci tidak merasa senang atau sedang sakit, kelinci akan cenderung tidak tertarik untuk menyelesaikan sesi latihan dengan Anda.

2.Gunakan sikap yang tenang dan stabil terhadap kelinci.

Kelinci, serta hewan peliharaan lainnya, biasanya tidak merespons terhadap amarah dan sikap kasar dengan baik. Pepatah “kamu akan menangkap lebih banyak lalat dengan madu” sangatlah tepat jika menyangkut soal melatih hewan. Memiliki sikap yang positif dan berperilaku baik akan membangun kepercayaan yang lebih besar dengan kelinci, dan karena itu kelinci lebih mungkin menuruti perintah Anda, dibandingkan menggunakan paksaan dan sikap kasar.

3. Curahkan banyak waktu untuk melatihnya.

Luangkan sedikit waktu setiap harinya untuk latihan. Latihan harus dilakukan dalam sesi yang singkat, hanya selama 5-10 menit. Tujuannya adalah berlatih secara konsisten namun dalam waktu singkat

4. Gunakan hadiah makanan kesukaan kelinci Anda.

Karena latihan ini berdasarkan hadiah, Anda perlu menemukan hadiah yang memberikan respons paling positif. Jika Anda tidak tahu hadiah makanan kesukaan kelinci Anda, coba-cobalah sedikit. Jika kelinci mengabaikan makanan, berarti itu tidak dapat digunakan sebagai hadiah. Jika kelinci langsung mengunyahnya, Anda bisa menggunakannya.

Anda dapat memberikan makanan baru dalam jumlah sedikit setiap harinya agar terhindar dari gangguan pencernaan, dan lihatlah respons kelinci.

Iyaa seperti itu, untuk melatihnya bisa juga melakukan seperti ini:

1. Duduklah di lantai dekat kelinci.

Bawalah hadiah makanan yang sehat, seperti wortel dan selada. Tahanlah makanan dan katakan "[nama kelinci Anda], kemari”

2. Berikan makanan dan pujian secara lisan kepada kelinci jika mendekati Anda.

Ini akan memperkuat perilaku kelinci secara positif. Ulangi juga perintah saat kelinci mendekat.

3. Bergeraklah menjauh sedikit.

Di awal, jangan bergerak terlalu jauh; beberapa meter sudah cukup. Seiring waktu, Anda dapat bergerak semakin jauh dari kelinc

4. Tahanlah makanan dan berikan perintah sekali lagi.

Jika kelinci menuruti Anda tanpa perlu diperintah, cukup katakan saja saat kelinci mendekat. Jika kelinci tidak merespons perintah dan janji Anda untuk memberikan makanan, kembalilah ke posisi yang lebih dekat dan ulangi.

5. Ulangi latihan ini dengan sering.

Dalam satu hari, panggillah kelinci Anda sesekali. Gunakan hadiah makanan setiap kali dalam beberapa minggu pertama untuk membuat kelinci Anda mengaitkan perintah dengan makanan. Setelah kelinci Anda datang dari jarak dekat setiap dipanggil, mulailah memanggilnya dari jarak yang jauh.

6. Gantilah hadiah makanan dengan mainan atau belaian.

Seiring waktu, hadiahi kelinci Anda dengan belaian dan mainan, namun gunakan makanan sesekali untuk menjaga agar perilaku ini tetap kuat. Ini akan membuat kelinci Anda tetap datang saat dipanggil namun juga akan menjaga kelinci Anda tetap sehat.

7. Pertimbangkan untuk melatih menggunakan clicker (alat yang mengeluarkan bunyi klik bila ditekan).

Banyak orang menyarankan untuk menggunakan clicker agar kaitan terbangun lebih kuat. Setiap kali Anda memberi makan kelinci, tekanah clicker agar kelinci mengaitkan bunyi klik dengan makanan. Lalu saat Anda melatihnya, bunyi klik dari alat tersebut akan membuat kelinci tahu bahwa makanan akan datang.

Cobalah bunyikan klik tepat di saat perilaku yang Anda inginkan terjadi, agar hewan tahu apa yang akan dilakukannya untuk mendapatkan hadiah.

Selalu beri kelinci hadiah makanan atau hal lainnya yang disukai dalam jarak beberapa detik setelah bunyi klik dan setiap kali Anda menghasilkan bunyi klik, walaupun Anda menghasilkan bunyi klik secara tidak sengaja. Kelinci akan memahami bahwa bunyi klik berarti makanan dan akan berusaha melakukannya lagi untuk mendapatkan bunyi klik.

sumber:Cara Melatih Kelinci Anda agar Datang Ketika Dipanggil: 11 Langkah