Bagaimana cara melatih diri agar memiliki Sense Of Timing?

sense of timing

Kesadaran Ketepatan Waktu (Sense of Timing) – kemampuan untuk mengevaluasi secara akurat tentang hal yang sedang terjadi sehingga statement, keputusan dan tindakan yang dihasilkan sangat efektif, akurat dan tepat.

2 Likes

Sumber gambar : Quotefancy

Good leaders understand that timing is everything.

Sense of Timing is the ability to accurately evaluate what is happening in such a way that statements, decisions, and actions are the most effective, accurate, and timely

Seorang pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan tidak hanya fokus terhadap tindakan apa yang harus diambil, tetapi juga harus melihat waktu yang tepat dalam mengambil tindakan tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

  • The wrong action at the wrong time leads to disaster
    Apabila baik tindakan maupun waktu yang diambil seorang pemimpin salah, maka tindakan tersebut akan berakibat fatal. Dapat membawa sebuah organisasi kedalam kehancuran.

    Di dunia startup, tindakan yang salah sudah menjadi masalah besar, apalagi ditambah dengan waktu yang tidak tepat, ujung-ujungnya pasti kegagalan itu sendiri.

  • The right action at the wrong time brings resistance
    Walaupun tindakannya tepat, tetapi diambil pada saat yang tidak tepat, maka biasanya akan muncul penolakan-penolakan didalam sebuah organisasi.

    Terutama pada dunia startup, dimana momentum akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari startup itu sendiri. Apakah tindakan tersebut diambil terlalu cepat atau terlalu lambat akan mempunyai dampak yang sama, yaitu penolakan terhadap sebah produk.

    Tindakan atau keputusan yang tepat tidak cukup bagi dunia startup.

  • The wrong action at the right time is a mistake
    Bagaimana apabila waktunya tepat tetapi tindakan atau keputusannya tidak tepat ? Hal tersebut adalah sebuah kesalahan. Sebisa mungkin kita mengetahui apakah tindakan kita sudah tepat atau tidak secepat mungkin. Sehingga kita dapat memperbaiki kesalahan tersebut dengan cepat.

    Selama kita masih belum kehilangan momentum, maka masih ada kesempatan yang luas untuk memperbaiki kesalahan.

  • The right action at the right time results in success
    Kondisi seperti ini yang diharapkan, sehingga kemungkinan keberhasilan akan menjadi lebih besar.

    Didalam kondisi tersebut, perusahaan dapat mencapai keberhasilan dengan tindakan yang tepat dan memanfaatkan momentum semaksimal mungkin.
    Oleh karena itu, waktu mempunyai peran yang sangat penting, bahkan untuk dunia startup, waktu adalah segalanya.

The right leader took the right action at the right time and it transformed the organization.

Referensi
1 Like

Apakah kamu salah satu dari orang-orang yang, ketika ditanya berapa lama sesuatu terjadi kamu masih belum tau berapa lama pastinya? Atau apakah kamu selalu terlambat karena kamu yakin bahwa setiap pagi memakan waktu 15 menit dan pada kenyataannya, dibutuhkan 25 atau 30 menit? Beberapa orang lebih mampu menilai berlalunya waktu daripada yang lain, tapi untungnya, dibawah ini adalah kemampuan yang dapat membuat kamu menjadi sadar tentang Sense Of Timing.

  1. Buatlah Jam Kamu Menjadi Tepat
    Selalu mengingat untuk mengecek salah satu jam dari komputer, mobil, dan handphone. Ketika kamu masuk dalam lingkungan baru, cek jam apa saja dan catat sesuai dengan jam nya. Ketika kamu sedang melatih diri kamu sendiri, gunakan jam atau bawalah handphone setiap waktu.

  2. Kapanpun Kamu Mendapatkan Kesempatan Cek Jam dan Buatlah Pengingat Waktu
    Menjalani kegiatan sehari-hari, selalu menyempatkan untuk menebak ketika kegiatan yang sudah dilakukan sudah lewat selama satu jam. Cek jam kamu dan tebak berapa perbedaan gap waktu kamu dan catatlah. Jika kamu mendapatkan interval waktu nya lebih cepat maka akan menjadi lebih baik.

  3. Rekam Kemajuan Kamu Dalam Sebuah Jurnal atau Agenda
    Kapanpun kamu mengobservasi perbedaan waktu, tulislah di agendamu. Kamu mungkin akan membuat sebuah pola, seperti kamu cenderung lebih lambat 15 menit di pagi hari, dan 30 menit lebih cepat di siang atau sore hari. Ketika kamu terus melakukan kecocokan tebakan waktumu di kegiatan sehari-hari, kesadaran ketepatan waktu kamu akan meningkat.

Sumber: http://www.wikihow.com/Develop-Your-Sense-of-Time

“Time you enjoy wasting is not wasted time.” ― Marthe Troly-Curtin

Beberapa orang mahir dalam mengatur waktu agar menjadi orang yang tidak terlambat dalam hal apapun. Melatih ketepatan waktu bukanlah hal yang mudah jika tidak dilatih sejak dini. Di Indonesia, hampir sebagian masyarakat tidak memiliki soft skill ini karena memang mereka sudah terbiasa dengan keterlambatan ataupun meremehkan waktu yang ada. Namun, soft skill ini bisa dilatih dengan beberapa cara contohnya dengan memakai jam tangan agar Anda bisa melihat waktu kapanpun dan dimanapun. Adapun cara lain dalam melatih ketepatan waktu Anda, antara lain:

  1. Setiap kali Anda berpikir tentang suatu hal, tanyakanlah diri Anda pukul berapa saat ini. Anda bisa mengoreksi diri dari memikirkan hal tersebut sebagai contoh jika Anda berfikir bahwa sekarang pukul 10.00, tetapi yang sebenarnya adalah pukul 10.10 dan ini membuktikan bahwa Anda terlambat 10 menit.

  2. Setiap kali Anda mendapatkan sebuah kesempatan, buatlah catatan mengenai hal tersebut termasuk pada poin waktu. Anda dapat lebih mudah mengingat sesuatu jika mencacat sesuatu karena jika hanya dipikirkan dalam otak Anda akan lebih mudah melupakan hal tersebut. Teknologi juga sudah bisa membuat pengingat jika Anda membuat catatan pada gadget.

  3. Jika Anda memulai tugas yang memiliki jangka waktu tertentu, Anda bisa gunakan timer sebagai pengingat waktu, sebagai contoh ketika sedang memasak. Anda bisa menentukan interval pada timer agar masakan tersebut menjadi apa yang diharapkan.

Selama Anda berlatih, Anda akan dapat menentukan rentang waktu baik itu waktu tambahan atau kekurangan waktu Anda.

“Time flies like an arrow; fruit flies like a banana.” ― Anthony G. Oettinger


Referensi: Develop Your Sense Of Time - Lifehacker

Cara Melatih dan Mengembangkan diri agar memiliki Sense Of Time

  • Keep all your clocks as correct as you can make them.
    Kenakan jam tangan atau bawalah ponsel atau jam lain setiap saat. Semakin akurat jam Anda, semakin baik Anda dapat menyempurnakan setiap waktu,

  • Stabilize your circadian rhythm
    Manusia memiliki jam internal alami yang mengatur proses biologis. Jika terganggu, Anda tidak hanya kesulitan menilai waktu, tetapi juga memiliki efek negatif pada kesehatan dan produktifitas Anda.

  • Every time you think of it, guess to yourself what time it is
    Periksalah jam dan buat titik untuk mengoreksi diri. Pikirkan kepada diri sendiri sesuatu seperti “Saya pikir itu 10:20, tapi sebenarnya 10:34. Aku 14 menit lebih lambat.” Anda dapat membuat kebiasaan untuk melakukan hal ini setiap kali Anda menemukan landmark tertentu atau objek, seperti tanda berhenti, lampu lalu lintas atau cermin. Atau anda mungkin ingin mencoba menebak waktu ketika Anda terbangun ketika tidak bangun dengan alarm.

  • Whenever you get a chance, check a clock and make note of the time
    Mencoba menebak ketika sudah 1 jam, periksa jam pada tebakan Anda dan buat catatan dari kesenjangan waktu Anda tersebut.

  • When you start a task with a defined beginning and end (reading a chapter of a book, driving to a friend’s house, taking a shower) guess how long it will take you
    Ketika Anda memulai tugas seperti membaca buku, mengemudi kerumah teman,mandi dll. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk itu. Periksalah waktu.

  • When you start a task that has a specified time frame (like when cooking), set a timer for the upper end of the range given.
    Misalnya, jika Anda memasak oatmeal selama 3-5 menit, aturlah timer selama 5 menit. Jika Anda melakukan kesalahan, timer akan menyelamatkan Anda dari oatmeal yang terbakar.

Sumber : Develop your sense of time

6 Tips Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Produktifitas dan Meningkatkan Keterampilan Berorganisasi - Menurut Brian Tracy (2015)

Semakin sering diterapkan, akan semakin banyak peningkatan yang didapatkan dari 6 cara mengelola waktu berikut:

  • Tip #1: Prepare in Advance

Siapkan segala pekerjaan yang akan dikerjakan besok di sore atau malam hari sebelumnya berupa rencana daftar kerja. Latihan ini memiliki banyak sekali keuntungan seperti tidur lebih nyenyak karena alam bawah sadar terkadang ikut menikmati rencana dan tujuan yang telah dibuat, dapat mengurangi kerugian insomnia dan saat bangun pagi sangat mungkin bisa bermunculan banyak ide-ide dan wawasan baru untuk meningkatkan produktifitas di sepanjang hari itu.

  • Tip #2: Schedule Your Time

Penjadwalan diri dengan rapi untuk mengurangi beban pikiran dan menghabiskan energi yang sesuai. Latihan tersebut sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan dalam beroganisasi, selain itu bisa memberikan pengalaman dalam penguasaan diri dan perasaan bertanggung jawab. Sehingga akan berdampak juga terhadap peningkatan harga diri dan kekuatan pribadi.

  • Tip #3: Start Early

Mulailah hari lebih awal. Semakin banyak waktu yan terambil untuk duduk, berpikir, dan membuat rencana yang lebih terorganisir akan berdampak positif dalam setiap bidang kehidupan yang dijalani. Akibatnya, selalu bisa lebih efektif daripada yang tidur di sampai saat-saat terakhir. Beberapa menit merefleksikan diri dengan tenang sebelum memulai pekerjaan dapat menghemat banyak waktu saat pengeksekusian tugas. Ketika perencanaan pekerjaan dilakukan diawal, seseorang akan cenderung lebih tenang, jernih, dan kreatif sepanjang hari.

  • Tip #4: Organizational Skills

Putuskan untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi dengan menerapkan sistem pengarsipan saat di rumah maupun tempat kerja. Sering kali, masih banyak orang yang membuang-buang waktu untuk mencari suatu hal mengalami kesusahan semisal salah tempat atau hal yang dicari hilang. Sistem pengarsipan yang paling sederhana ialah sistem abjad. Dalam hubungannya dengan sistem pengarsipan, memiliki daftar master atau catatan semua file di satu tempat sangatlah penting. Daftar master tersebut akan memberikan judul setiap file dan memberitahu di mana file itu berada.

  • Tip #5: Increase Productivity With Prime Time

Waktu internal prime time merupakan saat dimana kita sendiri biasa bersemangat dan produktif. Sangatlah penting untuk menyadari waktu internal prime time yang kita miliki atau kita rasakan. Sehingga dapat dilakukan penjadwalan proyek yang paling penting dan sesuai. Pekerjaan yang paling penting biasanya mengharuskan kita berada pada kondisi yang terbaik dalam beristirahat, semangat, dan kreatif. Tak luput juga ada waktu external prime time yang merupakan waktu pelanggan atau klien tersedia. Setiap orang harus memberikan beberapa perencanaan untuk penataan hari mereka untuk kedua waktu tersebut yakni external dan internal prime time mereka.

  • Tip #6: Air Travel Productivity

Salah satu area penting dalam kemampuan berorganisasi yakni melakukan perjalanan, terutama perjalanan di udara. Beberapa tahun lalu Hughes AirWest membandingkan efisiensi bekerja dengan penerbangan kelas utama, ekonomi dan di kantor. Dan hasilnya 1 jam waktu kerja tidak terganggu dalam sebuah pesawat setara dengan 3 jam kerja di lingkungan kerja normal. kata kunci adalah “tidak terganggu”. Jika perencanakan pekerjaan dilakukan sebelum meninggalkan bandara, hal itu dapat meningkatkan produktifitas dengan menyelesaikan pekerjaan besar dengan rapi dan efektif saat berada di udara.