Bagaimana Cara Melatih Anak Anjing Siberian Husky?

Anak anjing utamanya memiliki sifat yang nakal, maka kita perlu melatih anak anjing dengan baik

Tetapkan batasan yang tepat. Karena husky keras kepala, Anda harus segera menetapkan batasan baginya. Ia harus tahu bahwa Anda yang berhak memimpin.

  • Jangan izinkan anak anjing tidur di ranjang, karena ini bisa membuatnya bingung akan perannya dalam keluarga. Anda boleh sesekali membuat pengecualian ketika ia sudah lebih tua.
  • Minta semua orang di rumah memberikan makanan baginya. Dengan begini, Husky belajar bahwa semua orang di rumah bisa mengontrol akses makanannya.
  • Bersikaplah konsisten terhadap semua aturan yang sudah Anda tetapkan. Jika tidak, anjing akan belajar bahwa terkadang ia bisa mendapatkan apa yang ia inginkan jika ia berusaha keras. Pastikan semua orang di rumah Anda mengikuti aturan yang sama.
  • Bersabarlah. Anjing bisa dilatih jika Anda tegas dan konsisten. Husky biasanya suka tugas-tugas latihan karena ia anjing pekerja

Berikan latihan toilet bagi anak anjing. Sama seperti semua anak anjing baru, Siberian Husky harus dibiasakan tinggal di rumah. Ada tiga komponen utama dalam latihan toilet:
Mengawasi anjing. Perhatikan anjing dengan saksama saat berada di dalam rumah – ini penting agar Anda bisa mencegah “kecelakaan”. Anda akan paling mudah melakukannya jika anjing disimpan di suatu bagian rumah yang tidak luas. Jika Anda memergoki anjing sedang buang air di dalam rumah, ucapkan “Tidak boleh!” dengan suara keras, kemudian bawa ia keluar.

  • Membawanya ke luar dengan rutin. Anak anjing perlu buang air lebih sering daripada anjing dewasa. Untuk menekan risiko “kecelakaan” di dalam ruangan, bawa ia keluar sesering mungkin secara rutin.
  • Memberikan hadiah atas perilaku yang benar. Saat anjing pergi buang air ke luar, puji ia dan berikan hadiah dalam bentuk kudapan kecil. Ini akan membantunya paham bahwa ia harus buang air di luar rumah, sehingga Anda lebih mudah mengajarkan perilaku yang benar.

Latih anjing untuk tinggal di dalam kandang. Bagian penting lainnya dari latihan toilet adalah latihan kandang. Anjing akan belajar untuk tinggal di dalam kandang. Ia tidak akan mau mengotori ruang pribadinya.

  • Ini juga merupakan cara yang baik untuk meminimalisir kerusakan rumah saat Anda harus meninggalkan husky.
  • Ketika Anda tidak bisa mengawasinya, masukkan anjing ke dalam kandang dan tinggalkan kudapan atau mainan kunyah. Setelah beberapa saat, ia akan mulai senang berada di dalam kandang, bahkan mungkin menjadikannya tempat pelarian saat ia stres.
  • Latihan kandang akan menjadi sangat mudah jika Anda memulainya dengan menawarkan kudapan kepada anjing. Letakkan kudapan di dalam kandang dan jangan tutup pintunya. Setelah hal ini diulang selama sekitar satu hari, Anda bisa mencoba menutup pintu kandang (sebentar saja). Kemudian, tambahkan periode waktunya.
  • Anak anjing di bawah sepuluh minggu tidak boleh dikurung dalam kandang selama lebih dari satu jam. Dari minggu ke-11 hingga 14, anak anjing boleh tinggal di dalam kandang hingga tiga jam. Pada minggu ke-15 dan 16, ia boleh diam di dalam kandang hingga empat jam. Setelah usianya lewat dari 17 minggu, Anda bisa mengurungnya hingga lima jam.
  • Jangan pernah menggunakan kandang sebagai hukuman jika Anda ingin melatihnya untuk tinggal di dalam kandang dengan sukses.

Jalankan latihan kekang. Latihan kekang juga penting bagi Husky. Karena ia cenderung ingin kabur, Anda harus mengajarkan ia untuk bersikap kooperatif saat berjalan dengan kekang.

  • Husky bisa mudah kabur dan tersesat jika tidak dipasangi kekang.
  • Biasakan anjing terhadap kalung dengan mengenakannya saat ia makan. Anjing akan terbiasa dan menghubungkan kalung dengan pengalaman positif.
  • Lalu, mulailah dengan mengajaknya berkeliling rumah dan memberikan kudapan setiap kali ia berjalan di sisi Anda tanpa menarik kekang. Setelah ia terbiasa, cobalah di luar rumah!