Bagaimana cara melakukan teknik survei?


sumber: https://indopolitika.com/pilpres-2014-merekayasa-hasil-survei-adalah-perilaku-tidak-terpuji/

Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Bagaimana cara melakukan teknik survei?

Menurut sumber yang saya baca ada beberapa cara melakukan teknik survei. Untuk melakukan teknik survei dengan baik ada beberapa tips untuk melakukan teknik survei dengan efektif dan efisien:

  1. Mendesain Survei
    Tanyakan terlebih dahulu kepada tim Anda tentang apa sebenarnya tujuan dari melakukan survei ini. Pertanyaan apakah yang ingin dijawab pada akhir survei? Apakah jawaban dari pertanyaan itu penting dan akan membantu?

  2. Merancang Pertanyaan Kuesioner Survei
    Dalam mendesain kuesioner pertanyaan survei, perlu diingat untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh target sasaran demografis yang dituju. Pastikan pertanyaan yang diajukan jelas, singkat, tidak bertele – tele, sehingga mudah dimengerti. Kualitas pertanyaan dalam kuesioner survei akan sangat menentukan kualitas jawaban respon yang tentunya akan mempengaruhi hasil akhir survei tersebut.

  3. Mengumpulkan Respon
    Ada banyak metode yang dapat dipilih untuk mengumpulkan respon dari pertanyaan kuesioner survei yang telah disusun. Mulai dari menyelipkan survei tersebut di website, menyebarkan survei melalui email, menyebarkan survei melalui sosial media, sampai dengan menggunakan jasa profesional seperti SurveyMonkey Audience untuk membantu proses pencarian responden sesuai dengan kriteria target sasaran demografis yang diinginkan.

  4. Menganalisa Respon
    Proses yang diperlukan dalam melakukan analisa data terhadap respon hasil jawaban sebuah survei akan sangat berbeda – beda antar survei yang satu dengan yang lainnya, tergantung dari jenis pertanyaan yang digunakan. Jika sebuah pertanyaan kuesioner survei dirancang dengan baik, maka pada umumnya proses analisa data pun akan dapat menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan, dan hasil kesimpulan yang didapat pun akan lebih berkualitas

Sumber: