Bagaimana cara melakukan Sit Up dengan benar ?

cara melakukan sit up

Bagaimana cara melakukan sit up dengan benar agar tidak terjadi cedera? Karena kata orang orang melaukan sit up bisa menjadi cidera.

  • Melakukan gerakan sit-up dengan benar sangatlah penting demi menghindari kerusakan pada otot-otot tubuh. Risiko sit-up yang harus diwaspadai adalah cedera pada leher dan punggung bawah. Jika sebelumnya pernah mengalami cedera pada bagian tubuh tersebut, konsultasikan kepada dokter sebelum berlatih sit-up.

  • Memulai sit-up yang benar adalah dengan berbaring. Lanjutkan dengan menekuk lutut dengan telapak kaki tetap di lantai agar tubuh tetap stabil. Letakkan tangan menyilang di atas dada atau tekuk dan letakkan di dekat telinga.

  • Angkat badan ke atas ke arah lutut, sambil menghembuskan napas saat melakukannya. Kemudian, turunkan kembali tubuh hingga dalam kondisi berbaring seperti semula sambil menarik napas.

  • Bagi yang baru memulai berlatih, bisa mendapatkan manfaat sit-up dengan permulaan melakukan 10 kali sit-up sehari.

  • Mesin sit-up yang biasanya tersedia di gym ada yang memungkinkan sit-up dilakukan sambil duduk. Sit-up sambil duduk dapat juga dilakukan untuk menghindari ketegangan pada leher. Hanya perlu mendorong panel di dada, kemudian menekuk tubuh ke arah paha. Saat pertama mencobanya, cobalah lakukan sit-up sebanyak 8-12 kali.