Bagaimana cara melakukan pengambilan conto dalam eksplorasi geokimia?

Levinson (1980) menjelaskan bahwa ada tiga hal yang mendasar dalam melaksanakan penyelidikan geokimia, yaitu: pengambilan conto, penganalisaan conto, dan interpretasi dari hasil analisisnya. Pengambilan conto yang benar akan sangat menentukan hasil akhir penyelidikan, sehingga ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat pengambilan conto dilakukan, antara lain:

  1. Memilih cnto yang terbaik untuk unsur-unsur yang dicari.
  2. Pola pengambilan conto yang optimal
  3. Kerapatan pengambilan conto yang berhubungan dengan adanya tubuh bijih (ore body) dalam ukuran yang sesuai.

Pada penyelidikan geokimia yang menggunakan metode sedimen sungai aktif (stream sediment method) conto yang sebaiknya diambil mempunyai ukuran butir lanau-lempung.

Media conto yang ideal untuk eksplorasi geokimia harus memiliki sifat-sifat seperti yang dikemukakan oleh Lovering dan Mc. Carthy (1978) dalam Ghazali dkk. (1986) berikut ini :

  1. Conto harus mengakumulasikan dan mengonsentrasikan unsur-unsur bijih atau unsur-unsur dari senyawa lainnya yang berasosiasi dengan tubuh bijih.

  2. Conto dapat diambil dengan mudah dan cepat di daerah penyelidikan.

  3. Conto dapat menghasilkan lingkar penyebaran (dispersi halo) hipogen maupun supergen atau dispersi yang panjang dari anomali unsur-unsur atau senyawa bijih dalam bentuk dan pola yang dapat untuk memperkirakan ke arah mana lokasi terdapatnya deposit bijih.

  4. Dapat mendeteksi endapan bijih yang di bawah permukaan (blind deposit).

  5. Conto mudah dianalisis di laboratorium.

Conto endapan sungai aktif sedapat mungkin diambil pada bagian tengah sungai, sehingga conto tersebut akan mewakili semua area tubuh sungai. Pengambilan conto harus menghindari material hasil jatuhan yang berasal dari tepi sungai karena hal ini tidak mewakili endapan sungai yang sebenarnya.