Bagaimana cara melakukan pemerataan gigi pada gigi yang maju kedepan atau tongos?

kosmetik gigi

Bagaimana cara melakukan pemerataan gigi pada gigi yang maju kedepan? apakah lebih baik dibiarkan?

Cara memundurkan gigi atas, ialah dengan menggunakan beberapa alat. Diantaranya yakni:

1. Kawat Gigi

Perawatan gigi yang dapat merubah posisinya adalah dengan perawatan kawat gigi atau orthodonti, termasuk memundurkan posisi gigi. Dimana tujuan utama dari perawatan ini (pemasangan kawat bracket) tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika wajah atau mulut. Gigi yang posisinya tidak normal termasuk gigi atas yang maju ke depan, dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi (hubungan gigit antara gigi atas dan bawah), sehingga didapat hubungan gigi yang oklusinya baik di dalam lengkung rahang yang normal. Dengan demikian secara otomatis dengan sendirinya estetika wajah anda akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur memiliki standar operasional. Pertama-tama, ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Namun tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, itu tergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut atau tidaknya gigi anda, baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan.

Anda yang akan memundurkan gigi atas akan diperiksa seluruh bagian gigi-geliginya secara seksama. Jika ternyata sebelum dokter gigi menemukan gigi yang perlu mendapatkan perwatan terlebih dahulu (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi), maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Kemudian selanjutnya gigi pasien akan dicetak agar dapat dilakukan duplikasi gigi. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto dan duplikat ini penting untuk membantu dalam menganalisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang.

Perawatan orthodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi.

Pada pasien usia dewasa perawatan orthodonti yang dilakukan akan memerlukan waktu perawatan yang lebih lama dibandingkan dengan anak-anak. Karena adanya perbedaan kepadatan tulang sehingga pada pasien anak perawatan lebih cepat. Tetapi seberapa lama perawatan ini juga bergantung dari rencana perawatan yang telah ditentukan dokter gigi dan tingkat kerjasama pasien selama perawatan.

Karena perawatan orthodonti merupakan suatu tindakan medis yang cukup kompleks dengan prosedur yang sedemikian rupa, maka memerlukan rentang waktu perawatan cukup panjang yaitu berkisar antara 18 bulan sampai 3 tahun bergantung dari keadaan gigi yang ingin dirapikan. Efek dari perawatan ini tidak ada apabila semua prosedur medis dilakukan secara benar dan dilakukan juga analisa yang kuat serta tepat oleh dokter gigi juga kerjasama yang baik pula dari pasien. Dalam artian, bukan hanya dokter gigi yang perlu berusaha keras melakukannya, namun anda sebagai pasien yang sedang menjalani masa perawatan, harus melakukan tahapan prosedur dan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh dokter gigi. Bagi anda yang merasa nyaman menggunakan behel, jangan lupa ketahui pula cara merawat gigi behel agar tidak kuning supaya kecantikan dan kesehatan gigi anda tetap terawat.

2. Lidah

Behel memundurkan gigi kita dengan tekanan lembut yang diberikan dalam penggunaannya. Tekanan dari behel dapat kita ganti dengan tekanan yang kita buat sendiri menggunakan lidah. Cara memundurkan gigi atas anda dengan menarik gigi tersebut kea arah dalam menggunakan tekanan lidah. Saat pertama kali mencobanya mungkin kita akan merasa belum terbiasa, maka jadikan ini kebiasaan anda agar lebih sering melakukannya. Aktifitas ini tidak dilakukan hanya dengan 1-2 kali saja lalu berhasil. Namun perlu banyak waktu, sampai hasilnya benar-benar anda rasa sudah mulai terlihat. Selain itu, keberhasilan teknik ini juga tergantung dari tingkat masalah gigi dan jumlah gigi yang akan dirapikan.

3. Invisalign

Pada umumnya, invisalign tidak jauh berbeda dengan kawat gigi. Namun invisalign memiliki bentuk yang transparan sehingga tidak terlalu mencolok seperti behel. Selain itu, penggunaan invisalign juga dapat dipakai setiap hari, namun enaknya alat ini dapat dibuka. Kelebihan ini, juga dapat mempermudah anda membersihkan gigi. Invisalign dibuat dengan komputerisasi. Prosesnya dimulai dengan terlebihdahulu mengambil rekam gambar tiga dimensi gigi atas calon pasien. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada keberhasilan memundurkan gigi atas, kurang lebih 1-2 tahun. Perlu diketahui bahwa meski alat ini mirip dengan behel, namun ia harus diganti setiap dua minggu sekali.

4. Veneer

Cara yang ketiga ialah dengan meggunakan Veneer berbahan keramik atau komposit. Saat ini, veneer sedang menjadi trend dikalangan para wanita, dalam teknik merapikan gigi. Dalam prekteknya, cara ini harus dilakukan dengan bantuan dokter. Cara memundurkan gigi atas dengan Veneer terdiri dari dua macam, diantaranya yaitu:

  • Veneer Indirect
    Jenis yang pertama ini, prosesnya dilakukan di laboratorium. Namun sebelum itu, dilakukanlah terlebih dahulu yang namanya pencetakan. Setelah keluar dari proses laboratorium, barulah Veneer dapat digunakan oleh pasien. Dilihat dari prosesnya saja lebih elite bukan, karena harus melalui laboratorium. Maka dari itu, sudah pasti harganya juga lebih mahal.

  • Veneer Direct
    Untuk yang kedua, caranya lebih simple tidak harus melalui laboratorium. Langsung dibuat dan ditempelkan. Harganyapun lebih murah.

Dalam cara memundurkan gigi atas dengan teknik yang satu ini, keberhasilan yang dapat kita nikmati kemungkinannnya dijamin dapat menyempurnakan gigi atas anda yang sedikit maju, menjadi lebih mundur dan lebih rapi. Veneer berbentuk seperti strip yang dipasang di bagian gigi atas yang perlu dimundurkan. Kegunaan Veneer ini selain selain salah satu alat dalam beberapa cara memundurkan gigi atas, tetapi juga dapat mengatasi permasalahan gigi lainnya seperti warna gigi yang tidak merata, mengurangi gigi yang terkelupas dan lain-lain. Keramik yang menjadi bahan dasarnya tidak akan merusak gigi, namun walau begitu tidak dianjurkan untuk pemakaian yang terlalu lama.

5. Sendok Kayu

Selanjutnya, senjata dapur satu ini dapat juga kita manfaatkan untuk membantu memecahkan permasalahan bagi anda yang ingin tahu cara merapikan gigi secara alami. Yaitu, sendok kayu. ternyata sendok kayu dapat membantu anda memundurkan gigi atas, berikut cara penggunannya:

  • Taruhlah sendok kayu tersebut di dalam panci untuk menanak nasi.

  • Memasukkan sendok ini dilakukan ketika nasi dalam keadaan sudah setengah matang atau ketika air rebusan mendidih.

  • Diamkan di dalamnya selama 1-2 menit.

  • Setelah itu, angkat sendok dan gunakanlah untuk mendorong gigi atas anda yang perlu dirapikan.

  • Lakukan cara tersebut beberapa kali sehari.

Perlu ditegaskan bahwa cara ini bukanlah termasuk langkah medis. Untuk itu, anda harus berhati-hati. Diantaranya yakni jika anda mendorong gigi dengan terlalu keras maka gigi bisa saja goyang atau patah disebabkan panasnya sendok kayu dan tekanan yang terlalu keras. Hendaknya lakukan dengan hati-hati, serta jangan terlalu memaksakan jika hasilnya tidak kunjung terlihat.

6. Retainer

Retainer ini sebenarnya secara medis digunakan setelah penggunaan behel agar gigi yang telah rapi dapat bertahan, ia dapat dilepas sendiri oleh pemakainya. namun letaknya sama dengan penggunaan behel, dan sekilas juga mirip behel. Gigi seseorang yang telah terbiasa menggunakan behel, akan diberikan retainer sebagai pelatihan untuk transisi membiasakan gigi tanpa penopang. Namun bagi yang ingin memundurkan gigi atas dan tidak ingin menggunakan behel terlebih dahulu, anda dapat langsung menggunakan retainer tanpa harus terlebih dulu menggunakan behel.

7. Headgear

Alat yang satu ini, bentuknya berbeda dengan behel. Cara kerjanya yang biasanya digunakan untuk merapikan gigi atas yang menonjol, ialah dengan memberikan tekanan pada gigi atas dan rahang atas. Alat ini biasanya digunakan dipakai selama sekian jam. Setiap penggunaannya ia diletakkan di bagian rahang atas dan kepala sekilas seperti kerangka yang elemennya saling terhubung.

Karena penggunaan alat ini tidak permanen dan sangat terlihat, juga penggunaannya yang harus sekian jam, maka biasanya para penngunanya melakukan terapi headgear pada malam hari. Untuk waktu penggunaannya sampai gigi atas atas anda dapat lebih mundur, sebenarnya alat ini memerlukan waktu yang lebih lama dibanding dengan penggunaan behel.

8. The Inman Aligner

Cara memundurkan gigi atas dengan alat ini keuntungannya adalah ia akan tampak tidak terlihat dan dapat lebih cepat menyelesaikan masalah. Perlu waktu sekitar enam sampai delapan belas minggu. Namun alat ini hanya bisa diandalkan untuk merapikan gigi bagian depan saja, termasuk salah satu cara memundurkan gigi atas. Alat dengan nama Inman aligner ini dirancang untuk setiap baris gigi depan. Selain itu, biasanya dikhususkan untuk gigi orang dewasa. Alat ini juga akan memudahkan penggunanya untuk membersihkan dan melakukan aktifitas makan, karena ia mudah untuk dibuka.

9. Recontouring

Apabila gigi atas yang ingin dimundurkan hanya ada beberapa biji saja, cukup dengan proses recounturing. Untuk cara memundurkan gigi atas tanpa behel yang satu ini, anda hanya perlu pergi ke dokter gigi dan meminta dokter gigi untuk recounturing (gigi dibentuk ulang) pada gigi anda tersebut agar posisinya disetarakan dgn gigi-gigi yang di sebelah-sebelahnya.