Bagaimana cara melakukan masteran yang bagus untuk Burung Cucak Ijo ?

image

Bagaimana cara melakukan masteran yang bagus untuk Burung Cucak Ijo ?

Cara melakukan masteran yang baik untuk Burung Cucak Ijo adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, pilih lokasi atau lingkungan yang nyaman untuk memaster cucak ijo, sebaiknya lingkungan harus tenang, sepi, tanpa gangguan dari suara apapun. Karena bila ada suara-suara lain, baik suara binatang, manusia, maupun kendaraan, itu semua dapat mengganggu konsentrasi cucak ijo yang sedang dimaster.

  2. Sebaiknya jarak cucak ijo dengan suara masteran adalah 3 hingga 5 lagu dengan volume yang tidak terlalu keras, yang terpenting adalah jelas.

  3. Suara masteran bisa anda pilih sesuai yang anda inginkan, tetapi sebaiknya pilihlah suara yang sesuai dengan karakternya, seperti: suara kacer, anis merah, murai batu, dan lain sebagainya.

  4. Cucak ijo termasuk jenis burung kicau yang mudah menghafal suara masteran pada saat sedang molting.

  5. Pemasteran cucak ijo sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari, dengan waktu sekitar mulai jam 1 siang sampai jam 4 sore, kemudian jam 10 malam sampai jam 6 pagi. Agar lebih maksimal, maka lakukan mastering rutin setiap hari dengan waktu yang sama, karena dengan begitu akan lebih memudahkan cucak ijo dalam menghafal dan cucak ijo menjadi lebih terbiasa.