Bagaimana cara melakukan cohort analysis?

Cohort analysis merupakan salah satu metode kuantitatif yang dapat digunakan untuk melakukan customer research. Namun sebenarnya bagaimana cara untuk melakukan metode tersebut?

Berikut ini merupakan cara untuk melakukan cohort analysis.

  • Tentukan pertanyaan apa saja yang akan dijawab.
    Point dari analisis ini yaitu datang dengan informasi yang digunakan untuk meningkatkan bisnis, produk, pengalaman pengguna, dan sebagainya. Untuk memastikan hal itu terjadi maka penting untuk menentukan pertanyaan yang tepat.

  • Tentukan metrik yang dapat membantu menjawab pertanyaan.
    Cohort analysis yang layak membutuhkan identifikasi dari suatu kejadian yang spesifik seperti berapa banyak yang harus dibayar oleh pelanggan.

  • Tentukan cohort (kelompok) spesifik yang relevan.
    Dalam membuat kelompok maka seseorang harus menganalisis semua pengguna dan menargetkan mereka atau melakukan kontribusi atribut untuk menemukan perbedaan yang relevan antara masing-masing untuk menemukan dan menjelaskan perilaku mereka sebagai kelompok tertentu.

  • Lakukan analisis kelompok.

Referensi

Cohort analysis - Wikipedia