Bagaimana cara manajer produk mengevaluasi ide produk yang ada?

Manajer produk (Product Manager) bertanggung jawab untuk keseluruhan strategi, perencanaan & pengembangan, roadmap, dan fitur dari sebuah produk atau lini produk. Dalam hal ini, produk dapat berupa produk fisik ataupun produk digital.

Bagaimana manajer produk mengevaluasi ide produk yang ada?

Untuk mengembangkan atau perluasan suatu usaha dapat dilakukan dengan melakukan segmentasi pasar, agar apa yang dilakukan dapat tepat sasaran. Untuk melihat peluang yang ada, dapat dilakukan dengan memperhatikan konsumen. Yaitu dengan mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen. Yang menjadi fokus dalam penilaian adalah :

  1. Barang dan jasa apa yang dibutuhkan konsumen ?
  2. Berapa banyak yang dibutuhkan konsumen?
  3. Kualitas mana yang paling tepat ?

Selain itu perlu diperhatikan juga usaha-usaha (bisnis) yang ada di sekitar (yang saat ini ada). Sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih jelas tentang karakteristik usaha-usaha (bisnis) untuk melihat kemungkinan bisnis (usaha) yang belum ada atau belum maksimal. Yang nantinya bisa menjadi peluang usaha.

Informasi dapat membantu manajer produk menilai peluang pasar yang ada. Informasi yang lengkap dan akurat dapat membantu dalam mengambil keputusan, seperti:

  1. Menemukan pasar yang menguntungkan
  2. Memilih produk atau jasa yang dapat dijual
  3. Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen
  4. Meningkatkan teknik-teknik pemasaran
  5. Merencanakan sasaran yang realistis
  6. Meramalkan untuk masa yang akan datang