Bagaimana cara manajemen produk membranding suatu produk untuk meningkatkan nilai jual?

Untuk meningkatkan nilai jual suatu produk, hal-hal yang harus dilakukan adalah dengan memberikan packaging yang semenarik mungkin. Untuk itu, bagaimana product management ikut andil dalam suatu branding produk tersebut?

Siklus hidup produk adalah dimana pemasar berusaha menggunakan merek untuk memperkuat produk mereka melawan persaingan. Pemikiran awal tentang branding adalah mengambil barang komoditas, dengan sedikit diferensiasi produk, dan memberikannya karakteristik khusus melalui penggunaan nama, kemasan, dan periklanan imajinatif. Merek merupakan bagian penting dari strategi produk mereka, membangun nilai tambahan seperti kualitas yang dirasakan dan preferensi gaya hidup.

Merek yang baik akan membedakan produk dari produk pesaing dan menciptakan hubungan antara konsumen dan merek. Loyalitas merek dapat meningkatkan tingkat motivasi di antara pembeli. Alternatif strategi yang mampu mendukung gerak usaha perusahaan secara terus menerus adalah lihat secara keseluruhan harus fleksibel dan sesuai dengan tuntutan kondisi lingkungan yang ditemukan di lapangan.

Hal yang harus dilakukan dalam mengelola kualitas brand (merk) agar meningkatkan nilai jual adalah:

  1. Melakukan inovasi dan penemuan kembali supaya relevan di pasar.
  2. Memusatkan perhatian pada konsumen.
  3. Perombakan perusahaan/organisasi supaya benar-benar memiliki orientasi bisnis.
  4. Memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.
  5. Memperhatikan potensi yang ada di sekeliling.
  6. Memperkuat fondasi tim.
  7. Menambahkan nilai dan dapat memfasilitasi harga yang lebih tinggi serta Kemasan memiliki sejumlah kegunaan selain melindungi produk dari kerusakan.

Referensi:
[1]. https://blog.oxfordcollegeofmarketing.com/2013/03/21/marketing-operations-new-product-development-branding-and-packaging/
[2]. http://ahlimanajemenpemasaran.com/2014/04/artikel-yang-sangat-lengkap-dan-detil-tentang-brand-management-manajemen-merk/