Bagaimana Cara Lebah Membuat Madu?

membuat madu

Lebah mampu mengubah nektar dari bunga-bunga menjadi madu. Tapi bagaimana bisa lebah mengubah nektar menjadi madu?

Lebah melakukan beberapa tahap pembuatan madu hingga akhirnya menjadi madu yang sudah dapat dipanen, tahap-tahap tersebut ialah :

  1. Tahap mengisap Nektar
    Lebah disarang yang menunggu di sarangnya (biasanya lebih muda) akan menggunakan proboscisnya untuk mengisap nektar dari perut lebah pekerja.

  2. Tahap menambahkan Enzim
    Lebah sarang kemudian mengubah nektar menjadi madu mentah dengan menambahkan berbagai enzim dari mulut & perutnya.

  3. Tahap menyimpan Madu
    Madu mentah yang masih mengandung air yang sangat tinggi ini kemudian disimpan di dalam sarang atau tempat madu.

  4. Tahap mematangkan madu
    Kadar air dalam Madu mentah akan berkurang \hingga nampak kental di bawah 20% dengan bantuan enzim, suhu & kepakan sayap lebah di dalam sarangnya. Madu dengan kondisi kental ini yang kemudian dianggap matang.

  5. Tahap melindungi madu
    Madu yang sudah jadi ini kemudian akan dilindungi dan disimpan dengan bantuan lilin yang dihasilkan dari semacam lembaran di bawah perut lebah. Selanjutnya madu matang ini siap untuk digunakan oleh koloni lebah madu atau dipanen oleh manusia.

referensi : http://sains.me/begini-cara-lebah-membuat-madu/

Madu yang merupakan cairan kental berwarna kuning muda hingga berwarna gelap, yang umumnya memiliki rasa yang manis, namun ada beberapa yang memiliki rasa pahit yang biasanya digunakan untuk obat. Rasa dan harumnya madu dipengaruhi oleh jenis bunga asal nektar bunga itu sendiri. Nektar adalah suatu senyawa komplek yang dihasilkan oleh kelenjar ‘necteifier’ tanaman dalam bentuk larutan gula dengan konsentrasi yang bervariasi (Tim Karya Tani Mandiri,2010). Komponen yang ada di dalam nektar adalah fruktosa, sukrosa, glukosa serta zat-zat lainnya dengan konsentrasi yang lebih sedikit.

Menurut Tim Karya Tani Mandiri (2010), Proses terbentuknya madu dimulai dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah dengan cara menghisapnya dengan mulut. Kemudian lebah pekerja membawa pulang nektar ke dalam sarang. Nektar yang berhasil di bawa pulang diberikan kepada lebah pekerja lainnya untuk dicampur dengan air liur di mulut dan dihilangkan kadar airnya sehingga menjadi di bawah 18% untuk menghindari terjadinya peragian. Lebah pekerja mengunyha sambil menambah diastase dan invertase, bahan tadi di proses menjadi madu. Demikian pula dengan sukrosa pada nektar, akan diubah menjadi glukosa dan fruktosa dalam bentuk monosakarida yang mudah dicerna oleh tubuh. Proses pematangan alami di sarang inilah yang akan menentukan kualitas madu, sedangkan jenis bunga asal nektar akan menentukan jenis madu dan rasanya.

1 Like