Bagaimana cara kita untuk membranding sebuah produk yang kita miliki?

download (4)
Sumber foto
Membranding sebuah produk merupakan suatu keharusan untuk para pengusaha, agar produk mereka dapat dikenal oleh masyarakat. Bagaimana sih, cara kita untuk membranding sebuah prduk agar dapat dikenal masyarakat?

Pengertian Branding

Istilah merek pertama kali digunakan oleh Inggris pada abad ke-19 sebagai bentuk penandaan ternak dan budak dengan mencap mereka dengan besi panas.
Saat itu mereka menyebutnya dengan kata burn. Kemudian kata merek mulai banyak digunakan oleh orang Jerman, dengan arti yang sama, yaitu untuk menandai sesuatu dengan cap besi panas, brennen.
Merek sendiri saat ini didefinisikan sebagai identifikasi diri yang membedakan orang, produk, dan tempat. Branding merupakan aktivitas komunikasi yang dapat memperkuat dan mempertahankan brand agar dapat dilihat oleh orang lain.

Menurut Kotler (2009), merek adalah nama, istilah, logo, simbol, desain, atau kombinasi dari semuanya, yang dirancang untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Branding bukan sekedar kegiatan biasa. Ini juga merupakan sarana untuk meningkatkan citra keseluruhan produk dan perusahaan. Bagaimana membuat orang berpikir bahwa mereka adalah yang terbaik. tidak ada yang lain. Secara keseluruhan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan segala sesuatu untuk meningkatkan karakter, citra, dan kesan perusahaan atau produk. Tujuannya adalah untuk dikenal dan mendapatkan posisi terbaik di masyarakat.

Tujuan dari Branding

Untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Jika promosi merek dilakukan dengan benar dan cepat, akan banyak manfaat yang didapat. Apalagi di zaman sekarang ini, orang bisa memilih mana yang baik dan mana yang tidak. Sehingga persaingan antar pelaku usaha semakin ketat, sehingga produknya mendapat tempat di hati masyarakat. Apalagi di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini:

• Sebagai faktor pembeda, perusahaan dengan merek yang kuat akan mudah dibedakan dari pesaing.

• Promosi dan daya tarik Jika Anda memiliki merek yang kuat, maka promosi akan lebih mudah. Pelanggan cenderung memilih merek yang kuat dan setia pada merek yang sama.

• Bangun citra, kepercayaan diri, jaminan kualitas dan prestise, beberapa di antaranya akan membuat bisnis Anda berkesan.

• Kontrol pasar: Merek yang kuat dapat mengendalikan pasar karena orang mengetahuinya.

Tujuan dari merek itu sendiri adalah untuk membentuk persepsi masyarakat, membangun kepercayaan masyarakat terhadap merek, dan membangun kecintaan masyarakat terhadap merek. Tujuan dari merek ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Brand yang kuat akan membuat pelanggan semakin mempercayai produk Anda dan semakin loyal kepada perusahaan Anda.

Manfaat dari Branding

Seperti disebutkan di atas, merek sangat penting bagi perusahaan, terutama di era ini. Salah satu alasannya adalah karena perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan.

  • Daya tarik untuk diri sendiri

Promosi merek yang tepat dengan menunjukkan citra dan kesan yang baik. Dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli.

  • Membedakan satu produk dari yang lain

Seperti yang disebutkan di atas. Keunikan yang dimiliki dapat menjadi pembeda antara satu produk dengan produk lainnya.

  • Menangkan loyalitas pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Jadi tidak akan pindah kemana-mana, dan kapasitas produksi akan tetap stabil.

  • Dapatkan harga tinggi

Semakin besar permintaan terhadap produk tersebut, maka semakin besar pula peluang bagi perusahaan untuk menaikkan harga jualnya. Hal ini tentu tidak menjadi masalah, karena dipercaya oleh masyarakat.

  • Peluang untuk diferensiasi produk

Ini memberikan kesempatan untuk menggunakan merek yang sama untuk menghasilkan produk yang berbeda. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk promosi.

Cara membrading sebuah produk

Branding tidak semudah yang dibayangkan. Ini membutuhkan waktu yang lama. Jadi kita perlu strategi cepat untuk berhasil. Anda dapat mempromosikan merek Anda dengan cara berikut:

  1. Pilih nama merek yang pendek dan mudah dibaca

Cara terpenting yang dapat Anda persiapkan untuk branding adalah memilih nama merek yang singkat dan mudah diucapkan. Menentukan nama merek memang tidak mudah, Anda bisa mengumpulkan dan menuliskan ide nama merek yang Anda inginkan terlebih dahulu. Pastikan konsep nama merek tidak melebihi tiga konsonan/suku kata, artinya memilih nama yang tidak terlalu panjang. Nama yang singkat dan jelas akan memudahkan konsumen untuk mengucapkan dan mengingatnya. Setelah Anda memiliki nama merek, pastikan tidak ada orang lain yang menggunakan nama merek yang sama dengan Anda melalui mesin pencari.

  1. Menentukan diferensiasi produk (fitur)

Jika Anda ingin sukses dalam karir Anda, jadilah pengusaha yang berbeda. Perbedaan ini berarti produk Anda memiliki karakteristik yang mudah diingat oleh konsumen. Ini bukan hanya perbedaan nama merek, tetapi rasa dan kualitas produk yang Anda berikan. Metode branding ini mungkin tampak mudah, tetapi sebenarnya sulit. Menentukan taktilitas yang berbeda dari merek pesaing dan produk sejenis tentu membutuhkan kreativitas dan ketelitian. Namun, perbedaan/perbedaan antara produk Anda dan produk pesaing adalah fitur yang akan diingat dan dicari konsumen.

  1. Brand dan logo image dari perusahaan.

Rancang logo yang memiliki arti/latar belakang yang mirip dengan jenis produk Anda. Dengan menyisipkan nama/singkatan merek pada logo akan menambah daya tarik produk Anda. Misalnya, jika Anda memilih bisnis bakery/memasak, maka desain logo dan brand yang cocok untuk dunia kuliner.

  1. Memasang iklan

Iklan komersial produk tidak hanya dipasang di baliho besar atau spanduk di pinggir jalan, karena iklan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saat ini, para pebisnis dapat menggunakan periklanan digital, terlepas dari industrinya, dan inilah tren bisnis saat ini.

Dengan menggunakan layanan periklanan digital, Anda dapat meminimalkan biaya pemasaran. Anda dapat menggunakan iklan digital melalui iklan bergambar, pemasaran mesin pencari (SEM), dll. Ketika cara branding ini dikaitkan dengan penggunaan internet oleh manusia untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan, itu dianggap lebih efektif.

  1. Ikut pameran atau bazar

Salah satu peluang untuk memperkenalkan produk Anda, kepada masyarakat adalah dengan mengikuti event-event komersial seperti pameran atau pekan raya. Pilih booth atau lokasi yang strategis agar pengunjung bisa datang berkunjung dan membeli produk Anda. Pasang booth yang menarik pelanggan, jika di both kalian ramai.

  1. Memanfaatkan media sosial.

Zaman sekarang, media sosial sudah menjadi darah daging bagi masyarakat. Makanya, perusahaan harus bisa memanfaatkan media sosial untuk membrandingkan produknya. Beberapa media sosial yang sedang ramai dan bisa dijadikan sebagai bahan branding suatu produk yaitu, Instagram, twitter, youtube, facebook, dan TikTok. Pengusaha bisa menggunakan jasa para influencer yang ada pada media sosial tersebut untuk mempromosikan produk/jasanya. Dengan begitu, produk yang kalian miliki akan dikenal dikalangan follower’s influencer tersebut.

Ini adalah penjelasan tentang merek, dan kemudian Anda dapat memberi merek produk dan bisnis Anda. Jadikan kinerja bisnis Anda terus berkembang. Beberapa perusahaan bersedia membangun merek perusahaan mereka selama bertahun-tahun. Tentu saja, promosi merek perusahaan ini menghabiskan banyak uang. Brand building perusahaan juga perlu diteliti agar perusahaan tidak salah sasaran karena merek yang diinginkan.

Referensi
6 Cara Branding yang Menarik dan Cepat Diingat Konsumen | Dreambox
Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Branding – Business Creation
file:///C:/Users/Muhamad%20Ilham/Downloads/4864-14718-1-PB.pdf
Apa Itu Branding, Tujuan, Manfaat dan Strateginya Dalam Bisnis - Qwords
Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Perbedaanya dengan Marketing
https://www.jurnal.id/id/blog/unsur-jenis-tujuan-dan-manfaat-branding/