Bagaimana cara kita menumbuhkan jiwa persatuan dalam Bangsa Indonesia, sedangkan Indonesia terdiri dari berbagai Pulau, Ras, Agama, dls?

Indonesia terkenal akan keberagamannya. Perbedaan agama, ras, suku dan lain sebagainya menjadikan tantangan terbesar untuk mewujudkan persatuan Indonesia. Apalagi jaman sekarang yang marak akan kasus rasisme.

Cara menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan di Indonesia bisa dimulai dari lingkup yang terkecil. Misalnya menghargai dan menghormati apa yang diyakini orang terdekat. Jika dari lingkup yang kecil saja sudah bisa menerapkan toleransi, pada lingkup yang lebih luas pun juga tidak akan kesusahan.

Lalu, kita harus mengerti bahwa bangsa Indonesia ini bangsa yang majemuk. Kita sebagai bagian dari bangsa ini bertugas bersama-sama menjadikannya sebagai bangsa yang multikultural. Multikultural adalah suatu kondisi masyarakat majemuk yang telah tercapai sebuah keteraturan dan keharmonisan dalam masyarakat. Untuk itu, jangan sekali-kali sampai merendahkan orang yang berbeda dengan kita, baik itu etnis, bahasa, agama, hingga golongan politik. Semuanya mempunyai keunikan masing-masing yang memperkuat bangsa.