Bagaimana cara kita mengatur waktu dan menjaga kesehatan kita, padahal kita banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan?


(Muhamad Adeseno Marantisa) #1

Kegiatan yang kita jalani atau yang kita lakukan tentunya sangatlah banyak dan menjadi rutinitas. Kegiatan tersebut pasti menghabiskan waktu kita dan yang terutama menghabiskan tenaga kita. Apabila kita terlalu memporsir kegiatan kita makan kita akan kelelahan. Kelalahan bisa mengakibatkan kesehatan kita menurun dan ujung-ujungnya sakit. Nah, bagaimana kita mensiasati atau menjaga kesehatan kita supaya tidak kelelahan dikala banyaknya aktivitas. Apakah dengan meminum obat untuk daya tahan tubuh. Apakah ada cara atau tips yang lain?


(BN Prasetiyani) #2

Meminum obat/suplemen boleh saja untuk menjaga esehatan, tetapi faktor penting dalam kasus tersebut adalah kebugaran jasmani.
Kebugaran adalah keadaan tubuh seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas setiap hari tanpa mengalami kelemahan yang berarti.
Cara melatih kebugaran jasmani adalah dengan sering melatih diri kita menggerakkan anggota tubuh dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani.
Manfaat yang diperoleh dari melalukan latihan tsb yaitu:
-Meningkatkan produktivitas kerja
-Mencegah cidera selama melakukan kegiatan fisik yang berat.
-Meningkatkan ketrampilan, kuat dan efisien dalam gerakannya.
-Meningkatkan kemampuan sistim sirkulasi dan kerja jantung.
Contoh latihan kebugaran yaitu push up, sit up, back lift, jogging, aerobik, lari sprint, bersepeda, berenang, dll.
Jika dilakukan dalam waktu yang rutin, maka tubuh akan menjadi bugar dan kita akan terbiasa melakukan pekerjaan yang menguras tenaga, sehingga kita tidak mudah mengalami kelelahan.

sumber : penjassmabali.wordpress.com


(Julia ferlin) #3

Sepertinya anda seseorang yang sangat sibuk, semoga beberapa tips dari saya dapat membantu masalah anda. Meminum suplemen memang dapat membantu kita dalam peningkatan daya tahan tubuh agar tidak kelelahan. Namun, suplemen juga mengandung beberapa bahan kimia yang pastinya akan berdampak jika kita konsumsi dalam jangka panjang.Menurut https://dianfm.wordpress.com/dampak-makanan-minuman-suplemen-bagi-kesehatan-2/

Suplemen adalah kombinasi dari dua atau lebih vitamin dan zat berkhasiat sesuai dengan efek terapeutik yang diinginkan. Suplemen bisa berupa gabungan dari berbagai macam vitamin ataupun zat lain ( non vitamin ) seperti asam amino maupun sediaan herbal yang memiliki khasiat terapeutik yang sudah dibuktikan khasiat dan kegunaanya.

Jenis suplemen tunggal bisa terdiri dari kalsium, zinc, vitamin, asam folat, dan lain – lain. Suplemen kombinasi bisa terdiri dari multi vitamin atau obat – obatan.

  1. Beberapa penelitian terbaru tentang suplemen :

Ø Konsumsi berlebihan suplemen antioksidan seperti vitamin A, E dan betakaroten justru meningkatkan resiko kematian.

Ø Cara terbaik mendapat antioksidan untuk kesehatan kulit adalah lewat asupan vitamin dan minyak dari makanan bukan dari suplemen.

Ø Suplemen vitamin D berlebihan justru berbahaya bagi ginjal dan hati.

Ø Mengkonsumsi suplemen berupa minuman berenergi dapat meningkatkan tekanan darah.

Ø Suplemen herbal dan natural pengganti Viagra yang diklaim lebih aman juga mengandung bahaya, seperti meningkatkan tekanan darah, bahkan mengakibatkan stroke.

Ø Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C akan mengganggu penyerapan tembaga, yang meskipun dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil, namun penting mengatur susunan kimia dan kinerja tubuh.

Ø Terlalu banyak suplemen mengandung fosfor akan menghambat penyerapan kalsium.

Ø Kelebihan vitamin A, D, K dan zat besi yang tidak dapat dibuang tubuh berbalik menjadi racun.

Darri artikel diatas dapat dilihat jika kita menkonsumsi suplemen sebagai suatu rutinitas akan berdampak buruk. Alangkah lebih baik jika kita menjaga pola makan dan kesehatan kita.
Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melihat skala prioritas dari kegiatan yang anda lakukan. Anda harus bijak memilih kegiatan yang anda harus lakukan atau hal yang anda tidak perlu lakukan. Atau, anda melakukan list kegiatan, sehingga dapat mengatur kegiatan mana yang harus dikerjakan dulu dan yang mana yang dapat ditunda.
Selain hal itu, tetap lah disiplin pada pola makan anda, karena makan tidak memakan banyak waktu yang dapat mengganggu kegiatan anda segingga sebisa mungkin anda harus tetap makan tepat waktu. Tidur cukup juga sangat perlu, tidur yang cukup memiliki banyak manfaat.

Baca manfaat cukup tidur disini http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-tidur-cukup-setiap-malam.html

Selain itu, selalu sempatkan diri anda untuk berolahraga, karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang menyebabkan anda tidak mudah lelah, dan metabolisme tubuh lancar.
Sekian beberapa tips yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu.


(Ade Listiawan) #4

Saya akan menjelaskan secara singkat,

  1. Atur jadwalmu, minimal jadwal tersebut seperti rundown selama satu minggu.

  2. Atur Prioritasmu terhadap jadwal yang ada. Prioritas terbagi menjadi 4. Yang pertama prioritas mendadak dan penting, yang kedua prioritas tidak mendadak dan penting, prioritas ketiga mendadak dan tidak penting dan yang terakhir prioritas tidak mendadak dan tidak penting

  3. Atur pola makan dan makan makanan kesehatan

  4. Atur pola istirahat

  5. Minum suplemen tambahan untuk energi, stamina dan kekebalan tubuh namun jangan sering menggunakannya