Bagaimana cara kerja SIRI?

Banyak pengguna gadget saat ini yang menggunakan fitur SIRI yang ada di Iphone, dengan adanya teknologi tersebut menimbulkan pertanyaan yaitu Bagaimana cara kerja SIRI?

Siri adalah sebuah asisten virtual dengan antarmuka bahasa alami yang dikendalikan dengan suara dan menggunakan inferensi sekuensial serta kesadaran kontekstual dalam membantu melakukan tugas pribadi bagi penggunannya.

Dalam kehidupan sehari-hari Siri sangat membantu penggunanya dalam beraktifitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Seperti penggunaan Siri untuk membuka aplikasi, mengatur alarm, sebagai pencarian sesuatu, memutar musik maupun video, dan lain-lain.

Bagaimana cara kerja Siri tersebut :

  1. Mengkonversi
    Pada saat pengguna membuka Siri dan mulai mengucapkan sesuatu, Siri akan menerima suara pengguna tadi yang kemudian suara tersebut akan dikonversikan menjadi bentuk teks digital.

  2. Pengecekan
    Ucapan pengguna tadi akan dievaluasi secara lokal pada perangkat pengguna. Pengenal yang telah terinstal pada gadget akan berkomunikasi dengan server cloud untuk mengukur/mengecek apakah perintah/ucapan tersebut dapat ditangani.

  3. Keputusan
    Jika ucapan dapat ditangani pada data pengenal yang telah terinstal pada gadget maka Siri akan menjalankan keputusan tanpa harus mencarinya pada server cloud. Apabila ucapan tidak dapat ditangani pada data pengenal di gadget maka Siri akan melakukan pencarian pada server cloud agar dapat mengenali apa yang di maksud oleh pengguna

  4. Solusi
    Setelah Siri mendapatkan jawaban atas ucapan penggunanya Siri akan melakukan hal yang si pengguna maksud, seperti contoh memutar lagu maka Siri akan membuka aplikasi musik dan memutarkannya sesuai dengan judul yang telah diucapkan oleh si pengguna.

SUMBER :

Ingin merasakan kecanggihan teknologi terkini? coba berkenalan dengan SIRI. Sangat tenar saat pertama kali di di perkenalkan. Meski saat ini terlihat biasa karena sudah banyak aplikasi dari pabrikan lain (selain apple) yang turut membuatnya, namun keinginan untuk mengenalnya sangat besar.

Siri adalah asisten pribadi pintar yang menolong Anda menyelesaikan segala sesuatu cukup dengan meminta. Siri memungkinkan Anda menggunakan suara Anda untuk mengirim pesan, jadwal pertemuan, melakukan panggilan telepon, dan lainnya. Tetapi Siri tidak seperti perangkat lunak pengenalan suara konvensional yang mengharuskan Anda untuk mengingat kata kunci dan menyebutkan perintah tertentu. Siri mengerti suara natural Anda.

Aplikasi ini bekerja berdasarkan perintah suara yang diterimanya. Misalkan, ketika ada sebuah SMS masuk ke iPhone 4S, kita bisa memerintahkan Siri untuk membaca SMS tersebut, dan bahkan kemudian kita bisa memerintah Siri untuk membalas SMS tersebut, dengan kata-kata yang kita ucapkan. Dengan demikian, kitapun tidak harus selalu melihat layar iPhone untuk membaca dan kemudian membalas SMS, karena sudan ada asisten pribadi digital andalan iPhone bernama Siri.

Berikut adalah salah satu cara kerja siri pada Iphone 4s :

  • Data audio yang dikirimkan ke server Siri adalah data audio mentah. Data ini dikompresi dengan codec Speex, yang memang dirancang untuk komunikasi lewat internet (VoIP).

  • Setiap iPhone 4S memiliki nomor identifikasi khas. Nomor ini senantiasa digunakan sepanjang komunikasi dengan Siri untuk memastikan bahwa yang mengaksesnya memang iPhone 4S. Applidium menyediakan tools untuk mengekstrak nomor ini dari perangkat iPhone 4S.

  • Selama menggunakan Siri, ada banyak sekali komunikasi antara iPhone 4S dengan server Apple. Termasuk, misalnya, data mengenai seberapa cepat pengguna mengetikkan perintah dan kapan setiap kata diketikkan saat mengakses Siri dengan text-to-speech.

SUMBER :wink:

.