Bagaimana cara kerja setrika merapikan baju?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2013/05/iron-tee.jpg

Kalau sedang menyetrika tentunya kita harus mengatur suhunya sesuai dengan jenis kain yang disetrika supaya bisa cepat rapi. Sebenarnya bagaimana cara kerja setrika sampai bisa merapikan baju kusut?

Serat-serat kain terikat dalam sebuah ikatan kimia. Setiap helai ikatan serat kain ini secara alami mengerut sehingga membuat kain tampak tertekuk. Ikatan kimia ini bisa dilemahkan oleh panas, jadi saat ada besi setrika panas diletakkan pada permukaannya akan membuat setiap hubungan silang antar serat kain mengendur sehingga dengan bantuan tekanan berat setrika, kain akan menjadi datar dan rapi.

Ketika panas dihentikan, serat kain akan membentuk suatu ikatan dalam posisinya yang baru yaitu dalam posisi kain yang telah ditekan dengan setrika. Berbeda dengan apabila hanya menggunakan tekanan tanpa adanya panas maka setrika akan sulit melicinkan baju. Ikatan polimer antar serat kain tidak bisa teruraikan karena tidak ada panas dan hanya mengandalkan tekanan berat setrika saja sehingga butuh waktu lama bagi setrika untuk membuat baju jadi rapi.

Sumber:
sains.me