Bagaimana cara kerja peralatan masak anti lengket?

cara kerja peralatan masak anti lengket

Beruntunglah saat ini banyak peralatan masak yang anti lengket. Masak apa pun tidak akan lengket pada wajan atau panci. Memasak jadi lebih mudah. Tapi, bagaimana bisa peralatan tersebut tidak lengket?

Secara kimiawi, semua bahan yang lengket ke bahan lain dikarenakan adanya tarik-menarik antar molekul kedua bahan tersebut. Kelengketan juga dipengaruhi oleh faktor mekanis. Selain adanya tarik-menarik molekul (yang sebenarnya tidak besar), beberapa bahan makanan akan cenderung mengerut saat dipanaskan. Saat mengerut inilah bahan makanan akan mencengkeram permukaan dari alat masak yang memang tidak halus. Inilah yang memperparah kelengketan suatu bahan masakan. Contoh bahan makanan yang mudah lengket secara mekanis ini adalah telur.

Peralatan masak tersebut dilapisi dengan suatu bahan tertentu yang bernama politetrafluoroetilena (PTFE). Kita biasa mengenalnya dengan nama teflon. Bahan ini memiliki keunikan yaitu akan menolak molekul apapun yang dimilikinya. Bagaimana ini bisa terjadi? Singkatnya, atom fluor adalah salah satu atom yang tidak suka bereaksi dengan molekul lain jika sudah membentuk ikatan dengan atom karbon.

Dan pada bahan PTFE ini, atom flour terikat dengan atom karbon. Akibatnya, bahan ini sangat sulit menarik molekul apapun. Permukaan lapisan ini juga dibuat sangat halus sehingga mengurangi kelengketan bahan makanan akibat cengkeraman saat mengerut. Jadilah sebuah lapisan yang membuat berbagai macam peralatan masak menjadi anti lengket.

Sumber: