Bagaimana Cara Kerja Panci Presto?

Kamu suka makan ikan duri lunak, ayam tulang lunak, atau daging yang sangat empuk?

Panci presto dibuat sedemikian sehingga benar-benar rapat saat ditutup, sehingga tidak ada uap air yang dapat keluar. Akibatnya, sangat banyak uap air yang terperangkap. Uap tersebut merupakan penghantar energi panas yang baik ke dalam makanan sehinga dapat membantu mematangkan makanan sampai ke bagian dalamnya.

Akibat lain dari mengumpulnya uap air tersebut adalah tekanan yang cukup tinggi. Dikarenakan banyaknya uap yang terperangkap, tekanan udara di dalamnya menjadi lebih tinggi. Jika pada panci biasa kenaikan tekanan ini tidak berpengaruh secara signifikan, pada panci presto ini kenaikan tekanan cukup berpengaruh secara signifikan terhadap suhu makanan di dalam panci tersebut. Suhu makanan di dalam panci presto akan cepat naik sehingga makanannya pun menjadi lebih cepat matang dan empuk.

Salah satu keuntungan memasak menggunakan presto selain waktu memasaknya lebih cepat adalah sedikitnya kandungan gizi yang terbuang. Hal ini dikarenakan waktu memasaknya yang cepat dan uap air yang menjadi medium hilangnya gizi makanan tersebut tidak dapat keluar dari panci, sehingga kandungan gizinya tetap berada di situ.

Sumber: