Bagaimana Cara Kerja Internet of Thing (IoT)?

Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer, nah bagaimana cara kerja IoT?

image

Internet of Thing

adalah konsep dasar yang menghubungkan beberapa perangkat apapun yang dapat kita ketahui datanya. Seperti kulkas, TV, mesin cuci, lampu, smartphone, dan mobil. Pada dasarnya, jika kita memiliki suatu peralatan / perangkat yang mempunyai saklar on dan off, alat tersebut mempunyai kesempatan untuk digunakan sebagai Internet of Thing.

Bagaimana cara kerja Internet of Thing ?

  1. Sebagai contoh, suatu ketika kita pernah lupa terhadap sesuatu yang sangat penting. Seperti lupa untuk mengunci pintu rumah kita, akan tetapi kita sedang berada di luar rumah kita.

  2. Sehingga ada beberapa logika yang digunakan tergantung dari masalah yang ada, dalam kasus ini kita ambil bagaimana logika dari IoT untuk mengunci pintu

  3. Kita mengirim pesan melalui smartphone

  4. pesan diterima oleh perangkat IoT

  5. perangkat IoT memberikan perintah untuk modul selonoid doorlock/servo

  6. untuk melakukan penguncian sehingga pintu bisa terkunci.

  7. Setelah pintu tadi terkunci maka data akan terkirim secara online sehingga si pengguna mobil tadi bisa mengecek ulang apakah mobil tersebut telah terkunci.

Sehingga dengan adanya bantuan Internet of Thing dapat mempermudah kita untuk melakukan pengecekan sehingga apa saja yang menurut kita penting akan tercatat bagaimana kondisinya.

SUMBER :

Cara Kerja Internet of Thing (IoT)

Internet of Things atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.
Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.

Definisi alternatif :

  • Casagras (Coordination and support action for global RFID-related activities and standardisation) mendefinisakan Internet of Things, sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur terdiri dari jaringan yang telah ada dan internet berikut pengembangan jaringannya. Semua ini akan menawarkan identifikasi obyek, sensor dan kemampuan koneksi sebagai dasar untuk pengembangan layanan dan aplikasi ko-operatif yang independen. Ia juga ditandai dengan tingkat otonom data capture yang tinggi, event transfer, konektivitas jaringan dan interoperabilitas.

  • SAP (Systeme, Anwendungen und Produkte) mendefinisikannya sbb: Dunia di mana benda-benda fisik diintegrasikan ke dalam jaringan informasi secara berkesinambungan, dan di mana benda-benda fisik tersebut berperan aktif dalam proses bisnis. Layanan yang tersedia berinteraksi dengan ‘obyek pintar’ melalui Internet, mencari dan mengubah status mereka sesuai dengan setiap informasi yang dikaitkan, disamping memperhatikan masalah privasi dan keamanan.

Cara Kerja Internet of Things adalah sebagai berikut :

Cara Kerja Internet of Things yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun.

Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

Tantangan terbesar dalam mengkonfigurasi Internet of Things ialah menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana jaringan tersebut sangatlah kompleks, dan memerlukan sistem keamanan yang ketat. Selain itu biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang berujung pada gagalnya produksi.

SUMBER :