© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana Cara Kerja Google dan Mesin Pencari Lainnya?

Mesin pencari di internet sangat membantu kita selama ini. Namun tak banyak yang tahu bagaimana para mesin pencari ini bekerja.

Search engine atau mesin pencari ini seolah tahu segala hal. Apapun yang kita tanyakan, mereka tahu jawabannya. Mereka tahu tempat di mana kita akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kita. Meskipun terlihat sederhana, namun proses yang dikerjakan si mesin pencari ini sangat rumit dan panjang. Secara garis besar dibagi menjadi tiga tahapan proses: crawling, indexing, dan menampilkan hasil pencarian.

  1. Crawling

Crawling bisa juga diartikan sebagai pengumpulan atau penjelajahan. Mesin pencari seperti Google memiliki sebuah sistem yang berfungsi mengunjungi semua situs web di dunia, Google sendiri menamakan mesin crawler-nya sebagai Spider. Caranya, pertama ia akan mengunjungi sebuah situs, kemudian mencari hyperlink, atau link, atau tautan yang ada di dalam halaman situs tersebut. Spider milik Google akan mengikuti link tersebut. Ia akan mengunjungi laman ke mana link tersebut menuju. Begitu seterusnya. Sehingga semua halaman web akan terjelajahi.

Dari hasil penjelajahan ini Spider milik Google akan mencatat segala informasi yang ditemukan dari setiap web. Alamat URL, judul halaman, isi artikel yang ada, nama penulis, semua link atau tautan yang ada di satu halaman, dan lain-lain. Nah, informasi ini dicatat di sebuah database atau basis data raksasa yang dimiliki Google. Proses ini dinamakan indexing.

  1. Indexing

Data yang berhasil dikumpulkan oleh crawler disimpan di sebuah database atau basis data raksasa. Bayangkan saja, basis data ini harus menampung segala informasi tentang semua situs web yang dikunjungi oleh crawler. Itu berarti semua situs web di dunia. Ibarat membuat daftar isi dari sebuah buku, aktivitas indexing juga merangkumkan informasi. Jika kita mencari sebuah kata, atau kalimat, maka Google tahu halaman web mana saja yang memuat kata tersebut. Google mencatat semuanya, atau dengan kata lain, google meng-index segala informasi tersebut.

  1. Menampilkan Hasil

Ini bagian yang paling penting, karena biasa kita alami. Hampir setiap hari. Apabila kita mengetikkan sebuah kata, atau kalimat, seperti contohnya, “penemu bola lampu”, maka Google akan langsung mencari di mesin index-nya. Dia akan mengumpulkan daftar halaman web yang mengandung kata-kata yang kamu cari. Google juga memiliki sebuah algoritma yang fungsinya memberikan peringkat dari halaman-halaman web yang di-index olehnya. Dia akan menampilkan situs-situs yang terpercaya dan yang memiliki informasi paling dekat dengan yang kamu butuhkan. Tentu saja Google tahu. Ia melayani milyaran pencarian dalam satu hari. Ia tahu, informasi seperti apa yang diinginkan oleh para penggunanya.

Sumber: