Bagaimana cara kerja Cermin Dua Arah?

cermin

Seringkali kita melihat di film-film khususnya pada adegan interogasi ada dua ruangan yang dibatasi oleh sebuah kaca, namun kaca tersebut hanya tembus pandang dari satu sisi saja. Bagaimana cara kerjanya?

Kaca tersebut dinamakan cermin dua arah. Apa rahasianya? Rahasianya adalah salah satu sisi kaca ditutupi dengan lapisan reflektif yang sangat tipis, disebut dengan lapisan setengah perak.

Lapisan tersebut membuat setengah dari cahaya yang datang ke cermin dua arah terpantul dan hanya meloloskan setengah dari cahaya yang datang sehingga tampak memantul. Ketika di tempatkan diantara dua ruangan, cermin dua arah hanya dapat digunakan dalam kondisi tertentu, yaitu satu ruangan harus memiliki cahaya yang menyala terang dan ruangan lain harus dalam kondisi gelap. Hal ini dilakukan untuk memberikan tampilan cermin normal pada cermin di ruangan yang terang.

Pada ruangan yang gelap akan dapat melihat tembus pandang dan melihat ruang lain secara sempurna karena tetap ada cahaya yang diteruskan oleh lapisan setengah perak dari ruangan yang terang. Efek cermin dua arah akan hancur apabila kedua ruangan dalam kondisi terang karena permukaan kedua sisi cermin akan meneruskan cahaya, walaupun kecil, ke ruangan lain sehingga dapat terlihat tembus pandang dari kedua sisi.

Sumber:
sains.me