Bagaimana cara kamu mengembalikan semangat hidup?

depress

  Setiap dari kita pasti memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan selama menjalani hidup. Entah itu karena direndahkan oleh orang lain, kehilangan pekerjaan, atau ditinggal oleh orang tersayang. Tak jarang hal itu semua berdampak secara langsung pada diri kita di dalam kehidupan. Salah satu contoh kehilangan semangat hidup yang mungkin kita alami sehari-hari misalnya, baru saja putus cinta karena diputusin sama gebetan. Selayaknya orang patah hati, kita yang mengalami hal tersebut pun merasa galau. Akibatnya, kita jadi merasa kehilangan semangat dalam menjalani hidup, karena seakan sumber semangat kita telah menghilang. Kita cenderung malas melakukan aktivitas dan lebih senang menyendiri. Patah hati yang kita rasakan juga bisa berdampak pada perilaku yang merugikan diri sendiri maupun orang sekitar. Kemungkinan yang terparah ialah timbulnya depresi bahkan keinginan untuk bunuh diri.

  Nah menurut youdics, bagaimana sih cara kalian mengembalikan semangat hidup?
1 Like

masnya kehilangan semangat hidup ya? jangan khawatir, saya kasih solusinya:

  1. Cerita kepada orang yang tepat tentang masalah yang dialami
    Jika kamu mengambil sikap untuk lari dari masalah, dan tentu hal itu buat kamu menjadi tidak semangat. Coba kamu pahami sebentar, semua masalah yang terjadi dalam hidup akan selalu ada solusinya. Oleh sebab itu, penting untuk kamu cerita kepada orang yang tepat apa yang menjadi masalahmu. Dengan cerita, kamu menjadi lebih kuat dan mendapat solusi terbaik. Jangan pendam sendiri masalah kamu, segera bangkit dan kembali semangat.
  2. Ingat kembali tujuan hidupmu
    Kamu dapat kembali semangat hidup apabila kamu memiliki tujuan hidup. Banyak hal yang masih harus kamu capai dan jangan buat semuanya menjadi sia-sia. Masih ada orangtua dan sahabat yang harus kamu buat mereka bangga dan bahagia. Dengan ingat kembali tujuan hidup kamu, pasti semangat dalam diri akan tumbuh kembali.
  3. Motivasi itu penting
    Agar hidup kamu menjadi lebih bersemangat, kamu perlu sebuah motivasi hidup. Kamu bisa mendapatkan motivasi dari buku dan film yang inspiratif, pacar, atau teman. Sehingga kamu tidak merasa sendiri saat menghadapi masalah hidup. Kamu punya penyemangat, karena kamu selalu mengingat motivasi tersebut. Jangan kalah dengan masalah yang ada, karena kamu sebenarnya mampu untuk mengatasinya. Kamu butuh sedikit motivasi dan pasti kamu akan kembali semangat.
  4. Berlibur
    Pergi berlibur sendiri menjadi salah satu solusi terbaik, agar semangat hidup kamu kembali. Coba tinggalkan sejenak rutinitas yang kamu lakukan setiap hari. Dengan pergi liburan kamu mendapat suasana yang baru. Dan kamu juga menjadi tahu, bahwa hidup ini sangat berarti. Tanpa sadar, kamu akan kembali tersenyum dan menyesal karena sudah menghabiskan waktu dengan bersedih. Tidak salah menghibur diri sendiri, dengan pergi liburan ke tempat yang kamu suka atau melakukan hal yang membuat santai.
src

(idntimes.com)

Setiap orang pasti pernah sekali mengalami titik terendah dalam hidupnya, setelah mengalami hal tersebut kita serasa kehilangan semangat untuk bisa beraktivitas seperti biasa, hingga seperti rasanya pengen hilang aja dari dunia ini.

Hidup memang gak selamanya baik baik saja , mungkin cara saya untuk kembali meningkatkan semangat untuk hidup adalah menceritakan masalah ke teman terdekat yang bisa membuat lega, selain itu yang terpenting adalah mengingat kembali tujuan hidup yang udah saya susun hal tersebut efektif untuk membuat saya lebih bersemangat dan memperjuangkan tujuan hidup saya, selain itu motivasi juga tidak kalah pentingnya apa yg menggerakan hati saya untuk bisa kembali bersemangat bisa inget ke orangtua atau mungkin tujuan masa depan

Setiap orang pasti pernah berada di fase “lelah” untuk menjalani hidup. Entah karna terlalu banyak penolakan akan dirinya, masalah keluarga, masalah pertemanan, karir, kesehatan, dll. Dalam mengahadapi masalah, jangan merasa sendirian, kita semua saling menguatkan dan menjalani ritangan masing masing. Jika memang ingin mencurahkan semua masalah, kita bisa curhat ke orang terdekat. Biasanya, untuk mengembalikan semanagat hidup, aku memperbaiki mood terlebih dahulu. Kemudian jika mood udah membaik, aku coba refleksi diri, dan menata kembali goals yang ingin aku capai. Anggap saja, kita sedang menjalani “ujian”, yang harus bisa dilewati agar dapat lolos ke next level kehidupan kita.

  1. Cari bantuan yang dimaksud itu, bisa pergi ke psikolog, atau minimal punya teman. Keadaan kaya gini sering sih dialami orang-orang, dan kalau tandanya sudah malas melakukan aktivitas dan tidak semangat, kayanya kamu beneran butuh bantuan. Basi emang kalau disaranin buat cerita ke orang lain, udah tau lagi gak semangat, lagi gka mau ketemu orang malah disuruh cerita. Tapi coba deh cerita secara anonim, orang lain yang gak tahu kamu secara langsung, mungkin sedikit bisa melepas keresahan.
    Berdasarkan pengalaman yah, aku ikut konseling secara online dengan psikolog. Bisa cerita semuanya tanpa malu karena gak ketemu dan kenal langsung, terus dapet saran dari profesional lagi. Tapi kalau sudah parah lebih baik secara langsung.

  2. Satu lagi buat mengembalikan semngat hidup, yaitu cari kesukaan baru yang bikin bucin, bisa hobby, pasangan, atau apa kek. Sumpah ampuh. Aku dapet kesukaan baru lewat kpop grup, tiba-tiba ngerasa semuanya hidup dan seneng lagi. Hebat sih menurutku, aku juga ga nyangka. Aku seenggaknya ada kegiatan yang bikin seneng dan ngerasa gak sendirian, terus lama-lama bisa ngelanjutin kegiatan normal sebelumnya. Saran ini cocok banget apalagi buat kamu yang habis putus cinta, sudah terbukti temanku yang habis putus tapi gak sedih soalnya ada Taehyung.

Jika membahas persoalan hidup pasti tidak selamanya baik-baik saja, kita mengerti bahwa masalah akan tetap ada. Terkadang kita ssampai pada tahap kehilangan semangat hidup, karena mungkin kita sedang punya masalah terberat yang tidak dapat kita atasi. Dan kita sering kita mengambil sikap untuk lari dari masalah, dan tentu hal itu buat kita menjadi tidak semangat.

Ketika itu sudah terjadi cobalah untuk beristirahat, pahami sebentar masalah yang terjadi dalam hidup dan percaya akan selalu ada solusi disetiap permasalahan. Dan cara yang terpenting yang dapat mengembalikan semangat hidup versi aku yaitu dengan, melakukan me time dengan cara flashback, mengingat kembali kebaikan orang lain terhadap kehidupan kita. dengan begitu kita merasa bahwa masih banyak orang yang peduli dan memperhatikan, bahkan pada situasi yang sulit. Mengingat kembali proses atau masa-masa sulit yang sudah berhasil dilewati, mengingat tujuan awal hidup yang sudah dibangun dari dulu. dengan begitu harapan baru dan yang lebih positif akan muncul dan dapat menjadikan semangat untuk terus melanjutkan hidup

kehilangan semangat hidup pasti pernah dirasakan oleh hampir setiap manusia. banyak sekali cara untuk mengembalikan semangat hidup yang telah hilang. namun, kembali lagi apa yang menyebabkan anda kehilangan semangat hidup. jika konteks dari kehilangan semangat hidup disebabkan oleh masalah kesedihan, patah hati, galau, stress, masa depan mungkin dapat dihilangkan dengan cara melakukan berbagai hal positif lainnya yang lebih bermanfaat dan setidaknya dapat membuat kita melupakan hal yang membuat kita merasa kehilangan semangat seperti itu. sehingga dalam menjalani hidup kita, kedepannya kita dapat belajar dari hal yang sudah pernah terjadi dan diharapkan tidak membuat kita patah semangat hidup kembali oleh hal yang sama.

Ketika kehilangan semangat hidup, pasti rasanya mau pasrah aja dan menghilang. Karena ketika melakukan sesuatu apapun itu jika sudah kehilangan semangat hidup ga akan ada gairah sama sekali dan otomatis pasti langsung menyerah, tapi tanpa disadari ketika kita melakukan hal itu secara tidak langsung sudah menyakiti diri sendiri.
Menurut ku cara untuk mengembalikan semangat hidup yaitu pertama take a time untuk istirahat, ubah pikiran yang negative menjadi positif lalu lakukan hal apapun yang membuat kamu bahagia, dan menjadikan masalah yang sebelumnya menjadi sebuah pelajaran dan sebuah batu loncatan untuk terus menjalani hidup dengan semangat.

Tidak sedikit orang yang mulai kehilangan semangat hidup atau down dikarenakan berbagai peristiwa yang mereka alami. Seperti kehilangan orang terkasih, tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, tidak adanya perhatian dari orang lain hingga ketidakmampuan menggapai cita-cita yang diidam-idamkan. Tdiak heran juga kalau orang yang patah semangat akan menajdi malas melakukan aktivitas dan lebih senang menyendiri. Nah untuk mengembalikan semangat hidup, biasanya dapat dilakukan dengan “

  1. Lawan ketakutan dan mencoba untuk tidak lari dari kenyataam yang dihadapi, meskipun terkadang banyak sekali masalah yang dihadapi , justru jika tidak segera diatasi akan menjadi beban untuk diri sendiri.
  2. Curhat atau bercerita kepada orang yang memang dipercaya, ini tujuannya agar kita mendapatkan nasehat yang berguna dan mampu mengembalukan semangat yang hilang.
  3. Mengingat kembali apa tujuan hidup yang sebenarnya dan mulai untuk berpikir positif. Tanamkan pikiran yang positif dalam diri kita agar kita semakin percaya diri untuk mengambil keputusan dan juga dapat merencanakan langkah apa saja yang hendak kita ambil setiap harinya agar semakin dekat dengan tujuan tersebut.
  4. Mulai untuk lebih bersyukur dan mencari motivasi yang mampu mengembalikan semangat dalam diri.

Jika kamu sedih, bosan, kesepian, atau cemas, keinginan untuk mengatasi tantangan berat atau menyelesaikan tugas yang membosankan biasanya akan berkurang drastis. Biar tetap semangat, coba tingkatkan suasana hati dengan menambahkan sesuatu yang kamu suka ketika mengerjakan tugas yang berat. Misalnya,

  • Dengarkan musik saat berolahraga
  • Telepon teman, dan bicara dengannya saat sedang membersihkan rumah
  • Nyalakan lilin aromaterapi saat kamu mengerjakan tugas di depan komputer
  • Ajak teman untuk menjalankan tugas bersama
  • Nyalakan acara favorit saat menyetrika baju
  • Dan seterusnya

Namun, pastikan kesenangan tersebut tidak mengganggu kinerja kamu. Misalnya, menonton TV sambil menulis makalah dapat mengganggu dan semakin memperlambat kamu. Atau berbicara dengan teman saat sedang membersihkan rumah mungkin juga bisa mengganggu karena kamu tidak dapat fokus.

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " CARA UNTUK MENGEMBALIKAN SEMANGAT HIDUP?"

  • Melalui itu, kamu bisa jadi lebih percaya diri dan optimis dalam mencapai suatu hal. Selain itu, semangat juga dapat meningkatkan taraf kebahagiaan kamu dalam berkehidupan. Dengan begitu, memiliki semangat dapat membuat hidup kamu lebih baik sob!

Cara Mengatasi Kehilangan Semangat Hidup.

Mungkin kamu bakal bertanya, “Terus gimana dong cara buat mengatasi kehilangan semangat dalam hidup?”, “Soalnya aku udah gak tau lagi harus kayak gimana”. Emang sih, mungkin ini berat bagi diri kamu buat menghadapinya. Tetapi, kamu bisa kok mengatasi kehilangan semangat hidup melalui hal berikut ini:

1. Kenali Dirimu Lebih Lanjut.

Seringkali mungkin alasan kenapa kamu kehilangan semangat hidup karena gak tahu apa yang diinginkan dalam hidup. Mulai dari perihal pendidikan, pekerjaan, sampai keimanan yang lo hadapi. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengenali dirimu lebih lanjut guna mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup. Dengan begitu, ini bisa mengatasi perasaan kehilangan semangat yang kamu alami deh!

Misalnya, kamu baru saja ditolak saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Dari situ, kamu jadi putus asa buat mencari pekerjaan lain, yang membuatmu kehilangan semangat. Nah, kamu bisa mencoba mengenali dirimu lebih lanjut, seperti mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirimu miliki. Harapannya, mengenali diri lebih lanjut bisa membantumu menghadapi kehilangan semangat hidup sob!

2. Tentukan Tujuan Hidupmu yang Jelas.

Terdapat alasan yang mungkin membuat kamu kehilangan semangat hidup, yaitu kurang jelasnya tujuan yang diciptakan. Mulai dari tujuan yang kurang rinci, sampai gak tau apa alasan dibalik tujuan tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu menentukan tujuan hidup yang jelas, guna membantumu mencapai tujuan yang ada. Dengan begitu, ini bisa membantumu menghadapi kehilangan semangat hidup deh!

Misalnya, kamu punya tujuan hidup untuk menjadi peternak lele yang sukses. Nah, kamu bisa memikirkan untuk apa kamu menentukan tujuan hidup lo itu. Mulai dari ingin menjadi orang kaya raya, membahagiakan orang tua, sampai menjadi pribadi yang bahagia… Harapannya, tujuan hidup yang jelas dapat membantu kamu dalam menghadapi kehilangan semangat hidup sob!

REFERENSI

Asnawi, Sahlan. 2011. Semangat Kerja dan Gaya Kepemimpinan.Jurnal PsikologiNo. 2: 87: Universitas Persada Indonesia.

Hasibuan, H. Malayu. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.