Bagaimana cara Go-Jek mempertahankan loyalitas pelanggannya?

Go-Jek

GO-JEK adalah perusahaan teknologi dengan misi sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan mata pencaharian pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia.

Bagaimana cara Go-Jek mempertahankan loyalitas pelanggannya ?

GO-JEK saat ini berfokus kepada bagaimana menjalin hubungan baik dengan pelanggannya yang loyal dibandingkan mencari pelanggan yang baru. Pemahaman yang mendalam tehadap pelanggan akan mampu menghasilkan respon yang cepat terhadap perubahan preferensi pelanggan sehingga akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Untuk mendukung hubungan baik dengan pelanggan, GO-JEK senantiasa memberikan frequent-flyer dalam dua bahasa yang berisi tentang informasi terkini perusahaan kepada pelanggan yang loyal via e-mail. Cara lain yang dilakukan GO-JEK adalah dengan menawarkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan spesifik bukan yang dibutuhkan oleh pelanggan pasar.

GoJek merupakan sebuah aplikasi layanan booking ojek. Sehingga yang diutamakan oleh GoJek adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dengan pemberian pelayanan yang baik dan memuaskan dapat membuat pelanggan menjadi loyal dengan GoJek. Serta adanya pembaruan-pembaruan terhadap aplikasi yang mengikuti kebutuhan dari pelanggan akan membuat pelanggan tetap loyal terhadap GoJek. Pemberian layanan yang baik dapat berupa : mengemudikan kendaraan dengan aman, menetapkan harga standar yang sama disetiap transaksi, driver yang dapat dipercaya oleh konsumen, adanya call center untuk pengaduan masalah yang ada, penjemputan yang tepat waktu, pemberian kelengkapan perlindungan terhadap keamanan pelanggan, dan lain-lain.

Dalam mempertahankan pelanggannya, Go-Jek terus berbenah dalam memberikan layanan. Go-Jek selalu update aplikasinya sehingga terdapat perubahan yang signifikan pada fitur-fitur dan tampilannya. Sehingga membuat pelanggan tidak bosan dalam menggunakannya. Go-Jek pun selalu menggelar promosi-promosi untuk pelanggan nya, sehingga si pelanggan dapat terus memakai layanan dari Go-Jek. Melalui Go-Pay pelanggan secara tidak langsung terikat dengan Go-Jek, dan akan melakukan transaksi sampai saldo Go-Pay nya habis. Namun, pelanggan pun mendapatkan keuntungan ketika menggunakan pembayaran dengan Go-Pay yaitu beberapa poin. Poin-poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai voucher yang menguntungkan pelanggan.