Bagaimana cara efisien dalam mengerjakan tugas kelompok tanpa bertemu langsung?

Seorang mahasiswa pasti disibukan dengan berbagai tugas, khususnya tugas kelompok, masalah yang dihadapi mahasiswa sendiri saat ini adalah susahnya membagi waktu untuk berkumpul dengan kelompok dan mengerjakan tugas,

kira – kira Bagaimana cara yang efisien dalam mengerjakan tugas kelompok tanpa bertemu anggota kelompok secara langsung ?

Menurut saya dengan adanya teknologi sekarang ini kita tidak perlu bingung untuk berkumpul maupun berkomunikasi dengan suatu kelompok, kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada, seperti chating grup, video call, google docs , dll
tapi kali ini saya akan menjelaskan tentang google docs sendiri yang sebearnya cukup banyak orang yang belum mengetahui manfaatnya :

Apa itu Google docs ?
Google Docs adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan file server. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah (menyimpan, membuat, meng-edit)

Mengapa Google docs ?

  1. Mudah.
  2. Gratis.
  3. Support dan dokumentasinya lengkap.
  4. Menggunakan editor yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan
    sebagainya.
  5. Akses pekerjaan kapan saja, di mana saja
  6. Bekerja di beragam sistem operasi
  7. Kontrol akses aman

Selain itu adanya google docs juga sangat membantu pekerjaan kelompok, kita bisa mengerjakan file dokumen tertentu secara bersama-sama. Dengan cara pembagian tugas mengetik yang nantinya akan dijadikan satu document yang sama

Google docs juga menyediakan kolom kecil dibagian samping kanan yang merupakan kolom komentar, jadi kita bisa mengerjakan tugas sekaligus berdiskusi apabila ada kesalahan

Perkembangan Teknologi saat ini sangat cepat, inovasi-inovasi yang diciptakan sangat membantu menyelesaikan permasalahan di sekitar kita. Salah satu masalah di sekitar kita adalah dalam suatu organisasi. Contoh masalahnya adalah jika ada tugas yang membutuhkan teamwork dan harus dikerjakan secara bersama dan juga pengawasan secara langsung maka kita harus bertemu secara face to face. Tetapi ada salah satu inovasi dari Microsoft yang membantu untuk memberikan solusi dari masalah tersebut. Solusi yang ditawarkan Microsoft adalah Office Online.

Office Online

Office online sendiri adalah suatu inovasi dari Microsoft yang memberikan layanan kepada para pengguna Microsoft untuk mengakses Microsoft bersama teman atau rekan tugas mereka dimana saja dengan browser desktop favorit mereka. Microsoft juga memberikan 2 opsi untuk penggunanya yaitu gratis dan berbayar, yang berbayar bernama Office 365.

Mengapa harus office online?
Pertama, mudah dalam penggunaannya, karena Microsoft office paling dimengerti para pelajar mulai dari SMP hingga kuliah maupun para pekerja dan antarmuka penggunanya juga tidak asing bagi para pelajar dan juga para pekerja. Kedua, Office Online juga menyediakan kemampuan penuh dari setiap Office nya seperti Word, Excel, Powerpoint, dan juga One Note. Ketiga, bisa berkolaborasi secara online dengan rekan satu tim anda, terus mengetahui secara real-time apa yang dikerjakan oleh rekan satu tim anda dan semua perubahan akan disimpan secara otomatis selagi mengerjakan.

Office Online 2

Dari ketiga kelebihan tersebutlah yang menjadi pembeda utama office online dengan website sejenisnya. Sehingga jika terjadi suatu masalah seperti tidak ada waktu untuk berkumpul dan berdiskusi untuk mengerjakan tugas secara berkelompok baik itu tugas yang mengharuskan membuat suatu dokumen, atau menganalisis data, atau bahkan membuat presentasi, tugas tersebut tetap bisa terselesaikan dengan baik.

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan khususnya mahasiswa, rasanya sulit untung berkumpul tim lengkap untuk mengerjakan suatu tugas kelompok. Saat ini, dengan didukung teknologi hal tersebut mulai teratasi. Telah muncul berbagai web aplikasi untuk bekerja sama dengan tim yang posisinya sedang tidak berdekatan dengan kita atau kesulitan untuk bertemu secara langsung. Salah satu contoh web aplikasinya adalah TitanPad.
titanpadcreate

TitanPad adalah web aplikasi kolaborasi yang memungkinkan beberapa orang mengerjakan sebuah dokumen secara simultan. Dengan memanfaatkan web aplikasi ini, kita bisa berbagi dokumen secara online dengan mudah dan mengerjakannya. Dapat mengakses bersamaan sebuah dokumen bila izin sudah diberikan, dan kita juga bisa mengedit dokumen yang sedang kita dikerjakan bersama-sama. TitanPad merupakan aplikasi gratis dan tidak memerlukan registrasi. Tapi apabila mendaftar, tentu saja akan mendapatkan fitur tambahan.

Gambar diatas merupakan interface dari TitanPad. Untuk menggunakannya, kita cukup mengklik “Create public pad” lalu akan muncul dokumen yang bisa kamu tulis, edit dan bagi. Untuk mendaftar, klik Sign In, lalu mengklik lagi tombol Create New Account. Jika sudah mendaftar, maka akan menerima email konfirmasi. Apabila prosedur registrasi sudah selesai, kita dapat klik tombol “Create New Pad”.

titanpad_3

Kita akan mendapatkan tampilan seperti gambar diatas, untuk menuliskan proyek serta mengkoordinasi teman-teman untuk mengerjakan proyek tersebut. Bisa juga menambahkan halaman web atau melampirkan dokumen yang akan dibuat. Untuk mengundang teman-teman bekerjasama, pertama perlu mengubah setting ke publik terlebih dahulu agar teman kita dapat mengaksesnya. Kita dapat mengundang teman kita melalui web ini.

Sumber :
http://www.pusatgratis.com/layanan-online/melakukan-kolaborasi-kerja-jarak-jauh-dengan-titanpad.html

Sebagai mahasiswa pasti banyak tugas perkuliahan yang harus dikerjakan mulai dari laporan, presentasi, dan salah satunya juga adalah tugas kelompok. Namun, karena padatnya aktifitas seorang mahasiswa, seringkali sulit untuk mengatur jadwal pertemuan untuk mengerjakan tugas kelompok tersebut bersama-sama. Dampak yang terjadi adalah tak jarang tidak semua anggota kelompok mengerjakan tugasnya dengan baik.

Saat ini, teknologi juga semakin berkembang pesat. Banyak sekali media-media yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pengerjaan tugas-tugas kelompok secara online. User hanya perlu bertemu secara online dan mengerjakan tugasnya bersamaan. Salah satu media yang menyediakan layanan ini adalah Zoho Writer

Zoho Writer
Adalah sebuah aplikasi word processor yang tampilan dan cara penggunaannya mirip dengan Microsofr Word dan Sun Microsystem (Open Office). Perbedaan yang terdapat antara Zoho Writer dengan kedua aplikasi tersebut adalah, Zoho Writer tersambung dengan jaringan internet, sehingga pengerjaan dapat dilakukan bersama-sama dengan orang lain.

download

Aplikasi ini memiliki tempat untuk menyimpan file ke dalam server yang dapat diakses dengan internet di mana pun . Hal ini memudahkan pengguna untuk membuatnya secara bersamaan di tempat yang berbeda

Ada tiga macam tawaran yang dapat dipilih pengguna yaitu gratis, berbayar dengna biaya 3 USD per bulan, atau 9 USD per bulan.

Mengapa harus Zoho Writer?

  1. User bisa memilih untuk melakukan pembayaran atau menggunakan aplikasi dengan gratis sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan
  2. Zoho mendukung format Word Document, Office Open XML, OpenDocument teks, OpenOffice.org teks, HTML, RTF, JPG, GIF,dan file PNG
  3. Dapat memasukkan gambar ke dalam dokumen.
  4. Zoho mendukung media tertanam dari situs-situs seperti Flickr, Zooomr, Youtube, dan Vimeo

sumber: