Bagaimana cara dalam berinovasi?


(Vina Shaw) #1

Inovasi sangatlah dibutuhkan dalam sebuah produk yang akan kita jual. Namun, untuk mendapatkan sebuah inovasi, apakah ada jalan khusus? Dimana kita harus memiliki tim yang kreatif, misalnya. Atau ada faktor lain yang dapat membantu kita dalam menginovasikan sebuah produk?


(Nicky Setyowati) #3

Benar sekali, inovasi sangatlah penting khususnya dalam pengembangan sebuah produk. Berkembangnya sebuah perusahaan juga tidak lepas dari inovasi yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri. Kreativitas juga menjadi faktor pendukung dalam terciptanya inovasi tersebut. Ada banyak cara dalam berinovasi, langkah - langkah yang harus dilalui saat membuat sebuah terobosan, ide yang bermanfaat.

Menurut laman saintia.com ada beberapa proses dalam berinovasi :

Artikan sebuah masalah dengan jelas

Sering kali seseorang tidak dapat memiliki ide yang cukup jelas akan sesuatu yang ingin ia rubah, ini-pun berpengaruh pada saat seseorang ingin menyelesaikan masalah tersebut. Usahakan untuk menganalisa beberapa faktor penting masalah anda, dan buatlah ide yang dapat menjadi sebuah solusi dari permasalahan tersebut.

Hilangkan stress dalam pikiran

Stress adalah suatu hal yang bisa menghambat keluarnya sebuah ide. Buatlah diri anda senyaman mungkin. Dengan contoh, pergilah kesuatu tempat yang anda suka, dimana tempat tersebut membuat anda tenang dengan begitu anda dapat memikirkan sebuah terobosan tanpa adanya tekanan. Anda juga bisa berkumpul bersama teman – teman anda, dimana anda merasa bebas, dengan ini tingkat kreativitas anda akan muncul dengan sendirinya.

Pastikan untuk memecahkan suatu masalah dengan sungguh – sungguh

Pastikan anda memiliki semangat dalam memecahkan sebuah masalah. Anda perlu memiliki pemikiran positif. Keuletan dalam mengerjakan solusi tersebut sangat dibutuhkan. Bentuklah sebuah tim yang bisa mengatasi hal tersebut, dan ingin melakukannya.

Bentuklah grup atau tim kecil

Buatlah ide – ide dan diskusikan, jika anda dan tim telah sampai pada menyimpulkan ide atau solusi tersebut, segera lakukan tes pada ide tersebut.

Baca selengkapnya : http://www.saintia.com/cara-untuk-berinovasi/


(Himawat Aryadita) #4

Genius is 1% inspiration and 99% perspiration. Accordingly, a genius is often merely a talented person who has done all of his or her homework. - Thomas A. Edison "

  • Banyak Membaca

Dengan membaca maka anda dapat melihat dunia luar dengan semakin jelas. Dengan membaca kita dapat belajar dari pengalaman orang lain dan dengan membaca, cara pandang kita terhadap sesuatu akan menjadi lebih luas. Banyak inspirasi yang bisa kita dapatkan dengan membaca.

  • Banyak Menulis

Dengan menulis kita dapat belajar menganalisa sesuatu. Menghubungkan antara satu fakta dengan fakta yang lain, sehingga muncul fakta baru. Kemampuan menganalisa sesuatu sangat diperlukan apabila kita ingin berinovasi.

  • Jaga keinginan-tahuan anda terus tinggi

Orang yang inovatif biasanya rasa keinginan-tahuannya tinggi. Mereka selalu mempertanyakan sesuatu dan mereka selalu mencari cara bagaimana dapat membuat sesuatu hal menjadi lebih baik. Mereka sangat tidak suka dengan status quo.

Perubahan adalah sesuatu hal yang pasti, mereka selalu berusaha melihat segala sesuatunya dari prespektif yang berbeda sehingga yang dipikirkannya adalah bagaimana merubah sesuatu hal menjadi lebih baik.

  • Berani mengambil resiko dan melakukan kesalahan

Kedua hal tersebut menjadi satu kesatuan yang harus sering dilatih. Buatlah target setinggi mungkin dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Ketika target kita tentukang setinggi mungkin, maka akan banyak sekali tantangan dan rintangannya. Kemungkinan anda gagal akan semakin besar. Tetapi selama kita melakukannya dengan maksimal, maka kegagalan merupakan pelajaran terbaik yang dapat kita pelajari untuk menjadi lebih baik.

  • Buat sebuah project dan lakukan dengan baik

Dengan mengerjakan project nyata, maka anda akan berlatih menghadapi kasus-kasus nyata. Dengan berlatih akan membuat anda menjadi jauh lebih baik. Beranilah untuk keluar ruangan anda, dan wujudkan project nyata diluar sana.

Sebaik-baiknya ide, apabila hanya sekedar wacana, maka ide tersebut tidak mempunyai arti sama sekali.