Bagaimana cara Burung Pelatuk membuat sarang?

pelatuk

Tidak hanya di film-film kartun saja, rupanya di kehidupan nyata burung pelatuk memang suka mematuk-matuk batang pohon untuk membuat sarang. Bagaimana mereka bisa melubangi batang pohon yang keras itu?

Burung pelatuk melubangi pohon atau kayu itu bukan bermaksud merusaknya, tetapi membuat sarang untuknya di dalam pohon atau kayu tersebut. Ya, burung pelatuk memang memiliki kemampuan untuk membuat sarangnya sendiri di dalam sebuah pohon. Pohon yang mereka gunakan untuk sarang ini bermacam-macam, tergantung pohon apa saja yang ada di daerah tempat mereka tinggal. Pada umumnya, burung pelatuk membuat sarang yang baru setiap tahunnya. Tetapi bisa jadi mereka tetap menggunakan sarang yang sama di tahun berikutnya. Dan tak jarang juga burung-burung lain menempati sarang yang telah mereka buat itu.

Mereka memiliki paruh yang berbentuk seperti alat pemahat. Paruh mereka juga didukung dengan tulang yang tebal serta otot leher yang lentur. Otot yang lentur tersebut dapat meredam getaran yang terjadi saat mereka mematuk batang pohon. Hal ini juga dapat melindungi kepala mereka agar tidak terlalu terkena getaran yang sangat keras. Burung pelatuk umumnya mematuk sebuah pohon sebanyak 20 kali per detik dengan kecepatan sekitar 24 km/jam!

Sumber: