Bagaimana cara Burung Heron memancing ikan untuk mempertahankan hidup?

Burung Heron Memancing Ikan Dengan Cara Yang Cerdik – Burung apa yang menjadikan dirinya sebagai payung penahan panas? Burung heron punggung hijau bisa dibilang sebagai ahli memancing ikan paling cerdik di antara para burung. Ia punya banyak teknik yang canggih untuk menangkap mangsa, juga mampu belajar teknik baru dengan cepat.

Salah satu teknik cerdas heron: bisa mengubah dirinya menjadi payung pelindung. Di hari yang panas, seekor heron yang sedang berendam akan membentangkan sayapnya yang lebar sehingga terbentuk sebidang air sejuk di bawah bayangannya, di danau atau sungai tempatnya berburu. Hanya dengan berdiam mematung, burung heron tersebut menunggu ikan berenang ke bawah bayang – bayang yang sejuk tadi, yang kemudian ditangkap dengan paruhnya.

Kemampuan khusus tadi hanya salah satu dan serangkaian teknik memancing ikan yang mengesankan. Di jepang, burung heron punggung hitam baru – baru ini telah belajar memancing ikan dengan umpan. Mungkin, burung ini menggunakan cara tersebut setelah mengamati manusia. Di taman umum, tempat banyak orang datang memberi makan ikan – ikan berwarna indah, kawanan burung heron memunguti remah – remah roti dan menjatuhkannya dipermukaan danau seolah – olah memberi makan ikan. Saat ikan lapar berenang ke permukaan untuk mengambil remah – remah tersebut, heron tadi menangkap dengan paruhnya. Burung heron juga menggunakan serangga sebagai umpan untuk cara memancing ikan yang sama.

Burung heron juga memanfaatkan teknik lain yang lebih canggih. Seperti kata para pemancing: ikan selalu ingin tahu. Agar ikan mau muncul ke permukaan, tak selalu harus memancingnya dengan makanan: benda mengkilat atau berwarna – warni juga akan memberikan reaksi yang sama. Burung bernama little egret memancing ikan dengan cara ini. Burung ini punya sepasang kaki hitam dengan telapak kuning cerah. Untuk menarik perhatian ikan, ia menggoyang – goyangkan salah satu kakinya itu di permukaan air sehingga menggoda ikan untuk menghampirinya. Burung heron punggung hijau juga telah mempelajari hal yang sama dengan menggantungkan sehelai bulu kecilnya di permukaan air dan usahanya berhasil!

Referensi : https://unikterbaru.wordpress.com