Bagaimana cara budidaya tanaman andong (Cordyline fruticosa)?

Bagaimana cara yang tepat dalam melakukan stek tanaman andong (Cordyline fruticosa)? Apakah harus menggunakan batang tanaman yang keras atau ketegaran batang tidak berpengaruh dalam budidaya?

1 Like

Cara menanam tanaman hanjuang atau tanaman andong ini bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu yang pertama ditanam secara stek atau ditanam untuk tanaman hias didalam ruangan yaitu dengan cara direndam di bawah air. Yang pertama kita akan membahas cara menanam dengan metode stek batang pada tanaman hanjuang.

  1. Siapkan batang untuk distek
    Batang stek bisa diambil dari batang tanaman secara langsung dengan cara memotong batang tanaman sepanjang 30-40 cm. Gunakan batang yang sehat dan normal. Tidak terlalu lentur dan tidak terlalu keras. Ini akan berpengaruh ketika tumbuh nanti.

  2. Siapkan tanah untuk di tanami
    Tanah yang ditanami bisa berupa didalam pot atau di pekarangan rumah, hal tersebut sama saja, yang terpenting tanah dalam keadaan subur dan tidak kering. Berikan pupuk setiap 2 minggu sekali

  3. Penanaman stek batang hanjuang
    Penanaman stek batang hanjuang dilakukan dengan cara cukup ditanjapkan kedalam tanah, dengan terlebih dahulu memperhatikan posisi stek batang tersebut jangan sampai terbalik, batang stek tanaman bisa terlebih dahulu direndang kedalam ZPT bisa juga tidak perlu.

  4. Hal yang diperhatikan
    Penyiraman stek batang secara rutin, minimal dilakukan dua kali sehari karena untuk merangsang perakarang keluar, sebaiknya stek batang ini dilakukan pada musim hujan.

Demikian cara menanam dengan menggunakan metode stek batang pada tananaman hanjuang atau tanaman andong. Sekarang kita akan membahas tentang cara menanam dengan metode direndam di bawah air dan disimpan di dalam toples.

  1. Siapkan stek batang kira-kira sepanjang 30-40 cm, sisakan bebepa helai daunnya
  2. Siapkan toples atau wadah, direkomendasikan toples atau wadah yang bening
  3. Isi dengan air toples tersebut seperlunya
  4. Simpan stek batang tanaman hanjauang kedalam toples tersebut, posisi stek batang jangan sapai terbalik
  5. Sekitar 1 minggu akar pada stek batang tersebut akan keluar, maka stek batang berhasil dan tanaman bisa disimpan sebagai tanaman hias diatas meja atau disudut-sudut ruangan untuk hiasan.

Selamat mencoba :slight_smile:
Sumber: https://www.sampulpertanian.com/2017/03/2-cara-menanam-tanaman-hanjuang-atau.html?m=1

2 Likes