Bagaimana cara budidaya jamur dan perawatannya?

download (1)

Seperti yang sudah diketahui, banyak orang yang mengatakan bahwa budidaya jamur dan perawatannya itu bisa dibilang susah tapi juga gampang. Budidaya jamur sendiri harus memperhatikan media tanam, suhu/temperatur, menjaga kelembaban ruangan dan lain sebagainya. Bagaimana cara budidaya jamur dan perawatan yang paling tepat untuk dilakukan?

1 Like

Untuk budidaya jamur banyak hal yang harus disiapkan. Mulai dari benih jamur, media tumbuh, terus kumbung ( untuk menyimpan jamur), tempat sterilisasi. Enaknya kalo mau budidaya jamur itu perkelompok kalo sendirian susah

Kemarin sewaktu kuliah kami ada matkul budidaya jamur, tapi kami baru smpe di tahap menyiapkan media tumbuh saja. Jadi untuk dapat benih nya itu kita isolasi dari jamur tiram yang d jual di pasar, ambil bagian payung jamur kemudian di isolasi di media agar. Setelah tumbuh di media agar di murnikan lagi ( F0). Nah setelah itu kita pindahkan pada media tumbuhnya. Kami kemaren pake media jagung. Jagung terlebih dahulu di sterilkan dan di rebus, kemudian jagung di masukkan dalam botol selai dan di isi lah F0 jamur tadi kemudian tutup dengan plastik wrap. Tunggu sampe dia tumbuh, tandanya ada kumpulan hifa berwarna putih.

1 Like