Bagaimana cara budidaya ikan Zebra Merah ?

Ikan zebra merah

Ikan zebra merah (Brachydanio rerio) biasa hidup di lingkungan perairan yang mengalir. Itulah kenapa, perangai ikan ini ketika dimasukkan ke dalam akuarium menjadi sangat lincah.

Ikan zebra merah yang berjenis kelamin jantan mempunyai tubuh yang berwarna merah kekuning-kuningan. Sedangkan warna ikan zebra merah betina adalah merah pucat atau merah kusam. Di umur yang sama, postur badan ikan betina juga lebih besar dibandingkan dengan ikan jantan. Sementara postur badan ikan jantan cenderung langsing dan tegas.

Ikan zebra merah akan mengalami kematangan gonad apabila usianya telah mencapai 7 bulan. Pada umur tersebut, biasanya ukuran tubuh ikan ini telah mencapai panjang sekitar 4-5 cm. Seminggu sebelum dipijahkan, semua calon ikan indukan wajib diberi makanan yang banyak mengandung gizi dan rendah lemak sepeti jentik nyamuk.

Kebanyakan para petani melakukan pemijahan ikan zebra merah secara massal karena lebih efisien. Untuk ukuran kolam seperti di atas, Anda bisa memasukkan hingga 20 pasangan indukan ikan zebra merah. Tinggi air di dalam kolam cukup berkisar antara 15-20 cm. setelah proses pemijahan selesai, telur ikan zebra merah akan berkumpul di bagian dasar kolam. Anda bisa memasang kawat ram di tengah-tengah kolam untuk mencegah ikan indukan memangsa telur yang jatuh ke dasar. Biasanya telur tersebut akan menetas dalam waktu 2-3 hari.

Setelah berumur 1 bulan, ikan zebra merah bisa dipisah-pisahkan menurut kualitasnya. Pemisahan juga berguna untuk menyediakan ruang gerak yang lebih luas. Masa panen umumnya dilaksanakan ketika ikan ini sudah menginjak usia 3 bulan. Di pasaran, harga sepasang indukan ikan zebra merah umumnya jauh lebih mahal dibandingkan harga penjualan per ekor.

Sumber