Bagaimana cara budidaya Ikan Hias Louhan ?

louhan

(Aditya Reza Firdaus) #1

Ikan louhan atau dikenal sebagai “flowerhorn cichlid”. Ikan louhan pada dasarnya adalah jenis ikan hibrid dari famili Cichlidae dari beberapa jenis genera, yaitu Cichlasoma, Amphilophus, dan Paraneetroplus. Oleh karena itu, nama ilmiahnya tidak dapat ditentukann.

Jenis ikan cichlid yang akan mempengaruhi hasil kawin silang dari ikan louhan adalah Cichlasoma trimaculatum dan Amphilophus citrinellus.

Bagaimana cara budidaya Ikan Hias Louhan ?


(Pamella) #3

Berikut adalah cara budidaya ikan louhan yang paling mudah.

1. Proses Persiapan Kolam Ikan Louhan

Untuk budidaya ikan louhan, pertama – tama anda harus menyiapkan kolam untuk ikan louhan hidup. Untuk ukuran kolam ikan louhan ini, idealnya memiliki ukuran 4 kali dari panjang ikan louhan yang akan dibudidayakan. Baik ini menggunakan kolam akuarium atau kolam lainnya.

Karena ukuran di atas adalah ukuran minimal, anda dapat menggunakan kolam lainnya yang mempunyai ukuran yang lebih besar dan panjang. Dan jika anda mempunyai kolam yang berukuran besar dan muat untuk memelihara ikan louhan lebih dari 1 ekor, anda dapat menggunakan kaca sebagai penyekatnya.

2. Proses Persiapan Air Kolam Ikan Louhan

Proses selanjutnya adalah memasukkan air ke dalam kolam ikan kita. Sebelum anda memasukkan ikan ke dalam kolam atau akuarium, anda harus membiarkan air (pengendapan) yang ada di dalam kolam minimal 1 hari. Hal ini memiliki tujuan untuk mengatur kadar PH di dalam kolam.

Untuk mempercepat proses pengendapan ini, anda dapat menambahkan larutan trisulfat 5 ppm tau garam khusus untuk ikan hias. Anda dapat memperoleh garam ini di toko hewan atau toko yang menjual ikan hias di kota anda.

3. Proses Persiapan Makanan Ikan Louhan

Tahap yang ke dua adalah menyiapkan makanan untuk ikan louhan. Pada tahap ini anda harus memilih makanan yang bagus untuk ikan louhan anda. Terutama sebelum 1 hingga 2 minggu sebelum ikan louhan anda siap untuk diternak. Pola makan yang bagus nantinya akan membuat hasil dari budidaya anda menjadi lebih memuaskan.

Lalu, apa saja makanan yang bagus untuk ikan louhan kita?

Jenis makanan yang bagus untuk ikan louhan adalah jenis makanan yang mengandung gizi, protein, dan yang jelas menyehatkan bagi pertumbuhan ikan louhan ini sendiri. Contoh makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan louhan ini adalah seperti cacing sutra, jangkrik, udang keci, kutu air, atau untuk anda yang tidak ingin kerepotan, anda bisa menggunakan pelet (makanan ikan yang kering dan berbentuk bulat kecil hasil dari buatan pabrik).

4. Proses Memilih Indukan Ikan Louhan yang Berkualitas

Setelah anda menyiapkan 3 proses di atas, langkah selanjutnya adalah pemilihan induk ikan louhan yang baik dan berkualitas. Tapi sebelum anda memilih indukan ikan louhan yang baik, anda harus tahu tentang perbedaan jenis kelamin ikan louhan

5. Proses Pemijahan Ikan Louhan

Setelah memilih indukan ikan louhan yang baik, langkah selanjutnya adalah proses pemijahan induk ikan louhan. Sebelum anda melakukan proses pemijahan, anda harus mengetahui ciri – ciri indukan ikan louhan yang siap dipija

sumber: