Bagaimana cara budidaya Ikan Gabus yang baik dan benar ?

Ikan gabus

Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).

Bagaimana cara budidaya Ikan Gabus yang baik dan benar ?

Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Baik Dan Benar

  1. Kolam Ikan
    Pastikan kolam untuk merawat gabus sudah ada, karena jika tidak maka sama saja bohong. Ikan gabus merupakan jenis ikan yang harus memiliki tempat yang luas, tapi tak menutup kemungkinan juga gabus bisa dibudidayakan di akuarium. Budidaya ikan gabus diakuarium jelas akan sangat berbeda dengan budidaya di kolam. Sebaiknya anda melakukan budidaya di kolam. Sama seperti halnya kolam ikan koi, yang harus memilliki tempat yang cukup luas dan air yang cukup.

  2. Air Yang Kadar Ph Normal
    Sebelumnya, anda harus mempelajari tentang habitat ikan gabus ya. Karena jika tidak, maka semua akan terasa percuma. Ikan gabus, memiliki musim kawin di bulan-bulan tertentu. Musim kawin ikan gabus biasanya antara bulan mei sampai agustus dan disaat itulah ikan gabus berkembang biak.

  3. Ikan yang akan dibudidaya
    Nah, pilihlah ikan yang berkualitas dengan bentuk yang juga bagus. Ikan-ikan gabus yang bagus dengan ukuran normal akan menghasilkan telur yang banyak, sehingga akan mempermudah untuk berkembang biak.

    Setelah semua selesai dan lengkap, saatnya anda mempersiapkan ranting-ranting pohon atau tempat persembunyian ikan. Anda bisa membuatnya dari batang daun ataupun rumput-rumput rawa agar terlihat lebih alami. Jika sudah, maka anda sudah siap melakukan budidaya ikan gabus.