Bagaimana cara budidaya ikan Black Ghost ?

Ikan black ghost

Ikan black ghost (Apterontus albifrons) adalah ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Bagaimana cara budidaya ikan Black Ghost ?

Faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan black ghost ialah kualitas air yang digunakan. Air yang dimasukkan ke dalam akuarium pemeliharaan harus sesuai dengan kehidupan ikan ini. Sebab pemakaian air yang kurang ideal akan mengakibatkan pertumbuhan ikan setan hitam melambat hingga berujung pada kematian. Parameter yang harus diperhatikan antara lain suhu air 26-27 derajat celsius, tingkat keasaman 6-7, dan tingkat kekerasan 6-10 derajat dH.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah air yang Anda pakai sudah layak bagi perkembangan ikan atau belum yaitu uji coba terhadap beberapa ikan. Masukkan 2-3 ekor ikan black ghost ke dalam akuarium, lalu perhatikan tingkah lakunya. Jika ikan-ikan tersebut langsung bergerak ke dasar akuarium dan bersembunyi di sela-sela kayu artinya kualitas air sudah bagus. Sedangkan bila ikan cenderung berada di permukaan air dan tampak berusaha mengambil oksigen dari udara berarti air tersebut tidak layak dipakai untuk ikan black ghost.

Ikan black ghost sebaiknya dipijahkan secara berpasang-pasangan. Gunakan akuarium khusus pemijahan yang telah dilengkapi dengan 4 buah alat aerator. Lalu masukkan 6 buah potongan paralon berdiameter 6 inci sepanjang 30 cm sebagai tempat persembunyian ikan. Dalam setiap kali masa pemijahan, Anda bisa memasukkan 3 ikan jantan dan 4 betina agar potensi hasilnya lebih tinggi.

Sebagai tempat peletakan telur, Anda bisa menambahkan lempengan pakis panjang yang berukuran panjang 20 cm dan lebar 10 cm sebanyak 3 buah. Lempengan-lempengan ini ditaruh di atas 2 paralon sehingga membentuk sebuah tempat persembunyian di antaranya. Untuk menahan posisi lempengan, Anda bisa menindihnya dengan kerikil.

Proses pemijahan ikan biasanya akan berlangsung pada malam hari. Telur-telur yang sudah dibuahi secara otomatis akan menempel di lempengan pakis tadi. Telur yang jadi biasanya berwarna kuning cerah dan diselimuti oleh lendir. Sebaliknya, telur ikan black ghost yang tidak terbuahi berkelir keputih-putihan.

Sumber