Bagaimana Cara Bintang Laut Bergerak?

Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan.

Tubuhnya memiliki 5 lengan yang masing-masing ujung lengan memiliki sensor. Ujung tentakel terdapat bintik merah yang peka terhadap cahaya. Permukaan tubuh pada bagian atas tertutup duri-duri tumpul. Bintang laut memiliki lempeng dorsal yang berlubang-lubang dan saluran cincin yang memiliki cabang ke lima kakinya atau biasa disebut saluran radial. Di bawah lengan bintang laut terdapat alur yang cukup dalam yang dimulai dari mulut sampai ujung lengan.

Alur ini disebut dengan celah ambulakral. Di dalam celah ambulakral terdapat kaki tabung dengan ujung lengket yang berfungsi sebagai alat penggerak. Kaki tabung pada setiap lengan bintang laut berpasangan dengan gelembung berotot atau disebut ampula.

Dari saluran radial air masuk menuju ampula. Ketika ampula berkontraksi, maka air akan masuk ke kaki tabung, akibatnya kaki tabung menjulur. Proses menjulurnya kaki tabung inilah proses bintang laut bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.