Bagaimana Cara Bersyukur Atas Hidup Sekalipun di Saat Penuh Tantangan dan Perubahan?

Gratitude adalah perasaan bersyukur atas hidup kita sekalipun di saat - saat penuh tantangan dan perubahan.

References: What is Gratitude and Why Is It So Important? [2019 Update]

Lalu, bagaimana cara kalian untuk menerapkan gratitude dalam kehidupan?

Banyak cara untuk bersyukur antara lain:

  1. Merenungkan nikmat tuhan. Di dalam Al Qur’an sering kali Tuhan menggugah hati manusia, bahwa ternyata banyak sekali nikmat yang dilimpahkan-Nya sejak umat manusia datang ke Bumi, agar sadar dan bersyukur kepada Allah SWT.
  2. Selalu merasa cukup. Coba untuk selalu merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat Anda selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda senantiasa merasa tidak puas, selalu merasa kekurangan, merasa Allah tidak pernah memberi kenikmatan padanya sedikitpun.
  3. Selalu berterima kasih kepada orang lain . Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang telah menjadi perantara sampainya nikmat Allah pada Anda.
  4. Tidak membanding bandingkan diri dengan orang lain
1 Like

berdasarkan pengalaman pribadi. saya menulis daftar panjang tentang hal apa saja yang membahagiakan di hidup saya. selain itu juga pengalaman-pengalaman yang paling berkesan.

dengan begitu disaat saya sedang merasa sedih, saya akan melihat catatan tersebut dan mengingat kembali kejadian-kejadian membahagiakan tersebut dan merasa bersyukur pernah sebahagia itu mungkin bersama keluarga, teman atau pasangan.

selain itu, biasanya dalam sebuah pengalaman itu ada yang baik ada juga yang tidak. semisal saya mengikuti lomba tentu saja tidak semuanya menang tetapi hal tersebut menjadi salah satu pengalaman berharga bagi saya. jika saya gagal maka saya akan mengingat bahwa ini juga sebagai suatu pembelajaran untuk saya dan akan menjadi pembelajaran yang berkesan juga nantinya.

selain itu saya belajar untuk bersyukur pada hal-hal yang kecil terlebih dahulu seperti masih bisa makan enak hari ini atau sekedar hari ini bisa tidur lebih lama dari biasanya dan lain sebagainya. karena dengan begitu saya terlatih untuk mensyukuri apapun yang ada di hidup saya.

manfaatnya banyak sekali dari menerapkan perasaan bersyukur di hidup saya, salah sattunya adalah mengurangi over thinking dan negative thinking.

1 Like

Menurut saya pribadi, bersyukur merupakan hal yang sangat penting untuk kita lakukan di tengah - tengah kehidupan kita yang makin dinamis, penuh tantangan dan perubahan. Saya sendiri bersyukur dengan cara mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa karena saya masih diberikan kesempatan untuk merasakan hidup dan berproses menjadi manusia yang lebih baik lagi dari hari ke hari. saya senantiasa bersyukur bahwasanya saya masih diberikan anggota tubuh yang lengkap, memiliki keluarga yang menyayangi saya, dengan rezeki yang di dapat hari ini, dan juga pencapaian - pencapaian apa saja yang sudah raih hingga hari ini baik itu sifatnya kecil ataupun besar.

Hidup memang penuh dengan tantangan dan perubahan setiap harinya. saya pun juga merasakan hal tersebut. Yang paling penting adalah, bagaimana kita dapat mengekspresikan rasa terima kasih kita kepada apapun yang terjadi, karena apapun yang terjadi kepada kita pastilah memiliki hikmah atau pembelajaran yang bisa kita ambil supaya kita dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depannya. kia bisa mulai dari hal - hal yang lebih kecil dan sederhana.

1 Like

Berdasarkan pengalaman saya, terkadang setelah saya diberi beberapa kepahitan dalam hidup, saya selalu diperlihatkan dengan kejadian orang yang bernasib lebih buruk dari saya. Entah itu dalam konteks yang sama ataupun jauh berbeda. Namun, Tuhan selalu memperlihatkan itu kepada saya setelah saya ditimpa berbagai macam kepahitan. Jadi, intinya, cara agar saya bersyukur sekalipun banyak kepahitan adalah dengan melihat ke bawah. Setelah saya melihat ke bawah, saya menyadari bahwa saya beruntung beban yang saya hadapi tidak seberat orang di bawah saya.

Selain itu, jika menyangkut pertanyaan kak Regita tentang tantangan dan perubahan, menurut saya, tantangan itu seharusnya dapat dijadikan peluang. Peluang kita untuk berubah, peluang kita untuk merasakan pengalaman baru, dan kesempatan bagi kita untuk belajar lebih banyak tentang kehidupan. Perubahan juga menandakan bahwa sesekali kita perlu keluar dari zona nyaman. Jadi, menurut saya, cara bersyukur ketika dihadapkan dengan tantangan dan perubahan adalah, dengan berpikir bahwa Tuhan memberi kita kesempatan untuk belajar lebih banyak dan Tuhan tahu bahwa kita mampu menghadapi hal-hal tersebut.

1 Like

The most important is don’t blame yourself, and your life.

Terjadi pada diri sendiri ketika menginginkan sesuatu dan tidak terpenuhi akibat beberapa faktor kendala, dan respon diri pastinya sedih, kecewa, gelisah, dan merenung. Fase menyalahkan takdir dan membandingkan rejeki orang dengan diri sendiri terjadi.

Setelah itu pasti mencari sumber kebahagiaan, that’s the point.
Mencari kebahagiaan dengan versi masing-masing, kemudian merefleksikan diri setelah keadaan sudah tenang dan membaik atau berusaha memaafkan kejadian sampai melupakan kesedihannya. Dari sini sebagian orang mendapat hidayah atau titik terang dan jawaban kenapa tidak terpenuhi keinginannya, sebagian lain mencoba menenangkan diri bahwa bukan hanya kita yang tidak terpenuhi keinginannya.

1 Like

Bersyukur versiku adalah:

  1. Mencoba mengikhlaskan segala sesuatu yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan, dan percaya pasti akan mendapatkan hal yang baik.
  2. Mencoba untuk selalu berterima kasih atas segala sesuatu yang kita dapat dan yang kita punya.
  3. Berusaha untuk tidak terlalu berharap agar lebih mudah menerima sesuatu jika tidak sesuai dengan keinginan
1 Like

menurutku ada beberapa hal yang dapat membuat kita merasa bersyukur meskipun keadaan terasa seperti tidak ada perubahan. yang pertama adalah menyadari sekeliling kita. cobalah untuk memejamkan mata sejenak lalu mengambil nafas yang cukup dalam, lalu coba untuk memeluk diri sendiri. dari sini kita akan mencoba merasakan bahwa kita masih memiliki tubuh yang sehat dan utuh, kita masih dapat berdiri dan mencoba lagi. dari sini kita harus menerapkan pemahaman bahwa saat ini adalah momen buruk, dan pengertian sebuah momen adalah berarti keadaan sementara. ya, kita dapat berubah, keadaan dapat berubah. jadi, saya rasa dari sini saya biasanya dapat lebih merasa untuk bersyukur

1 Like

Disaat aku berada di titik bawah atau kiranya menghadapi suatu tantangan, aku selalu menge-train diriku bahwa “ini salah satu anak tangga yang harus kamu lalui jika ingin sampai” . Jadi, sesulit apapun tantangannya, aku selalu berusaha untuk tetap mensyukuri apa yang aku terima dan jalani, sekalipun itu spanyol tanpa s, pain.
Dan aku selalu berusaha melibatkan Tuhan dalam setiap jalanku, karena tanpa sadar, terkadang kita merasa mampu mehandle semuanya sendiri, padahal tidak. Dia yang Nur, Maha Memberikan Cahaya. CahayaNya akan semakin terang di kegelapan. Biasanya aku mengibaratkan diriku baru berada di jalan yang gelap, dan itu merupakan sebuah tantangan untukku. Maka, aku selalu memohon pada Tuhan agar CahayaNya senantiasa menerangi jalanku yang gelap, agar aku tidak salah arah, agar aku tidak salah memilih jalan (keputusan), agar aku sampai pada ‘tujuan’ sesuai dengan “rute” nya, dalam hal ini adalah jalan Tuhan. Jadi, jika aku sudah meyakini seperti itu, sesulit apapun jalan yang aku tempuh, aku selalu harus percaya bahwa ada Tuhan dimanapun posisiku, Dia tidak pernah membiarkan anakNya berjalan sendiri, maka, ketika aku tidak bersyukur dengan yang aku terima, secara tidak langsung aku juga telah menyakiti Tuhan, bukan?

1 Like
  1. Saya selalu bersyukur kepada Tuhan YME atas segala nikmat, rezeki, dan anugrah yang telah diberikan kepada saya setiap hari. Selain bersyukur, cara saya lainnya yaitu dengan beribadah kepada Tuhan YME.
  2. Saya mencoba realistis, bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika orang di sekitar kurang menghargai kekurangan saya, maka saya tidak terlalu peduli dengan itu, namun terkadang tetap menjadi pertimbangan bagi beberapa kritik/saran.
  3. Saya melihat orang lain, dengan melihat orang lain saya akan mengetahui bahwa permasalahan atau kekurangan yang ada pada diri saya terkadang belum seberapa dibandingkan orang lain.
  4. Meminta motivasi dari orang lain jika dirasa motivasi dari diri sendiri kurang cukup.