© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara berpikir logis yang benar ?

berpikir logis

Kemampuan mengatasi masalah dengan cepat dan tepat membutuhkan pemikiran logis yang bisa kita kembangkan dengan memperbaiki pola pikir. Agar mampu berpikir logis, ada beberapa cara yang perlu kita lakukan, misalnya dengan melakukan latihan mental, mengenali pikiran yang irasional, dan mengubah pola hidup.

Bagaimana cara berpikir logis yang benar ?

Berpikir logis seacara benar adalah mengambil keputusan atau tindakan berdasarkan pemikiran yang mendalam, kita tidak bisa membuat patokan berpikir logis seperti apa yang benar karena setiap masalah memiliki akar permasalahan yang berbeda-beda walaupun terkadang solusinya bisa sama. Banyak hal yang bisa kita renungkan dengan cara berpikir, dan akhirnya mengambil sebuah keputusan secara matang.
Pola pikir dan kebiasaan menjadi kunci untuk bisa menerapkan berpikir logis pada kehidupan sehari-hari.

Banyak hal yang bisa membuat kita terbiasa untuk berpikir logis. Berikut adalah cara untuk membiasakan berpikir logis:

  1. Uji ingatan anda
    Seperti otot, otak juga perlu dilatih agar semakin bagus. Cara terbaik untuk melatih otak adalah dengan cara menguji daya ingat. Caranya kita melihat detail suatu barang dan berusah mengingatnya dikemudian waktu. Bisa juga dengan mengingat daftar belanjaan, bermain game yang menguji ingatan, dan hal-hal sederhana lainnya bisa membantumu untuk berlatih mengingat.

  2. Mengerjakan teka-teki
    Mengerjakan teka-teki banyak manfaatnya, teka-teki memaksa anda untuk mengingat dan berpikir diluar kemampuan normal otak. Dengan sendirinya akan meningkatkan kekuatan daya ingat dan berpikir.

  3. Mempelajari skill baru
    Mempelajari kemampuan baru seperti bahasa asing, instrumen musik, atau kegiatan seni dapat membantu menumbuhkan pemikiran yang logis. Mulai dari merancang strategi, mengingat dan mengenal hal baru, dan berkreasi akan meningkatkan kemampuan otak.

  4. Bersosialisasi
    Belajar dari orang lain adalah bentuk latihan mental. Hubungan sosial dan persahabtan mendorong otak untuk berjuang untuk lebih memahami diri dan dunia luar. Menghabiskan waktu dengan teman-teman dekat, sahabat, keluarga, atau menghadiri acara sosial akan membuat anda sadar dengan diri sendiri. Memang sulit untuk seorang pemalu atau tertutup, tetapi mendorong diri anda untuk mengambil resiko sebenarnya meningkatkan kemampuan anda untuk berpikir logis.

Sumber : http://www.wikihow.com/Think-Logically

Berpikir logis dalam setiap masalah dapat membuat kehidupan anda jauh lebih mudah. Tetapi terkadang berpikir logis saja tidak cukup untuk menyelesaikan beberapa masalah yang kondisinya jauh lebih rumit contohnya masalah yang berhubungan dengan manusia atau sisi humanisme. Dalam keadaan seperti itu, kita dituntut untuk dapat menggunakan perasaan juga atau emotionally thinking dan setelah kita memikirkannya dengan banyak pertimbangan, barulah kita bisa membuat keputusan

Sebenarnya untuk berpikir logis secara benar tidak dibutuhkan pencarian referensi mengenai berpikir logis atau belajar teorinya. Cara memahami berpikir logis yang benar sebenarnya hanya dibutuhkan kebiasaan berpikir logis setiap hari. ada orang mengatakan tentang 21 days rule atau syarat 21 hari yang memiliki makna “jika anda bisa melakukan hal yang sama selama 21 hari maka itu akan menjadi kebiasaan anda.” Banyak juga hal lain yang dapat anda lakukan untuk berlatih berpikir logis seperti mencari hobi dan keahlian baru, melatih otak anda dengan membaca dan bermain, serta bersosialisasi

Sumber :

  1. https://www.quora.com/How-do-I-train-my-brain-to-think-logically
  2. http://www.wikihow.com/Think-Logically