Bagaimana cara berpikir dewasa?

image
Seperti yang kita ketahui, kedewasaan itu tidak bisa di ukur dari umur, melainkan dari pola pikir. Dengan dasar pola pikir yang dewasa akan berpengaruh dengan sendirinya terhadap tindakan yang dilakukan dalam keseharian, baik terhadap dirinya sendiri maupun menyangkut tindakan terhadap orang lain.

  1. Ketahui Hal Yang Baik Dan Yang Buruk
    Hal ini adalah dasar bagi seseorang menuju pola pikir orang dewasa. Karena pemahaman ini jadi pondasi dalam bertindak.
  2. Jadi Pribadi Yang Positif
    Percayalah pada kemampuan diri sendiri. Pahami bahwa diri sendiri memiliki keyakinan. Jangan terpengaruh oleh keyakinan orang lain. Selain itu, hindari sikap dan perilaku negatif.
  3. Belajar Manajemen Waktu Yang Baik
    Jangan mencoba untuk menunda-nunda. Tentukan skala prioritas dalam berkegiatan.
  4. Berusaha Dengan Giat Dan Pantang Menyerah
    Tidak semua hal bisa didapat dengan mudah.
  5. Selalu Berpikir Sebelum Bertindak Atau Berucap
    Setiap ucapan dan tindakan yang sudah dilakukan, tidak akan pernah bisa ditarik kembali. Oleh karenanya harus dipilah-pilah terlebih dahulu. Cobalah untuk memikirkan sebab dan akibatnya terlebih dahulu. Sesuaikan dengan tujuan dan manfaatnya. Apakah lebih condong ke hal positif atau negatif.
  6. Biasakan Berbuat Baik Tanpa Pamrih
    Jangan berharap pujian atau cap “orang baik hati” oleh orang lain. Karena pertama, kita tidak bisa mengontrol ucapan orang lain. Kemungkinan besar kita akan kecewa. Kedua, kebaikan itu nantinya tidak akan menjadi berkah.
  7. Bertanggung Jawab Ketika Berbuat Kesalahan
    Ketika memulai, harus bertanggung jawab dengan menyelesaikannya. Dengan begitu, kepercayaan orang terhadap kita akan meningkat. Di luar itu, kesalahan memang hal yang biasa dalam hidup. Tapi jangan lepas tangan ketika kesalahan itu terjadi. Ketika diberi kritik dan saran, terimalah dan jadikan sebagai dorongan motivasi agar bisa lebih baik lagi.
  8. Coba Untuk Memahami Sudut Pandang Orang Lain
    Hal ini untuk berusaha memahami dan mengerti orang lain. Juga sekaligus untuk melatih kepedulian kita kepada orang lain.

Berikut beberapa cara berpikir dewasa:

  1. Jadilah Pribadi Yang baik selalu berpikir positif. Jangan terpengaruh oleh keyakinan orang lain. Selain itu, hindari sikap dan perilaku negatif. Karena hal itu malah buat orang lain nggak mau bergaul dengamu.
  2. Berusaha Dengan Giat Dan Pantang Menyerah. Tidak semua hal bisa didapat dengan mudah. Makannya, latihlah jiwa pantang menyerahmu. Mental ini akan memupuk diri untuk mempermudah dalam mencapai kesuksesan. Dengan usaha yang giat juga, keadaan yang dianggap mustahil pasti akan terwujud.
  3. Selalu Berpikir Sebelum Bertindak dalam hal apapun termasuk ketika berbicara.
    Setiap ucapan dan tindakan yang sudah kita lakukan, tidak akan pernah bisa ditarik kembali. Oleh karenanya harus dipilah-pilah terlebih dahulu. Cobalah untuk memikirkan sebab dan akibatnya terlebih dahulu.
  4. Memiliki tanggung jawab. Seseorang yang dewasa akan bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan tidak langsung membiarkan tanpa ada tanggung jawab
  5. Belajar Manajemen Waktu Yang Baik. Tentukan skala prioritas dalam berkegiatan. Waktu terus berjalan. Ingat pepatah “sekali menunda, maka akan ada banyak pekerjaan rumah yang terbengkalai”.