Bagaimana cara Berkomunikasi yang baik Terhadap Orang yang Memiliki Kepribadian Berbeda-beda didalam Organisasi?

Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. Menurut psikologi juga, kepribadian orang pun berbeda-beda. Pada umumnya terdapat 36 tipe kepribadian yang ada. Tentu dari 36 kepribadian tersebut memiliki cara-cara yang berbeda untuk pendekatannya.

Menurut anda, bagainana kepribadian orang dapat mempengaruhi dalam berkomunikasi ?

Kepribadian orang-orang memang berbeda-beda. Mungkin disini saya akan membahas kepribadian yang saya rasakan yaitu 2 tipe. Introvert dan extrovert. Karena menurut saya 2 kepribadian utama ini yang lebih mencolok disamping 36 tipe kepribadian seseorang. Karena bagaimana cara pendekatan kita terhadap orang yang introvert atau extrovert beda-beda. Didalam organisasi mungkin kita akan menemukan orang extrovert bekerja dengan introvert atau sebaliknya. Menurut Natalie Frank bagaimana cara orang introvert bekerjasama dengan extrovert (begitu juga tips untuk orang extrovert apabila harus bekerjasama dengan introvert) :

  1. Orang introvert lebih suka bekerja sendiri

    Pada dasarnya orang introvert membutuhkan space sendiri untuk bekerja, mereka biasa cenderung bekerja sendiri. Mungkin lebih baik untuk teman-teman extrovert bisa lebih memberikan space untuk orang introvert bekerja sesuai tugas mereka sendiri. Alangkah baiknya anda didalam organisasi lebih meng-komunikasikan terkait kerjaan untuk professional dan mengurangi bertanya personal apabila belum dekat.

  2. Orang introvert lebih cenderung tertutup

    Dengan keadaan yang tertutup seperti ini, tentu cara berkomunikasi yang baik dengan orang introvert adalah harus mengetahui terlebih dahulu dan men-treat orang tersebut dengan hati-hati dan coba kenali lebih dekat keinginan mereka apa. Sehingga anda tidak menyinggung perasaan orang introvert.

  3. Orang introvert suka kurang percaya diri untuk memberikan ide

    Pada dasarnya orang introvert punya ide atau gagasan yang baik. Akan tetapi karena mereka tertutup, ide pun tidak tersalurkan. Sehingga perlu komunikasi yang baik dan selalu meng encourage mereka untuk percaya diri memberikan idenya

Selain itu, ada juga bagaimana cara orang introvert untuk berkomunikasi orang extrovert seperti pendapat Elan Morgan yaitu :

  1. Beri space
    Perlu orang introvert mengingatkan bahwa mereka butuh space. Sehingga orang extrovert juga bisa memberikan waktu untuk me-time nya orang introvert

  2. Tunjukan kebutuhanmu
    Beri informasi apa kebutuhanmu, sehingga orang extrovert tidak meminta anda berlebihan atau berekspektasi lebih

  3. Kolaborasi
    Hal ini yang menjadi penting, karena pada dasarnya untuk bekerja didalam organisasi tentu harus berurusan dengan orang lain. Oleh karena itu, tetap lakukan koordinasi atau kolaborasi yang baik.

Pendapat-pendapat diatas merupakan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang yang berbeda kepribadiannya dengan kita. Harapannya kita bisa berkomunikasi dengan baik dan memperlakukan orang lain dengan benar.