Bagaimana cara berinteraksi dengan Orang Introvert?

Introvert

Meskipun tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin untuk dekat dengan orang introvert. Kita hanya membutuhkan lebih banyak dan kesabaran untuk bisa membuatnya nyaman berada bersama kita. Lantas bagaimana cara berinteraksi dengan orang yang memiliki kepribadian Introvert?

Sebelum kita memulai percakapan, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana berbicara dengan Orang introvert.

Simak beberapa tips berikut ini:

  1. Jangan memotong pembicaraannya.
    Ketika dia bicara, dengarkan dia dan jangan potong pembicaraannya. Jika kita memotong kalimatnya, kemungkinan besar dia akan sulit untuk mulai bicara kembali.

  2. Memulai pembicaraan.
    Sering-seringlah mengambil inisiatif untuk memulai percakapan. Orang introvert tidak akan bicara bila kamu tidak memulainya lebih dulu.

  3. Ulangi apa yang dia bicarakan.
    Tanyakan apakah penangkapanmu sudah cukup akurat? Sebab terkadang apa yang ia bicarakan bisa berarti berbeda dari yang kamu pikirkan. Dengan bertanya, dia akan merasa bahwa dia diperhatikan. Bukan berarti dia butuh diperhatikan lho ya.

  4. Ikutlah dalam keheningannya.
    Buatlah dirimu nyaman dalam ritme keheningannya. Sering kali Dia berada dalam keheningan, dalam arti ia tidak banyak bicara, meski ia sedang bersama orang lain. Biasanya dia sedang memikirkan sesuatu yang menurut dia menarik.

  5. Temani Dia.
    Salah satu sifat orang introvert biasanya tidak nyaman berada bersama orang banyak. Dari pada mengajaknya ke pesta, cobalah ikut ke tempat yang dia mau. Jika dia lebih nyaman berada di perpustakaan, misalnya, luangkan waktu beberapa jam untuk menemaninya di sana.

  6. Kenali Dia Lebih Dalam.
    Untuk memulai percakapan dengannya, tentu sebelumnya kita harus tahu topik-topik apa yang dia sukai atau yang menarik baginya. Usahakan untuk mencari tahu hal-hal tersebut jika kita tidak terlalu memahaminya.

Pendiam bukan berarti pemalu. Penyendiri bukan berarti tidak mengerti akan kehidupan sosial. Tidak berbicara bukan berarti bisu. Melamun bukan berarti kalah pada keadaan. Itulah Introvert.

Introvert itu wajar asal masih dalam batas kewajaran.