Bagaimana cara belajar ketika kita dihadapi banyak tes atau ujian ?

belajar ketika kita dihadapi banyak tes

Ketika menghadapi lebih dari satu ujian dalam satu hari dibutuhkan suatu strategi belajar yang baik agar ujian-ujian tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Tapi bagiamana caranya ?

Anda mungkin merasa seperti dapat dengan mudah mempelajari materi ujian dari satu tes, namun mungkin terbebani jika Anda memiliki beberapa tes yang diberikan untuk satu hari atau minggu. Belajar untuk beberapa ujian pasti membutuhkan beberapa persiapan ekstra. Sebelum Anda mulai belajar untuk tes apa pun, Anda harus membuat jadwal studi untuk diikuti. Begitu Anda tahu kapan harus belajar, Anda dapat berfokus pada bagaimana cara belajar untuk beberapa tes tersebut. Berikut adalah beberapa tips belajarnya :

  • Prioritaskan tes Anda mana yang pertama di ujikan dan mana yang Anda rasa akan lebih mudah bagi Anda.

    Jika diantara tes-tes tersebut ada yang Anda rasa lebih mudah dulukanlah untuk mempelajari materi tes yang Anda rasa lebih mudah mudah tersebut disusul dengan yang tersulit karena bisasanya orang akan lebih fokus dan lebih cepat waktu belajarnya jika sudah menegrti atau dirasa mudah. Jika semua materi tes dirasa sama rata maka pelajarilah materi tes berdasarkan mana yang akan diujikan terlebih dahulu.

  • Pelajarilah tes / pelajaran yang sulit dimulai sekitar seminggu sebelum Anda akan mengikuti tes.

    Jangan lakukan semuanya sekaligus.Sebagai gantinya, tinjau sedikit demi sedikit. Konsentrasilah pada bagian yang lebih sulit dari subyek lainnya tersebut. Dan juga lakukan latihan latihan untuk melatih pemahaman dan kemampuan Anda. Teruslah meninjau / berlatih selama beberapa hari ke depan sampai dengan hari ujian.

  • Malam sebelum ujian jadikan fokus utama konsentrasi Anda terutama pada bagian yang sulit Anda mengerti dan cobalah untuk memastikan bahwa Anda telah mengerti bagaimana cara untuk memecahkan atau menjawab pertanyaan-pertanyaaan berpotensial yang terkait dengan hal ini.

  • Jangan begadang belajar. Otak yang lelah di pagi hari tidak akan dapat mengingat dengan maksimal apa saja hal yang telah Anda pelajari sebelumnya. Hal terburuknya adalah Anda akan tidak ingat sama sekali dengan apa yang telah Anda pelajari. Dan juga Anda akan sulit untuk fokus mengerjakan karena Anda merasa mengantuk atau kelelahan akibat begadang semalaman untuk megejar materi ujian.

    Jadi cara terbaiknya adalah istirahat yang cukup pada malam hari sebelum ujian yaitu dengan cara tidur yang nyenyak. Dan juga argar Anda merasa nyaman sebelum ujian, pastikan bahwa Anda makan makanan yang sehat dan tidur yang cukup pada malam sebelum ujian . Ini akan membantu Anda memperhatikan ujian dan bukan hanya perasaan Anda

  • Pagi hari ujian, habiskan satu jam atau bahkan setengah jam untuk melakukan satu peninjauan terakhir, sekali lagi bagian yang lebih sulit. Ulangi proses pengkajian ulang cepat ini untuk tes Anda yang lain, jika Anda memiliki waktu yang tersedia di antara tes untuk melakukan ini. Jika tidak, maka ulaslah semua tes yang akan Anda dapatkan hari itu. Peninjauan ini berguna untuk menyegarkan kembali serta menguatkan ingatan Anda mengenai materi-materi yang telah Anda pelajari.

  • Strategi terbaik adalah sebaik mungkin, cobalah untuk mengetahui dan memahami pokok pelajaran. Belajar sebelumnya membantu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Anda juga dapat meminta bantuan guru untuk menjelaskan masalah atau topik yang sulit namun spesifikasikan tentang apa yang tidak Anda mengerti - jangan berharap guru Anda untuk mengajar ulang kursus - mereka TIDAK akan bersedia untuk melakukan hal ini.

    Anda juga dapat menemukan seseorang di kelas Anda yang tampaknya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang topik ini dan mendiskusikannya dengan mereka. Bahkan lebih baik lagi , membentuk kelompok belajar dengan mereka dan secara kolektif meninjau kembali apa yang perlu Anda ketahui untuk ujian ini.

Referensi :
https://www.quora.com/How-do-I-study-for-multiple-tests-on-the-same-day

Ujian adalah bagian penting dari pendidikan. Kita mungkin merasa biasa bila harus mempelajari materi untuk satu tes, namun bila kita dihadapkan dengan banyak tes yang berlangsung secara bersamaan atau dalam waktu berdekatan, tentu kita harus dapat mengatur strategi belajar dengan baik.

Berikut upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menghadapi multiple test.

  1. Atur jadwal belajar. Kita harus memiliki silabus dalam setiap kelas kita.Tuliskan setiap tanggal ujian untuk masing-masing ujian, dengan begitu, kita dapat melihat berapa banyak waktu yang kita punya untuk mempelajari setiap topik. Setelah itu kita harus membuat jadwal belajar untuk masing-masing topik tes. Aturlah waktu yang kita punya sedemikian rupa sehingga semua topik bisa dipelajari.

  2. Urutkan tes berdasarkan prioritas. Kita harus mengurutkan tes yang menurut kita paling penting. Setelah ujian yang paling penting telah diputuskan, kita bisa memilih untuk mempelajari lebih lama topik ujian yang menurut kita lebih penting. Pertimbangkan untuk belajar dalam urutan tanggal ujian. Kita juga bisa memilih untuk mengurutkan belajar sesuai dengan urutan tanggal ujian. Ini adalah pilihan yang baik jika kita memiliki beberapa tes yang menyebar sepanjang minggu. Pastikan kita berencana untuk belajar setidaknya satu atau dua minggu sebelum ujian.

  3. Pisahkan antara satu topik dengan topik yang lainnya. Bila kita hendak memberi stabilo pada kata kunci dari satu materi, usahakan untuk memberi warna yang berbeda pada materi yang lain. Dengan begitu materi yang telah kita pelajari tidak bercampur aduk antara yang satu dengan yang lainnya.

  4. Uji diri sendiri. Kita dapat melatih kemampuan kita dan melihat seberapa jauh pemahaman kita tentang topik yang telah kita pelajari dengan menguji diri sendiri. Kita dapat mengerjakan beberapa contoh latian soal, kita dapat memperolehnya dari internet dan sumber-sumber lain. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih dalam memahami dan agar kita lebih siap menghadapi tes-tes yang akan dihadapi.

  5. Belajar di pagi hari sebelum ujian. Sebelum ujian berlangsung, usahakan untuk mempelajari kembali atau sekedar mereview materi yang telah kita pelajari. Ulangi pereview an ini untuk materi ujian yang lain. Atau jika tidak, kita dapat mengulas semua tes yang akan kita dapatkan di hari itu.

  6. Pada malam sebelum ujian, jadikan fokus utama konsentrasi kita pada bagian yang kita anggap paling sulit. Pastikan kita benar-benar memahami mengenai topik tersebut, terutama bila topik tersebut telah diprediksi akan sering keluar pada ujian yang akan kita hadapi.

Demikianlah hal-hal yang dapat dilakukan ketika ada banyak tes yang akan kita hadapi dalam waktu yang bersamaan.

Anda mungkin merasa seperti Anda dapat dengan mudah mempelajari satu tes, namun mungkin terbebani jika memiliki beberapa tes yang diberikan untuk satu hari secara bersamaan. Belajar untuk beberapa ujian pasti membutuhkan beberapa persiapan ekstra. Sebelum Anda mulai belajar untuk tes apa pun, Anda harus membuat jadwal studi untuk diikuti. Begitu Anda tahu kapan harus belajar, Anda dapat berfokus pada bagaimana belajar untuk beberapa tes. Berikut merupakan cara belajar atau tips belajar untuk mempersiapkan ujian secara bersamaan :

  1. Membuat jadwal belajar
    Membuka atau membuat jadwal terlebih dahulu kemudian rank mana yang mudah dan mudah dipelajari. Buat prioritas mana yang akan didahulukan dan mana nilai yang membutuhkan nilai paling tinggi dan perbaikan untuk kedepannya. Buat prioritas jam belajar tadi untuk beberapa pelajaran yang akan diujikan dan cobalah aplikasikan di dunia nyatanya.
  2. Gunakan keterampilan belajar yang baik
    Kamu pasti punya cara belajar sendiri, gunakan itu sebagai cara belajarmu dan jangan lupa belajar jauh jauh hari untuk menghindari kebut semalam Karena itu akan memaksa otakmu belajar ekstra. Hindari juga mengeluh di hari mendekati ujian, relax kan tubuhmu dan lakukan yang menurutmu akan membuatmu santai saat belajar.
  3. Jangan lupa berlatih
    Jangan kehilangan fokus saat menjelang hari hari ujian, buat waktu yang bermanfaat dengan mencoba latihan latihan soal yang ada. Fokuslah pada satu subjek pembelajaran terlebih dahulu, dahulukan yang menjadi prioritas. Jika kamu ada 3 study ujian secara bersamaan, buat juga dirimu beristirahat Karena otak dan diri juga perlu istirahat sejenak tidak bisa dipaksa begitu saja.
  4. Berinteraksi lah dengan teman sesama
    Belajar tidak membuatmu tunduk dan menjadi apatis, ada kalanya kamu akan mencari bantuan dan mendapatkan informasi dari diskusi teman tadi.