Bagaimana cara belajar gitar yang baik untuk pemula?

istock_000001012729medium

Bagi para calon gitaris alangkah baiknya mengatahui hal – hal dasar yang harus dikuasai atau yang harus dipahami terlebih dahulu meskipun itu terlihat sepele tapi akan berpengaruh untuk kedepannya, lalu bagaimana cara belajar gitar yang baik untuk pemula?

Jadi skill yang harus dikuasai terlebih dahulu untuk para calon gitaris yaitu

  1. Mengenal Bagian – Bagian Dari Gitar
    Mengenal bagian dari gitar adalah langkah awal untuk belajar gitar, karena dengan kita tau atau paham mengenai bagian – bagian dari gitar kita akan lebih kenal tentang alat musik yang kita akan pelajari, dan tentunya akan mempermudah dalam membeli sparepat jika gitar kita mengalami kerusakan. Jika kita mengenal bagian – bagian gitar kita akan lebih percaya diri dan menjadikan diri kita seorang gitaris 100% karena kita kenal dengan alat musik kita, ingat peribahasa Tak Kenal Maka Tak Sayang. Untuk mengenal bagian gitar lebih jauh baca Mengenal Bagian – Bagian Gitar Akustik & Elektrik.

  2. Belajar Menyetem atau Menyetel Gitar
    Skill yang harus dipelajari selanjutnya yaitu menyetem gitar hingga gitar tidak fals saat dimainkan. Menyetem gitar mungkin hal yang sepele tapi banyak para gitaris pemula dan menengah yang juga tidak bisa menyetem gitarnya dengan benar dan lebih parahnya tidak tau bagaiaman cara menyetem gitar. Ini berhubungan dengen kepekaan indra pendengaran kita, semakin kita dilatih untuk mengenal nada – nada gitar semakin peka pendengaran kita, jadi fals atau tidak bisa terdengar dan kita secara otomatis akan menyetem gitar yang kita mainkan. Tanpa ada skill ini kita akan kesulitan dan akan repot – repot untuk menyetem gitar ke teman yang bisa menyetem gitar, Bagaimana bisa menjadi gitaris jika menyetem gitar saja masih ngg bisa. Kuasai teknik ini terlebih dahulu sebelum menginjak ke level selanjutnya. Ini penting! karena manfaatnya sangat besar.

  3. Mengenal Chord Tiap Senar Gitar
    freet_tangga_nada_cTahap Selanjutnya yaitu mengenal chord tiap senar gitar mulai dari senar nomor 1 – 6. Bisa lihat gambar diatas gambar adalah chord – chord dasar dari setiap senar gitar 1-6. Kita harus tau chord ini pada senar ini tempatnya disini kita harus paham. Jika dari awal kita sudah paham mengenai chord – chord yang ada pada setiap senar untuk selanjutnya akan mudah memahami chord – chord crash# dan tangga nada. Chord dasar meliputi C D E F G A B seperti di gambar. Manfaat lain jika kita memahami chord dalam tiap senar otomatis kita akan langsung bisa memainkan alat musik gitar bass.

  4. Teknik Picking
    Sebelum belajar chord – chord dasar kita harus menguasai teknik picking. Teknik picking adalah skill yang harus dikuasai dengan benar, karena jika salah atau sembarangan akan berdampak pada cara dan kualitas skill bermain gitar kita. Seperti cara memegang pick gitar dengan benar dan cara memetik atau menggenjreng gitar dengan benar harus dikuasai terlebih dahulu dengan benar. Jika kita sudah bisa menggunakan teknik picking dengan benar untuk langkah selanjutnya hingga pada level skill yang lain akan lebih mudah dan lebih berkualitas cara bermain gitar kita. Intinya jika teknik picking kita benar, maka teknik yang lain akan lebih mudah untuk dimainkan dan dikuasai.

  5. Mengenal Kunci Dasar
    Langkah yang terkhir bagi seorang gitaris pemula yaitu belajar memainkan chord – chord dasar. Banyak buku – buku ataupun di internet yang dapat menginformasikan kepada kita tentang apa saja kunci – kunci dasar pada gitar, seperti kunci C, B, A, B, G, dll. Belajarlah chord – chord dasar hingga kita dapat mengiringi sebuah lagu, ataupun beberapa lagu. Mengenai posisi tangan kiri untuk membentuk sebuah chord usahakan agar jempol kita tidak sampai kelihatan dibagian atas neck gitar ketika kita memainkan chord.