Bagaimana cara belajar dengan mudah ?

cara belajar dengan mudah

Belajar sangat diperlukan agar kita dapat mengerti, memahami, dan memahami suatu hal. Namun, belajar sering kali sulit untuk dilakukan. Jadi, bagaimana cara agar kita bisa mempelajari suatu hal dengan lebih mudah?

Berikut adalah cara belajar lebih cerdas dan mudah dengan kebiasaan belajar yang terbukti dan efektif ini.

1. Bagaimana Anda mendekati masalah belajar?

Terlalu banyak orang melihat belajar sebagai tugas yang diperlukan, bukan kenikmatan atau kesempatan untuk belajar. Tidak apa-apa, tapi para periset telah menemukan bahwa bagaimana Anda mendekati sesuatu menjadi hal yang hampir sama dengan apa yang Anda lakukan.

Berada dalam pola pikir yang benar adalah penting untuk belajar lebih cerdas. Terkadang Anda tidak bisa “memaksa” diri Anda berada dalam pola pikir yang benar, dan pada saat seperti itulah Anda seharusnya menghindari belajar. Jika Anda terganggu oleh masalah hubungan, permainan yang akan datang, atau menyelesaikan proyek penting, maka belajar hanya akan menjadi latihan frustrasi. Kembalilah ke sana saat Anda tidak fokus oleh sesuatu yang lain terjadi dalam hidup Anda.

2. Tempat belajar itu penting

Banyak orang membuat kesalahan belajar di tempat yang sangat tidak kondusif untuk berkonsentrasi. Tempat dengan banyak gangguan membuat area belajar menjadi miskin. Jika Anda mencoba dan belajar di kamar asrama Anda, misalnya, Anda mungkin menemukan komputer, TV, atau teman sekamar lebih menarik daripada bahan bacaan yang ingin dicerna.

Perpustakaan, sebuah sudut di ruang pelajar atau ruang belajar, atau sebuah kedai kopi yang tenang adalah tempat yang baik untuk check out. Pastikan untuk memilih daerah yang sepi di tempat-tempat ini, bukan di daerah pengumpulan yang keras. Selidiki beberapa tempat di kampus dan di luar kampus, jangan hanya memilih yang pertama yang Anda temukan sebagai “cukup baik” untuk kebutuhan dan kebiasaan Anda. Menemukan tempat belajar yang ideal itu penting, karena itu adalah salah satu yang dapat diandalkan untuk diandalkan dalam beberapa tahun ke depan.

3. Bawa semua yang anda butuhkan, tidak ada yang tidak anda sukai

Sayangnya, ketika Anda menemukan tempat yang ideal untuk belajar, terkadang orang membawa barang yang tidak mereka butuhkan. Misalnya, walaupun mungkin ideal untuk mengetikkan catatan ke komputer untuk dilihat kembali nanti, komputer adalah gangguan yang kuat bagi banyak orang karena mereka dapat melakukan begitu banyak hal yang berbeda.

Bermain game, online, berselancar di Web, dan menjawab email adalah semua gangguan indah yang tidak ada hubungannya dengan belajar. Jadi tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan komputer untuk mencatat, atau apakah Anda bisa melakukannya dengan kertas kuno dan pena atau pensil.

Jangan lupakan hal-hal yang perlu dipelajari untuk kelas, ujian atau kertas yang Anda fokuskan untuk sesi belajar. Tidak ada yang lebih memakan waktu dan boros daripada harus berlari bolak-balik secara teratur karena Anda lupa buku penting, kertas, atau beberapa sumber lain yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses. Jika Anda belajar paling baik dengan permainan musik favorit Anda, pastikan iPod Anda ada bersamamu.

4. Buat garis besar dan tulis ulang catatan Anda

Kebanyakan orang merasa bahwa mengikuti format garis besar standar membantu mereka merebus informasi sampai ke komponen dasarnya. Orang menemukan bahwa menghubungkan konsep serupa bersama membuat lebih mudah diingat saat ujian datang.

Hal penting yang perlu diingat dalam menulis garis besar adalah bahwa garis besar hanya kata-kata sebagai alat pembelajaran bila ada dalam kata-kata dan struktur Anda sendiri. Setiap orang unik dalam bagaimana mereka mengumpulkan informasi serupa (disebut “chunking” oleh psikolog kognitif). Jadi, saat Anda menyambut baik untuk menyalin catatan orang lain atau garis besar, pastikan Anda menerjemahkan catatan tersebut dan menjelaskannya ke dalam kata-kata dan konsep Anda sendiri.

Gagal melakukan ini adalah apa yang sering menyebabkan banyak siswa tersandung dalam mengingat barang-barang penting. Mungkin juga bermanfaat untuk menggunakan indra sebanyak mungkin saat belajar, karena informasi lebih mudah dipertahankan pada orang-orang ketika indera lainnya terlibat. Itulah mengapa menulis catatan bekerja di tempat pertama - ini menempatkan informasi ke dalam kata-kata dan istilah yang Anda pahami. Mouthing kata-kata keras saat Anda menyalin catatan sebelum ujian penting bisa menjadi salah satu metode untuk melibatkan pengertian lain.

5. Gunakan permainan memori

Permainan memori, atau perangkat mnemonik, adalah metode untuk mengingat potongan informasi dengan menggunakan perkumpulan sederhana dari kata-kata umum. Paling sering orang merangkai kata-kata untuk membentuk kalimat omong kosong yang mudah diingatnya. Huruf pertama dari setiap kata kemudian dapat digunakan untuk berdiri untuk sesuatu yang lain - bagian dari informasi yang ingin Anda ingat.

Contoh perangkat mnemonik yang paling umum adalah “Every Good Boy Deserves Fun.” Menempatkan huruf pertama dari setiap kata bersama - EGBDF -. Kunci perangkat memori semacam itu adalah frase atau kalimat baru yang Anda dapatkan harus lebih diingat dan lebih mudah diingat daripada istilah atau informasi yang ingin Anda pelajari.

Ini tidak bekerja untuk semua orang, jadi jika tidak bekerja untuk Anda, jangan menggunakannya. Perangkat mnemonik sangat membantu karena Anda menggunakan lebih banyak otak untuk mengingat gambar visual dan aktif daripada yang Anda ingat hanya daftar item. Menggunakan lebih banyak otak Anda berarti ingatan yang lebih baik.

6. Berlatih sendiri atau dengan teman

Beberapa orang menikmati meninjau materi mereka dengan sekelompok teman atau teman sekelas. Kelompok-kelompok seperti itu bekerja paling baik bila mereka tetap kecil (4 atau 5 orang lainnya), dengan orang-orang dengan kemampuan akademis yang sama, dan dengan orang-orang yang mengikuti kelas yang sama.

Format yang berbeda bekerja untuk kelompok yang berbeda. Beberapa kelompok suka bekerja melalui bab-bab bersama, saling menanyai saat mereka melewatinya. Orang lain suka membandingkan catatan kelas, dan meninjau materi seperti itu, memastikan mereka tidak melewatkan poin kritis apa pun. Kelompok belajar semacam itu dapat membantu banyak siswa, tapi tidak semuanya.

Sumber : https://psychcentral.com/lib/top-10-most-effective-study-habits/

Belajar adalah kebutuhan bagi setiap pelajar ataupun mahasiswa bukan sebuah kewajiban tetapi sebuah kebutuhan. Terkadang pelajar ataupun mahasiswa malas untuk belajar karena mengalami kesulitan untuk memahami sebuah materi. Ataupun karena materi yang sangat susah dipahami. Ada beberapa cara agar mempermudah Anda dalam belajar.

1. Pelajari informasi yang sama dengan berbagai cara
Penelitian (Willis, J. 2008) menunjukkan bahwa media yang berbeda merangsang berbagai bagian otak. Semakin banyak area otak yang diaktifkan, semakin besar kemungkinan Anda akan mengerti dan menyimpan informasinya. Jadi untuk mempelajari topik tertentu, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti, Baca catatan kelas, Baca buku teksnya, Cari sumber online lainnya, Buat mind map, Ajari seseorang apa yang telah Anda pelajari, Lakukan masalah praktik dari berbagai sumber. Tentu saja, Anda tidak akan dapat melakukan semua hal ini dalam sekali duduk. Tapi setiap kali Anda meninjau topik, gunakan sumber atau metode yang berbeda - Anda akan belajar lebih cepat dengan cara ini.

2. Pelajari beberapa materi setiap hari, daripada hanya terfokus pada satu atau dua materi
Ini lebih efektif untuk mempelajari banyak subjek setiap hari, daripada menyelami dalam satu atau dua mata pelajaran (Rohrer, D. 2012). Misalnya, jika Anda mempersiapkan ujian matematika, sejarah, fisika, dan kimia, lebih baik mempelajari sedikit setiap pokok bahasan setiap hari. Pendekatan ini akan membantu Anda untuk belajar lebih cepat daripada dengan hanya berfokus pada matematika pada hari Senin, sejarah pada hari Selasa, fisika pada hari Rabu, kimia pada hari Kamis, dan seterusnya. Karena Anda cenderung membingungkan informasi serupa jika Anda mempelajari banyak topik yang sama dalam satu hari. Jadi untuk belajar cerdas, terbentang waktu belajar Anda untuk setiap subjek. Dengan demikian, otak Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengkonsolidasikan pembelajaran Anda.

3. Tinjau informasi secara berkala
Peninjauan berkala sangat penting jika Anda ingin memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek Anda ke memori jangka panjang Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan nilai ujian yang lebih baik. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian (Cepeda, N. 2008), review berkala mengalahkan yang langsung mereview semuanya sekagilus. Interval review yang optimal bervariasi, tergantung pada berapa lama Anda ingin menyimpan informasinya.

4. Jangan multitask
Data menyebutkan bahwa Multitasking membuat Anda kurang produktif, lebih terganggu, dan bodoh. Studi bahkan menunjukkan bahwa orang yang mengaku pandai multitasking sebenarnya tidak lebih baik dari pada rata-rata orang. Siswa yang efektif hanya fokus pada satu hal pada satu waktu. Jadi, jangan mencoba untuk belajar sambil juga sebentar-sebentar membalas pesan teks, nonton TV, dan mengecek umpan Twitter Anda.

5. Sederhanakan, Rangkum, dan Kompres Informasinya
Gunakan perangkat mnemonik seperti akronim, karena ini terbukti meningkatkan efisiensi belajar. Belajar secara cerdas dengan menggunakan perangkat mnemonik bila memungkinkan. Selain itu, Anda bisa meringkas informasi tersebut ke dalam tabel perbandingan, diagram, atau peta pikiran. Cara ini akan membantu Anda mempelajari informasinya lebih cepat.

6. Tulis segala sesuatu yang membuatmu takut
Pikiran macam ini mungkin berjalan melalui kepala Anda sebelum Anda mengikuti ujian. Tapi jika pikiran ini berjalan liar, kecemasan yang menyertainya bisa mempengaruhi nilai Anda. Dalam satu percobaan, peneliti di University of Chicago menemukan bahwa siswa yang menulis tentang perasaan mereka tentang ujian yang akan datang selama 10 menit dilakukan lebih baik daripada siswa yang tidak. Para periset mengatakan bahwa teknik ini sangat efektif untuk penderita kebiasaan. Psikolog Kitty Klein juga telah menunjukkan bahwa tulisan ekspresif, dalam bentuk journal, meningkatkan daya ingat dan pembelajaran. Klein menjelaskan bahwa tulisan semacam itu memungkinkan siswa mengungkapkan perasaan negatif mereka, yang membantu mereka untuk tidak terlalu terganggu oleh perasaan ini. Agar kurang cemas, luangkan waktu 10 menit dan tuliskan semua hal yang berkaitan dengan ujian yang akan datang yang Anda khawatirkan. Sebagai hasil dari latihan sederhana ini, Anda akan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Dari beberapa cara tersebut bisa Anda praktekkan agar Anda bisa mudah dalam belajar dan Anda bisa menyerap materi dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Sumber : https://www.daniel-wong.com/2015/08/17/study-smart/

Belajar merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari karena bagaimanapun juga kita adalah mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk belajar, senang maupun tidak senang. Dan diantara kita pasti memiliki rasa malas untuk belajar, menganggap bahwa belajar itu merupakan beban, dan sebagian dari kita sebenarnya hanya tidak tahu cara yang menyenangkan untuk belajar. Nah untuk itu saya akan membagi tips agar menjadikan belajar itu sesuatu yang mudah dan menyenangkan.

  1. Susunlah jadwal keseharianmu (pilihlah waktu yang tepat)
    Cobalah untuk mengatur jadwal keseharian dengan baik. Kapan belajar, kapan bermain, kapan pergi bersama teman-teman, kapan untuk menonton tv, dan kapan untuk istirahat.
    Belajar yang efektif harus memerlukan waktu yang tepat. Jika kita belajar pada saat yang kurang tepat maka materi yang sedang kita pelajari tidak akan maksimal tersimpan di otak kita, misalnya ketika mata sudah sangat mengantuk, maka tidak akan bisa membuat kita konsentrasi dalam belajar, oleh karena itu pikiran dan juga badan harus dalam keadaan fresh agar materi lebih mudah dimengerti dan dipahami.

  2. Ciptakan suasana yang nyaman
    Belajarlah dengan suasana yang nyaman, senyaman pikiran kita. Kita bisa coba belajar di kamar, teras rumah atau bahkan di taman dengan ditata sedemikian rupa sesuai kecocokan kita. Atau juga bisa belajar sambil mendengarkan musik. Intinya, ciptakan suasana yang menurut kita sendiri nyaman. Atau bisa juga dengan membuat ruang khusus belajar, meskipun ruangan tersebut tergabung dalam kamar kita, karena suasana yang nyaman bisa membuat pikiran menjadi tenang sehingga materi pelajaran yang akan kita pelajari akan lebih cepat diterima otak.

  3. Pahami materi dan jangan menghafal
    Menghafal memang ampuh untuk mendapat nilai yang memuaskan. Tapi percuma, pengetahuan kita tidak bertambah. Tidak jarang juga lewat satu minggu saja lupa materi apa yang dihafal. Untuk itu, belajarlah dengan memahami garis besar materi, bagaimana konsepnya dan bagaimana detail-nya dan jika ingin menhafalkan materi maka harus pahami dulu materinya.

  4. Merangkum Materi Pelajaran
    Merangkum materi memiliki dua keuntungan bagi kita yaitu keuntungan yang pertama dengan merangkum materi secara tidak langsung kita pula telah membaca buku pelajaran, otomatis kita akan sedikit faham dengan materi yang sedang kita pelajari. Nah keuntungan kedua, untuk memantapkan bahwa kita mengerti yaitu dengan membaca kembali hasil rangkuman tadi, dengan begitu kita tidak harus membaca buku tebal yang membuat kita bosan. jadi yang kita baca adalah rangkuman/catatan kecil kita.

  5. Belajar sambil diskusi (misal dengan teman)
    Jika merasa kurang paham belajar sendirian, kamu bisa coba belajar sambil diskusi. Kalau perlu, buatlah teman diskusi di kelasmu dan buat jadwal belajar bersama. Ini akan semakin memudahkan kamu dalam memahami sebuah materi pelajaran karena ada sistem tutor sebaya. Tidak ada cara belajar yang lebih mengasyikan selain berdiskusi. Berdiskusi dengan teman sangat baik dijadikan cara belajar agar lebih menyenangkan. Kamu bisa bertukar pikiran dan saling membantu apabila temanmu mengalami kesulitan.

  6. Lebih banyak membaca
    Membaca bisa memperluas ilmu pengetahuan kita. Untuk mengetahui lebih banyak materi pelajaran maka sebaiknya perbanyak membaca, sehingga lebih banyak buku yang kita baca maka semakin luas ilmu yang kita dapatkan.

Sumber : http://inaismifatmawati.blogs.uny.ac.id/2015/10/26/cara-belajar-yang-efektif-dan-menyenangkan/

Berikut adalah cara untuk belajar dengan lebih mudah

1. Beri garis bawah
Menandai hal penting adalah hal termudah yang bisa dilakukan. Carilah bagian-bagian penting sehingga saat anda membacanya lagi, anda dapat langsung tertuju pada poin penting yang anda butuhkan.

2. Buatlah catatan anda sendiri
Saat anda membaca catatan anda sendiri, anda akan lebih bisa mengerti hal yang anda pelajari. Hal itu dikarenakan anda mempelajari sesuatu dengan gaya bicara anda sendiri sehingga dapat lebih mudah dipahami dan lebih cepat diserap.

3. Membuat mind map
Sebuah mindmap yang baik dapat menghemat waktu berjam-jam. Mind map juga dapat digunakan untuk brainstorming.

4. Membuat Flashcard
Flashcard adalah sebuah kartu yang mengandung informasi-informasi singkat. dengan menggunakan flashcard anda akan lebih mengerti tentang fakta-fakta berbeda, tanggal, rumus, dan kosakata baru. Pelajaran seperti sejarahm fisika, mat, kimia, geografi, atau bahasa apapun akan lebih mudah dipelajari dengan flashcard

5. Jadwalkan jam belajar anda
Dengan membuat jadwal belajar anda kan jauh lebih terorganisir. hal ini dapat memudahkan anda saat belajar. Dengan menentukan jadwal belajar anda memberikan diri anda sendiri jangka waktu untuk belajar dan mecapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

sumber : https://www.goconqr.com/en/examtime/blog/10-study-tips-to-improve-your-learning/