Bagaimana cara belajar dari catatan kuliah ?

catatan kuliah

Banyak dari mahasiswa baru masih belum bisa belajar dari catatan kuliah yang mereka tulis karena baru beralih dari masa sma.

Gimana sih cara belajar dari catatan kuliah ?

Ada beberapa tips untuk belajar dari catatan saat kuliah,yaitu :

1.Kembangkan cara untuk menata catatan.
Kumpulan catatan kuliah yang tertata dengan baik adalah salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan ujian Anda. Catatan yang tersebar, hilang, tidak lengkap dan tidak berurutan menciptakan stres dan menghabiskan waktu berharga yang bisa dihabiskan untuk belajar,bukan mencari catatan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur catatan Anda :

  • Warna-koordinat folder pada buku catatan untuk setiap mata kuliah Anda. Misalnya anda beli buku catatan dan berfolder hijau untuk ilmu pengetahuan, buku catatan dengan folder biru untuk sejarah, buku catatan dengan folder merah untuk sastra dan sebagainya.

  • Pada halaman pertama, tulis judul materi,tanggalnya dan mulailah mencatat. Mulailah setiap materi berikutnya di halaman baru dan sekali lagi tulis judul dan tanggalnya. Jika Anda ketinggalan kelas, tinggalkan beberapa halaman di buku catatan Anda, mintalah seorang teman atau guru anda untuk mendapatkan catatan tersebut dan memasukkannya ke dalam halaman kosong.

  • Cara lain untuk mengatur catatan Anda adalah dengan membeli paper clip atau penjepit kertas, penanda halaman, pembatas halaman dan catatan saku untuk catatan kecil dan tugas.

  • Jika guru anda mengizinkan anda menggunakan laptop di kelas untuk mencatat, buatlah satu folder untuk setiap materi. Mulailah dengan membuat folder dengan nama materi, pada halaman awal isi dengan judul materi dan tanggal materi diterangkan.

2.Gunakan 4R : Review,Reduce,Recite dan Reflect

  • Review atau Tinjau ulang lah catatan kuliah secara strategis
    Walaupun membaca,menulis,dan kuliah secara singkat(Biasanya sehari sebelum ujian) atau biasa disebut Sistem kebut semalam adalah praktik yang sudah umum terjadi, penelitian menunjukan bahwa ini adalah strategi belajar yang sangat tidak efektif karena otak anda bukanlah sebuah perekam video.Meski demikian,membaca sedikit demi sedikit setiap materi kuliah yang dilakukan secara rutin dapat membantu,jika dilakukan secara benar.
    Ada 2 cara yang membantu untuk mengingat materi dikuliah :
  1. Baca kembali materi kuliah setelah materi kuliah itu diberikan.
    Dalam waktu 24 jam setelah materi diberikan,setidaknya otak anda akan mengingat 50% dari materi. Jika menunggu lebih dari 24 jam,otak anda akan mengingat materi hanya 20% nya saja.

  2. Cara lainnya adalah membuat sebuah Mind Mapping atau Peta Konsep.
    Peta Konsep merupakan diagram yang mendorong pemikiran kritis. Diagaram ini secara visual menunjukan hubungan antara konsep-konsep yang membantu anda mengatur dan mengevaluasi gagasan utama dan rincian pendukung yang disajikan dalam catatan kuliah anda. Semakin banyak koneksi yang Anda buat di peta konsep, semakin besar kemungkinan anda mengingat materi dan memahaminya.

  • Kurangi Catatan Anda
    Pada hari yang sama atau setelah materi diberikan, segeralah merangkum catatan anda.
    Identifikasikan point-point penting,tanggal,nama,dan contoh yang diberikan dalam materi. Tulis ringkasan dengan bahasa atau kata-kata anda sendiri, menulisnya dengan kata-kata sendiri akan memaksa otak anda untuk bekerja.Semakin banyak bekerja,semakin kuat otak anda untuk mengingat.
  • Ucapkan Kembali
    Lihat kembali ringkasan atau peta konsep yang anda buat selama beberapa menit.Ucapkan ringkasan atau peta konsep dengan lantang dan dengan kata-kata sendiri,lakukan ini 2-3 kali kemudian ulangi kembali tiap beberapa waktu.
  • Merefleksikan kembali
    Refleks adalah proses merenungkan atau memikirkan kembali secara mendalam tentang materi. Karena kita lebih cenderung mengingat hal-hal yang dapat kita personalkan, merenungkan apa yang telah kita pelajari dan bagaimana kaitannya dengan pengalaman kita bisa sangat membantu.
    Untuk mendapatkan hasil maksimal dari refleksi, catat jawaban Anda dengan cara tertentu, entah itu melalui tulisan tradisional, garis besar, diagram, rekaman audio atau cara lain.

3.Manfaatkan Self-Testing sebagai proses belajar

  • Ubah Buku catatan kuliah dengan Buku catatan kecil.
    Penelitian menunjukan bahwa pelajar yang menggunakan buku catatan kecil untuk belajar ujian,Nilainya lebih tinggi daripada pelajar yang tak menggunakannya. Barang kecil ini berdampak besar. Kamu hanya butuh buku kecil ukuran sekitar 15x9cm , bolpoint dan penghapus tinta.Mulailah menulis pertanyaan singkat dan jawaban nya.
  • Praktekan Self-Testing dari Buku catatan kuliah
    Mencoba sendiri materi yang ada di catatan kuliah adalah strategi belajar yang sangat efektif.Cara ini memaksa otak anda bekerja untuk mengingat informasi dan menguatkan daya ingat otak. Ambil buku catatan mu,buat lah pertanyaan sesuai materi dan tulislah jawaban nya. Lakukan self-testing secara rutin dan berulang ulang.

4.Belajar dari catatan kuliah mu dengan cara lain
Cari Partner atau teman belajarmu adalah salah satu cara untuk belajar dari catatan kuliahmu.
Belajar dan mengajari seseorang mengharuskan anda untuk memberi tahu ulang dan memproses informasi lebih dalam.Mintalah orang itu untuk memberikan pertanyaan dari apa yang anda jelaskan kepadanya, lakukan ini secara bergiliran.

Sumber :

Catatan Kuliah
Catatan-catatan kuliah menyediakan materi tentang perkuliahan. Mereka akan membantumu dalam mempelajari dan mengingat ide serta fakta yang berikan. Catatan yang di rombak dan diubah dapat membentuk dasar penggabungan dari semua materi kuliah dan informasi. Ini dapat membantu untuk mengurangi penghafalan.

Catatan mungkin juga menunjukan kepahamanmu terhadap materi. Mereka harus mendorongmu untuk berpikir aktif dalam perkuliahan dan membaca referensi. Catatan mungkin juga mewakili pertanyaan dan reaksimu. Jika catatan digunakan sesuai yang disarankan, dapat membantu kamu mengatasi rasa malu dan ketakutan terhadap ujian melalui lebih banyak belajar dan persiapan.

Isi Materi Kuliah

Pengajar memiliki ide yang berbeda-beda tentang apa “belajar” yang harus dimasukkan dalam kuliah mereka. Di awal perkenalan, mendapat inti dari pegetahuan merupakan tujuan utama. Lainnya, sudut pandang yang berlainan mungkin dikritik, isu kontroversi mungkin didiskusikan, penelitian mungkin disajikan, teori yang menginspirasi mungkin ditekankan. Penting bagi kamu mencoba untuk mengikuti arahan pengajar sebab akan membantumu fokus pada materi.

Kamu juga harus mencoba untuk menyadari darimana konten kuliah berasal agar kamu dapat memeriksa dan mengklarifikasi informasi tersebut. Beberapa pengajar akan langsung mengikuti buku kuliah, sementara yang lain akan menggunakan materi dari sumber tambahan atau pengalaman pribadi.

Mengetahui detail atau peraturan umum akan membantu untuk merencanakan catatan sebenarnya pada konten. Beberapa pengajar mungkin hanya memberikan beberapa poin dengan penjelasan untuk membuat menjadi lebih jelas tapi tidak terlalu penting untuk catatan yang sebenarnya. Beberapa pengajar lainnya mungkin mengisi jam kuliah dengan fakta, memberikan kamu opsi untuk menentukan poin utama.

Pola Kuliah

  1. Induktif – memulai dengan fakta kecil, yang kemudian diakhiri kesimpulan utama.
  2. Deduktif – mulai dengan poin utama dan sedikit demi sedikit berlanjut ke fakta terkecil.
  3. Kronologis – diurut berdasarkan waktu, biasanya paling awal adalah data paling baru.
  4. Spatial – menggunakan diagram, peta, atau gambar untuk penunjuk arah di perkuliahan.
  5. Logikal – mengikuti urutan dari peristiwa atau langkah secara evolusioner.
  6. Topikal – menyajikan beberapa konten tanpa ada hubungan yang jelas.

Saran Saat Membuat Catatan Kuliah

1. Sebelum kelas
Mengulas catatan-catatan kemarin dan ubah. Pikirkan tentang materi apa yang akan diberikan pengajar pada hari ini. Pelajari dengan baik materi yang mungkin disampaikan hari ini. Lakukan survei atau ulasan untuk pelajaran selanjutnya.

2. Di kelas
Apa yang harus dilakukan adalah :

  1. Lakukan lebih banyak mendengarkan, berpikir, dan sedikit menulis jika kamu mengerti tentang materi yang disampaikan.
  2. Perhatikan segala verbal, visual, dan petunjuk gerakan tubuh yang mengindikasikan poin utama. Contoh: nada suara, materi di papan tulis, pengulangan, dan gesture tubuh.
  3. Ajukan pertanyaan atau tulis pertanyaan yang ingin diajukan untuk diklarifikasi selanjutnya jika kamu merasa tidak benar atau kurang mengerti.
  4. Duduk di urutan depan kelas jika kamu memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi. Jaga kontak mata dengan pengajar jika mungkin
  5. Memiliki sistem dalam mengambil catatan

3. Setelah kelas
Ubah catatanmu secepat mungkin karena semakin cepat kau melakukannya maka semakin sedikit yang kau lupakan.

3.1. Mengatur/merombak catatan :

  1. Angka, label atau garis bawahi untuk penekanan utama dan poin-poin kecil.
  2. Hapus pengulangan atau materi yang tidak tepat.
  3. Tambahkan atau klarifikasi data yang dibutuhkan (kurang jelas/kurang mengerti).
  4. Berikan batas di tiap topik utama.
  5. Rangkum catatan

3.2. Persiapan untuk ulasan:

  1. Tulis ringkasan pernyataan
  2. Ubah judul utama menjadi pertanyaan untuk digunakan untuk ulasan yang selektif
  3. Tandai poin-poin yang mungkin akan keluar di ujian
  4. Tulis kemungkinan pertanyaan pada materi yang diberikan

Sumber :

http://sas.calpoly.edu/asc/ssl/lecturenotes.html

Bagaimana cara belajar catatan perkuliahan

Sebelum Perkuliahan:

  1. Membaca semua materi yang ditugaskan
  2. Lebih mendalami lagi topik dan catatan perkuliahan yang telah diberikan dari perkuliahan sebelumnya

Selama Perkulaihan:

  1. Tambahkan beberapa detail yang dibutuhkan agar rangkumannya menjadi lengkap
  2. Tetap mencatat hal – hal penting saat diskusi berlangsung
  3. Mempersingkat dan menulis dalam frase daripada menuliskan dalam bentuk kalimat lengkap. Tulislah yang penting-pentingnya saja agar dapat lebih dimengerti saat mereviewnya
  4. Menulis tanggal di catatan dan jika menggunakan kertas loose-leaf, nomerilah halaman tersebut.
  5. Perhatikan baik-baik hal berikut ini:
    • Hal utama yang paling penting dari perkuliahan, biasanya diberikan di menit – menit pertama pembelajaran
    • Istilah – istilah, definisi, contoh
    • Topik dan daftar pembelajaran
    • Poin yang ditekankan atau yang diulang
    • Penjelasan lisan yang diberikan saat ada gagasan atau istilah yang ada di papan atau proyeksi
    • Ketika professor secara khusus menyebutkan atau memperbaiki teks yang salah
  6. Tambahkan visual atau diagram, jika sesuai, untuk lebih menggambarkan konsep

Hari yang sama dengan perkuliahan:

  1. Membaca ulang catatan setelah kelas selesai, tambahkan beberapa informasi dari bacaan tersebut
  2. Lingkari kata kunci dan ungkapan dalam catatan anda
  3. Atur catatan anda dengan menyalinnya kembali di notebook atau mengetiknya di computer
  4. Bandingkan catatan anda dengan catatan teman sekelas
  5. Tanyakan pada diri anda, “Apa gagasan utama dari ceramah ini?” Tulis kesimpulannya di akhir catatan anda

Mengevaluasi dan mempelajari catatan perkuliahan anda:
Setelah setiap perkuliahan, tanyakan kepada diri anda sendiri:

  1. Apa pokok penting dari pembelajarannya? Tulis ringkasan singkat di akhir catatan anda
  2. Apa poin utama, konsep, rincian, masalah atau contoh yang mendukung pokok pembelajaran? Temukan hal – hal tersebut dan tulislah di pinggir catatan anda atau highlight hal tersebut dalam catatan anda
  3. Apa saja istilah penting (atau kejadian atau tokoh) yang termasuk dalam perkuliahan ini? Buat daftarnya di margin atau highlight hal-hal tadi dalam catatan anda. Pertimbangkan bagaimana mereka berhubungan dengan pokok pembicaraan
  4. Bagaimana informasi dalam ceramah ini berkaitan dengan pembacaan yang ditugaskan
  5. Apakah anda memiiki pertanyaan tentang materi dalam ceramah ini? Bagaimana anda akan mendapatkan jawabannya?
  6. Pertanyaan ujian apa yang mungkin ditanyakan professor tentang perkuliahan ini? Tuliskan pertanyaan tes yang mungkin akan dipertanyakan di akhir catatan anda
  7. Bagaimana anda akan mempersiapkan untuk perkuliahan dan mencatat secara berbeda sebagai hasil dari apa yang anda pelajari?

Sumber :

I. Catatan terbaik dari sebuah perkuliahan adalah memahami (merekam/mencatat) isi perkuliahan tersebut

A. Jika presentasi yang disajikan dalam bentuk film, suara, DVD, atau PowerPoint. Ambillah poin-poin penting untuk mencatat secara menyeluruh.

(Pengambilan catatan akan mempengaruhi penyajian presentasi, tapi nilai Anda biasanya tidak didasarkan semata-mata pada seberapa banyak kenikmatan yang Anda dapatkan dari presentasi.)

B. Kelas harus dipersiapkan sebelumnya

1. Duduk terlalu depan akan membuat anda sedikit cemas dan tidak terlalu nyaman.

  • Duduklah di sisi kanan kelas jika guru itu kidal - terutama di kelas bahasa, matematika, dan sains.

  • Jika Anda berada di tempat duduk yang posisinya membuat anda tidak dapat melihat, mendengar, atau berkonsentrasi dengan jelas, segeralah pindah ke tempat yang memungkinkan anda untuk memudahkan proses belajar anda.

  • Secara umum, seorang guru yang menulis dengan tangan kanan cenderung memanggil siswa yang duduk di bagian belakang kelas dan di sebelah kanan guru, dan seorang guru yang kidal cenderung memanggil murid-murid di belakang kelas di sebelah kiri guru.
    (Untuk menghindari perhatian guru (diberi pertanyaan spontan, dll), cara untuk duduk di depan kelas di sebelah kiri untuk guru yang tidak kidal dan sebaliknya untuk guru kidal mungkin efektif.)

2. Dalam hal apapun mulailah catatan perkuliahan anda dengan pengaturan penulisan rata kiri atau dibagian kanan atas. Seperti yang dibawah ini
Kelas:
Tanggal:
Tema:
Tugas:

3. Siapkan catatan anda sebelum guru memasuki kelas, sehingga saat dimulainya materi anda tidak harus repot-repot menyiapkannya.

C. Kesulitan utama dalam kuliah adalah Anda harus mendengarkan, memilih, dan menulis pada saat bersamaan. Awalnya, Anda harus membiasakan diri Anda sekitar dua atau tiga minggu terlebih dahulu, setelah itu sebagian besar kesulitan yang anda alami dalam hal mencatat dapat berhasil diatasi.

  1. Catat materi secara garis besarnya saja; awalnya memang lebih baik menulis terlalu banyak daripada terlalu sedikit. Studi telah menunjukkan bahwa pendengar yang baik sekalipun hanya bisa mengingat sekitar 25% kata yang diucapkan pemateri setelah kelas dan tidak bertahan hingga satu minggu lamanya.

  2. Pilih judul utama untuk paragraf anda berdasarkan…

    • Alasan yang berupa penjelasan ilmiah yang disampaikan pemateri.
    • Prinsip dasar yang diambil dari inti paragraf yang anda buat
    • Definisi, dan / atau
    • Topik baru
  3. Biarkan empat atau lima baris kosong antara topik utama dan poin subjek sehingga bisa dilengkapi dengan buku catatan atau referensi lainnya nanti.
    (Kesalahan terletak pada terlalu banyaknya ruang kosong dalam catatan anda.) Jika Anda memiliki kenalan atau teman yang juga berambisi dalam belajar di dunia perkuliahan, ada baiknya membandingkan catatan yang anda punya dengan milik teman anda, hal ini bertujuan tidak hanya untuk melengkapi catatan Anda sendiri, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan mencatat diri anda sendiri.

II. Lihatlah catatan kuliah Anda pada kesempatan paling awal setelah kelas untuk koreksi dan amplifikasi. Biasanya, revisi ini paling baik dilakukan segera setelah kelas sedangkan materi masih segar di pikiran Anda-bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa saat di antara kelas.

III. Pada hari-hari ketika Anda tidak ingin melakukan sesuatu (dan pastinya akan selalu ada hari-hari seperti ini), tulis subjek yang ingin anda catat dari poin-poin yang pentingnya saja, dan anda bisa pikirkan kelas ini sebagai sebuah kesempatan untuk memperbaiki kemampuan menulis anda. Seperti yang dikatakan Aristoteles, biasanya, tindakan yang Anda lakukan menentukan keadaan pikiran Anda, bukan keadaan pikiran Anda yang menentukan tindakan Anda. Dengan “berpura-pura” mencatat, Anda akan sering terkejut mendapati diri Anda benar-benar mencatat.

sumber :

http://philosophy.lander.edu/study-lectures.html

Berada dalam kuliah seringkali bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Sebagian besar karena Anda memiliki seseorang yang berbicara sangat cepat, sementara juga harus membaca informasi yang kontras dan sesuai dengan pesan yang diucapkan dari dewan direksi. Terkena semua ini sekaligus bisa menjadi sulit untuk diselesaikan, dan sepertinya Anda tidak akan pernah berhasil dalam mengambil catatan kuliah secara efisien. Setidaknya tidak ada yang akan terbukti terlalu berguna ketika sampai pada waktu revisi ujian Anda.

Namun, mendapatkan hasil maksimal dari kuliah Anda tidaklah sesulit yang terlihat. Kunci pertama adalah pengulangan. Semakin Anda pergi ke kuliah, semakin cepat Anda menyesuaikan diri dengan situasi dan mulai memproses sesuatu dengan lebih cepat. Sangat penting bahwa Anda belajar bagaimana merekam informasi yang Anda dengar dengan cara yang berguna bagi Anda. Tidak ada gunanya menuliskan semua yang Anda dengar jika Anda tidak pernah membacanya lagi atau menggunakannya. Sama halnya, tidak ada gunanya merekam semuanya persis seperti yang dikatakan! Tulislah semuanya dengan kata-kata Anda sendiri. Itu adalah awal terbaik karena Anda bisa mulai memproses secara internal dan mencerna semua yang Anda butuhkan untuk dipelajari. Ini adalah cara paling efisien untuk mulai mengambil catatan kuliah.

Dan pada catatan itu, berikut adalah beberapa tip dan trik bagaimana mencatat catatan kuliah:

Mulailah dengan slide

Sebelum kuliah, slide akan tersedia di Moodle agar dapat Anda lihat, atau platform pembelajaran virtual mana pun tersedia untuk sekolah / formulir keenam / universitas Anda. Begitu mereka menjadi tersedia, bisa berguna untuk membahasnya terlebih dahulu dan menyalin beberapa hal mendasar. Dengan cara ini saat Anda kuliah, Anda bisa mencatat dari dosen saja yang akan menghemat banyak waktu. Hal ini juga memudahkan konsentrasinya bagi mereka yang mencari banyak tugas yang sulit.

Di beberapa institusi, kasus bahwa slide mungkin akan naik sedikit kemudian atau hanya setelah ceramah. Jika demikian, maka ketika Anda mengerjakan catatan Anda sepanjang kuliah pastikan untuk memulai dengan slide. Ini akan memiliki ringkasan dari apa pun yang akan dikatakan oleh dosen. Informasinya seringkali sedikit kurang padat dan mudah diproses dan diturunkan ke atas kertas. Begitu Anda memiliki dasar-dasarnya, Anda bisa mulai menambahkan lebih banyak potongan informasi seperti peta pikiran. Misalnya, jika Anda kuliah tentang semut dan habitatnya, slide bisa merangkum bagaimana mereka membangun rumah mereka. Anda akan benar tentang informasi ini terlebih dahulu karena ini adalah tentang informasi utama, dan kemudian Anda bisa mendengarkan lebih jauh apa yang guru katakan dan turunkan beberapa fakta menarik tentang jenis bahan yang mereka gunakan untuk membangun rumah tersebut atau bagaimana mereka berkomunikasi. dengan yang lain untuk mengangkut mereka.

Tentu saja, semua ceramah mungkin tidak begitu menarik seperti kehidupan semut. Beberapa akan lebih menarik daripada yang lain, tapi penting dari Anda tetap waspada dan ingin belajar. Jika Anda melakukannya, itu akan membuat catatan menjadi cobaan yang lebih mudah untuk dilewati. Ingat saja tip cepat ini - fakta mendasar dari papan / slide dan selanjutnya informasi dosen lebih menarik.

Parafrase Dosen

Dimana seminarnya panjang, ceramah cenderung pendek dan manis. Sementara kadang-kadang mereka merasa seperti sedang menyeret, Anda sebenarnya tidak punya waktu di dunia ini. Tidak ada tombol jeda atau subtitel yang akan mempermudah Anda untuk menyalin setiap kata yang diucapkan dosen. Di sinilah parafrase masuk.

Sama seperti Anda menemukan dasar-dasar dari konten yang kurang padat di papan tulis, Anda perlu memilih secara terperinci informasi yang ingin Anda catat dan karenanya dipelihara dari dosen Anda. Fokus pada hal-hal yang aneh atau yang menonjol. Misalnya, saya tidak akan pernah lupa berkat seorang guru sekolah dasar yang sangat baik bahwa seekor siput memiliki 27.000 gigi. Jika Anda mendengar sesuatu yang menurut Anda relevan, namun dengan mudah diungkapkan, buatlah sebaik-baiknya! Jika ada kutipan, catat siapa Anda mengutip informasi dari atau membuat jelas bahwa itu bukan kata-kata Anda sendiri dengan menulis secara berbeda. Biasanya saya melakukan ini dengan menulis huruf miring seperti tulisan tangan saya yang biasa dicetak. Juga membuat catatan dari kontribusi yang diberikan oleh anggota kelompok lainnya yang menangkap telinga Anda.

Proses Penyusunan

Waktu belajar mandiri Anda dapat digunakan namun sangat membantu Anda, individu. Itulah sebabnya mengapa berguna untuk mengetik atau menyalin kembali catatan dari ceramah Anda setelahnya. Hal ini tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk kembali ke konten (yang berarti konfirmasi dan revisi segera) memberikan keamanan lebih lanjut dalam pengetahuan Anda, namun juga akan menghasilkan salinan catatan yang jauh lebih rapi. Yang mudah dibaca dan tidak tergesa-gesa menulis.

Serta berguna dalam hal menjaga segala sesuatunya rapi dan terorganisir, meniru semuanya adalah trik kuno untuk mengingat sesuatu. Jadi intinya kamu akan bekerja lebih dulu. Dan tentu saja, bekerja di muka berarti semakin dekat tenggat waktu yang Anda dapatkan semakin nyaman. Anda akan merasakannya. Mencegah stres sama pentingnya dengan melakukan dengan baik di kelas Anda dan mencatat informasi dalam perkuliahan. Anda dapat memasangkannya dengan format pengkodean warna atau kartu flash untuk memberi Anda suplemen revisi lebih lanjut, menyelamatkan diri Anda bekerja dan menyimpan informasi di mana Anda dapat belajar darinya.

Sementara bukan hal yang paling menyenangkan di dunia, ada baiknya mengetahui bahwa tidak ada batas waktu yang membatasi proses berpikir Anda setelah ceramah. Anda bebas memikirkan apa yang telah Anda pelajari. Jadi pikirkan itu sebagai proses penyusunan terbuka di mana Anda bisa memasukkan ide baru yang akan Anda dapatkan nanti.

Catat Kuliahnya

Selalu minta izin sebelum Anda merekam ceramah. Beberapa guru dan siswa merasa tidak nyaman dengan hal ini, meski biasanya tidak apa-apa asalkan anda bertanya terlebih dahulu. Anda bisa merekam kelas Anda di telepon Anda, meski tidak selalu memiliki kualitas rekaman terbaik. Tentu saja Anda tidak bisa mendapatkan seluruh tim TV untuk direkam untuk Anda, jadi hal terbaik berikutnya adalah mendapatkan mikrofon sensitif khusus untuk disematkan ke bagian atas komputer laptop Anda. Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti keberanian untuk menyimpan rekaman ini yang tersedia bagi Anda setelah dibuat.

Bagi beberapa siswa sulit berkonsentrasi atau mungkin ada alasan khusus untuk Anda yang mungkin berkonsentrasi dan bekerja dalam perkuliahan khususnya ujian. Dalam situasi ini, saran saya kepada Anda adalah berbicara dengan anggota tim kesejahteraan atau guru Anda secara langsung tentang masalah yang Anda hadapi. Mereka akan memiliki lebih banyak saran untuk diberikan dan akan dapat mendukung Anda melalui masalah ini dan membuat Anda terus melacak pekerjaan dengan bijak.

Kelompok Belajar

Posting ceramah, teruskan percakapan! Sangat menyenangkan untuk mendiskusikan ide di kelas dan pendapat unik Anda sendiri karena setiap tubuh akan memiliki pendekatan yang berbeda. Di sini, di York St. John, saya telah membentuk klub esai di mana saya bertemu dengan teman-teman dan teman-teman di perpustakaan seminggu sekali untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah kami lakukan sejauh ini, untuk menilai penilaian satu anothers draft dan untuk mendorong diskusi apapun. ide yang mungkin kita miliki

Menjadi bagian dari kelompok belajar sangat bagus karena ini berarti Anda dapat mengetahui catatan kuliah yang mungkin telah Anda lewatkan atau temukan gagasan baru yang mungkin tidak Anda pikirkan sebelumnya. Sungguh menakjubkan berada di universitas karena lingkungan belajar penuh dengan orang seperti Anda yang ingin melakukannya dengan baik, sukses dan yang tertarik dengan hal yang sama. Manfaatkan semaksimal mungkin selagi bisa! Atur, atur dan jadilah bagian dari sebanyak mungkin yang akan membantu memperkuat pengetahuan dan pemahaman Anda tentang beragam topik. Semakin kaya pengetahuan Anda, semakin bahagia dan lebih sukses Anda, dan catatan kuliah Anda akan semakin bermanfaat juga.

ucas.com