Bagaimana cara batu-batuan dan tumbuh-tumbuhan bertasbih memuji Allah Swt?

Bertasbih

Bertasbih adalah Mensucikan dzat Allah Yang Maha Agung dari segala bentuk kekurangan dan persekutuan. Maha suci Allah dengan segala kesempurnaan-Nya. Bagaimana cara batu-batuan dan tumbuh-tumbuhan bertasbih memuji Allah Swt?

Ilmu manusia terhadap makhluk-makhlulk yang menghuni alam semseta sangat terbatas dan minim. Bagaimana proses tasbih kepada Allah SWT merupakan hal-hal yang belum diketahui manusia hingga kini.

Telah dijelaskan pada banyak ayat dan riwayat bahwa seluruh makhluk bertasbih kepada Allah SWT. Terdapat dua pandangan para ahli tafsir terkait dengan bagaimana proses tasbih makhluk-makhluk tersebut:

  • Tasbih makhluk-makhluk diungkapkan dengan bahasa non-verbal (hâl) dan dengan seluruh wujudnya berkata, “Apabila engkau menyaksikan kekurangan pada diriku maka hal itu merupakan keniscayaan esensial diriku dan Allah SWT Mahasuci dari kekurangan ini.”

  • Tasbih makhluk-makhluk diekspresikan dengan bahasa verbal (qâl), namun bukanlah bahasa verbal yang biasanya digunakan oleh manusia dan hewan-hewan melainkan bahasa khusus mereka sendiri yang hingga kini tidak mampu dipahami oleh manusia model bahasa yang mereka gunakan.

Ilmu manusia terhadap makhluk-makhlulk yang menghuni alam semseta sangat terbatas dan minim. Kita tidak mengetahui cara komunikasi dan interaksi semut-semut, cacing-cacing dan kebanyakan makhluk lainnya antara satu dengan yang lain. Dan bahkan kita tidak mampu mendengarkan suara-suara mereka!

Karena panca indera pendengaran kita hanya mampu menerima suara-suara yang frekuensinya terbatas. Kita tidak memiliki kemampuan mendengarkan suara-suara dengan frekeunsi kurang atau lebih dari itu. Sementara merupakan suatu hal yang pasti mereka berhubungan dan berinteraksi satu sama lain.

Adapun bagaimana proses tasbih makhluk-makhluk memuji Allah Swt merupakan hal-hal yang belum dapat disingkap oleh sains karena itu kita tidak dapat mengilustrasikan bagaimana proses tasbih tersebut. Namun telah dijelaskan pada banyak ayat dan riwayat bahwa seluruh makhluk bertasbih kepada Allah Swt.