Bagaimana cara atau tips untuk mengatasi burung cendet yang galak ?

Burung Cendet

Burung Cendet ( Lanius christatus ), adalah spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung ini merupakan jenis burung pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl.

Bagaimana cara atau tips untuk mengatasi burung cendet yang galak ?

Di alam liar, burung cendet mempunyai ritme kehidupan yang disebut masa breeding atau musim kawin, musim berkembangbiak. Bahkan spesies maupun subspesies cendet di daerah tertentu sudah memiliki waktu tertentu yang relatif ajek untuk berkembangbiak, misalnya mulai Maret hingga Mei, dan seterusnya.

Dalam perawatan manusia, cendet tidak memiliki musim kawin seperti di alam liar, karena belum tentu mempunyai pasangan. Tetapi ketika burung sudah mencapai umur dewasa kelamin, atau matang secara seksual, tentu dia punya naluri / hasrat / insting untuk kawin dan berkembangbiak.

Pada cendet yang sudah mencapai umur dewasa kelamin, kondisi breeding biasanya akan terlihat dari bulu-bulunya yang lebih rapi daripada biasanya. Bulu–bulu ekor terlihat lebih rapat. Bahkan jika dilombakan, kondisi birahi cendet dalam kondisi optimal sehingga bisa tampil lebih maksiml daripada biasanya.

Tetapi karena terus-menerus tak ada pelampiasannya, burung akhirnya berubah menjadi agresif dan galak. Untuk mengatasi hal tersebut, cendet perlu dikawinkan dengan lawan jenisnya. Syukur-syukur malah bisa ditangkarkan di rumah.